Advertorial

Ramai Peminat, Pendaftaran Kompetisi Ide Bisnis Pertamina Diperpanjang hingga 23 Juli 2021

Kompas.com - 16/07/2021, 21:32 WIB
Pihak Pertamina memperpanjang pendaftaran kompetisi ide bisnis ?Pertamina Muda (Pertamuda) - Seed and Scale? hingga Jumat (13/7/2021). DOK. PERTAMINAPihak Pertamina memperpanjang pendaftaran kompetisi ide bisnis ?Pertamina Muda (Pertamuda) - Seed and Scale? hingga Jumat (13/7/2021).

KOMPAS.com – Antusiasme mahasiswa untuk membangun bisnis di era digital terlihat dalam pendaftaran ajang kompetisi ide bisnis “Pertamina Muda (Pertamuda) - Seed and Scale” yang digelar PT Pertamina (Persero).

Tercatat, ada 1.400 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dari Aceh hingga Papua yang mendaftar sebagai peserta per Jumat (16/7/2021). Melihat antusiasme itu, pihak Pertamina memperpanjang pendaftaran hingga Jumat (13/7/2021).

Pejabat sementara (Pjs) Senior Vice President Corporate Communications and Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan, hal tersebut menunjukkan minat yang tinggi dari mahasiswa dalam membangun bisnis startup. Pihaknya meyakini, jumlah peserta akan terus bertambah.

Sebagai informasi, kegiatan perdana Pertamuda Seed and Scale 2021 yang bertema “Menebar Energi Membangun Negeri” merupakan salah satu bentuk komitmen Pertamina dalam mendukung perkembangan startup di Indonesia.

“Sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang energi, Pertamina senantiasa berupaya membina sinergi antara dunia industri dan perguruan tinggi guna tercapainya inovasi serta kemajuan bangsa yang berkesinambungan,” ujar Fajriyah dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Jumat.

Upaya dari Pertamina tersebut sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs) poin ke-8, yakni meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, kesempatan kerja yang produktif dan menyeluruh, serta pekerjaan yang layak untuk semua.

“Sinergi Pertamina dengan perguruan tinggi dilakukan secara terus-menerus, baik lewat kontribusi dalam pelaksanaan program pendidikan, bantuan pengadaan sarana dan prasarana, maupun pembinaan sumber daya manusia (SDM),” jelas Fajriyah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pertamina, lanjutnya, juga melakukan berbagai bentuk kerja sama lain yang mendudukkan perguruan tinggi sebagai kawah candradimuka pencetak generasi-generasi penerus pembangunan bangsa.

Beradu ide dan gagasan

Pada 2021, Pertamina fokus untuk hadir di tengah-tengah civitas akademika Indonesia dengan membawa warna yang berbeda.

Bukan hanya meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang industri di sektor energi atau memotivasi generasi muda mengisi lini-lini strategis sektor energi Indonesia saja, Pertamina juga mengajak kalangan mahasiswa untuk berkompetisi serta mengadu ide dan gagasan bisnis yang inovatif.

Adapun rangkaian kegiatan Pertamuda Seed and Scale 2021 dimulai dari webinar dan kick off pada 17 Juni 2021. Acara dibuka oleh Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati.

Kemudian, kegiatan dilanjutkan dengan empat seri workshop gratis yang terbuka untuk mahasiswa dan pelaku bisnis startup di Tanah Air.

“Setelah pendaftaran ditutup, seluruh peserta yang masuk akan melalui proses filtering administrasi dan dilanjutkan proses kurasi. Sebanyak 50 peserta yang lolos kurasi akan diumumkan pada 2 Agustus 2021 untuk bersiap mengikuti Demoday di Bali pada bulan yang sama,” ujar Fajriyah.

Demoday Pertamuda 2021 berisi agenda mentoring atau pitchingsession dan penjurian untuk menyeleksi 25 besar peserta.

Selanjutnya, juri akan menentukan tiga pemenang Pertamuda 2021. Peserta yang lolos tiga besar akan mendapatkan dana permodalan awal senilai Rp 100 juta per orang.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.