Advertorial

Direktur Pertamina Pantau Kesiapan Pertamedika di RS Darurat Covid Asrama Haji

Kompas.com - 17/07/2021, 22:25 WIB
Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono saat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede pada Sabtu, (17/7/2021). DOK. Humas PertaminaDirektur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono saat melakukan kunjungan ke Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede pada Sabtu, (17/7/2021).

KOMPAS.com – PT Pertamina terus berkomitmen mendukung Pemerintah dalam percepatan penanganan Covid-19.

Sebagai wujud komitmen tersebut, kali ini Pertamina menambah tempat tidur untuk perawatan pasien Covid-19.

Penambahan bed salah satunya dilakukan di Rumah Sakit (RS) Darurat Covid-19 Asrama Haji Pondok Gede oleh PT Pertamina Bina Medika (Pertamedika) IHC dan menjadi ekstensi dari RS Pertamina Jaya (RSPJ). 

Untuk memastikan kesiapan Pertamedika, Direktur Logistik dan Infrastruktur Pertamina Mulyono melakukan kunjungan kerja ke Asrama Haji pada Sabtu, (17/7/2021).

Kunjungan tersebut dilakukan untuk memeriksa storage ISO Tank Oksigen dan instalasinya, serta meninjau sejauh mana pengerjaan RS IHC Asrama Haji. 

“Tadi pagi saya seperti biasa mengecek logistik Pertamina seperti bahan bakar minyak (BBM) Premium, Pertalite, Pertamax, hingga Avtur. Siang ini, saya mengecek pengerjaan rumah sakit di Asrama Haji ini,” ujar Mulyono dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com pada Sabtu (17/7/2021).

Hal tersebut, kata dia, merupakan salah satu bakti Pertamina terhadap negara dalam membantu menyediakan fasilitas layanan kesehatan kepada masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Alhamdulillah, semua persiapan sudah berjalan dengan baik, termasuk fasilitas untuk memenuhi kebutuhan oksigen bagi pasien Covid-19 yang akan dirawat,” kata Mulyono.

Sementara itu, Direktur Utama Pertamedika IHC Dr. dr. Fathema Djan Rachmat mengatakan, saat ini RS tengah menyelesaikan instalasi gas.

“Saat ini kita berada di RS Asrama Haji, ini baru saja kita selesaikan instalasi gasnya untuk melengkapi rumah sakit. RS ini juga sudah dilengkapi dengan peralatan intensive care unit (ICU) dan high care unit (HCU). Nantinya di sini akan ada sekitar 150 tempat tidur,” paparnya. 

Adapun Direktur Medis dr. Asep Saepul Rohmat menjelaskan, RS IHC Asrama Haji dikhususkan untuk pasien Covid-19 dengan gejala berat hingga kritis.

“Ini adalah satu kontribusi nyata Pertamina bersama dengan Pertamedika IHC dalam menanggulangi Covid-19. Salah satunya adalah Ruangan Aafah dari Asrama Haji kita sulap menjadi rumah sakit yang khusus melayani pasien Covid-19”, jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Rumah Sakit Pertamina Jaya dr. Sri Utami Ningsih berharap, adanya RS IHC Asrama Haji dapat membantu mengurangi tumpukan pasien ICU yang berada di instalasi gawat darurat (IGD) rumah sakit wilayah Jakarta. 

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.