Advertorial

Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Selama Pandemi dengan Kombinasi Habbatussauda, Meniran, dan Jahe

Kompas.com - 19/07/2021, 06:45 WIB

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 masih terus menghantui Indonesia dan juga dunia. Di Indonesia, penularan dan penyebaran Covid-19 setiap hari terus mengalami peningkatan.

Adapun salah satu penyebab dari peningkatan kasus positif tersebut disebabkan oleh kemunculan varian baru virus corona yang diklaim oleh ahli epidemiologi lebih berbahaya dan cepat menular.

Sampai saat ini, beberapa varian virus corona yang telah teridentifikasi adalah Alpha (Inggris), Beta (Afrika Selatan), Gamma (Brazil), Iota (Amerika Serikat), Zeta (Brazil), Theta (Filipina), serta Delta dan Kappa (India).

Untuk diketahui, Delta merupakan varian yang paling mudah menular. Angka fatality rate atau angka kematian akibat varian ini, bahkan mencapai 12,9 persen.

Oleh karena itu, di tengah pandemi Covid-19 yang yang masih melanda Indonesia, untuk menjaga kesehatan tubuh masyarakat harus menerapkan protocol kesehatan (prokes) secara ketat dengan prinsip 5M, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Selain itu, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh juga merupakan hal yang sangat penting. Hal ini berlaku bagi seluruh masyarakat, baik yang sudah maupun belum divaksin.

Cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh bisa dilakukan dengan berolah raga di dalam rumah, berjemur di bawah matahari, mengonsumsi makanan bergizi dan herbal berkhasiat.

Lantas, apa saja herbal-herbal berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh yang dapat dimanfaatkan, terutama di masa pandemi? Berikut penjelasannya.

Habbatussauda

Habbatussauda atau yang dikenal jinten hitam (Nigella sativa) adalah salah satu tanaman yang dibudidayakan sejak awal sejarah manusia. Habbatussauda telah digunakan selama lebih dari 2.000 tahun untuk mengobati berbagai macam penyakit serta memiliki kandungan-kandungan yang baik untuk kesehatan.

Penelitian dari IPB University (2011) telah membuktikan efektivitas ekstrak habbatussauda sebagai imunomodulator. Kandungan etanol pada biji jintan hitam diakui dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dan monosit.

Kandungan tersebut terbukti meningkatkan aktivitas fungsional sel kekebalan tubuh, yakni sel-T helper dengan sel-T supresor hingga 72 persen.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI) dr Inggrid Tania dalam webinar “Kasus Covid-19 Meningkat, Perkuat Imunitas” mengatakan, mengonsumsi formula herbal, seperti habbatussauda, dapat menjadi alternatif untuk memelihara dan meningkatkan daya tahan tubuh.

“Habbatussauda kaya akan karbohidrat, protein, lemak, vitamin A, B1, B6, C dan E, serta termasuk dalam kelompok imunostimulan fitogenic dengan dengan kandungan thymoquinone yang berfungsi membentuk dan memperkuat kekebalan tubuh,” ujar dr Inggrid dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (13/7/2021).

Meniran

Meniran (Phyllanthus) yang kerap dianggap sebagai tanaman gulma di pekarangan ternyata menyimpan khasiat yang baik.

Melansir Kompas.id, Selasa (21/4/2020), buku berjudul Tumbuhan Berkhasiat untuk Kesehatan yang diterbitkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (2017) menyebutkan, tanaman meniran mengandung senyawa phyllanthin, flavonoid, lignin, dan tanin.

Senyawa-senyawa tersebut berfungsi sebagai imunostimulan atau substansi yang mampu mengoptimalisasi fungsi pertahanan tubuh.

Selain itu, tanaman yang menyerupai putri malu tersebut juga berkhasiat sebagai antioksidan dan antineoplastik (antikanker).

Jahe

Jahe (Zingiberaceae) adalah tanaman rimpang yang banyak digunakan masyarakat untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Untuk diketahui, jahe mengandung magnesium, vitamin A, B, C, B6, fosfor, tembaga, besi, dan kalsium. Tak hanya itu, jahe juga mengandung lemak, protein, pati, damar, asam organik, oleoresin (gingerin), serta minyak terbang atau mudah menguap (zingeron, zingerol, zingiberol, zingiberin, borneol, sineol, dan felandren).

Diberitakan Kompas.com, Rabu (14/7/2021), jahe yang diolah menjadi jamu efektif untuk menyembuhkan penyakit degeneratif dan penurunan daya tahan tubuh.

Adapun minyak atsiri yang terkandung dalam jahe dapat memberikan efek hangat ke seluruh tubuh sekaligus efektif meredakan masuk angin. Kandungan antioksidan yang tinggi pada jahe juga dapat mencegah kerusakan DNA tubuh, mengatasi stres, serta membantu mengatasi pilek dan flu.

Dengan memanfaatkan kombinasi bahan-bahan herbal yang sudah terbukti khasiatnya untuk meningkatkan daya tahan tubuh tersebut, maka tubuh akan tetap fit sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Kini, Anda tak perlu repot mengolah sendiri bahan-bahan alami tersebut di rumah untuk dikonsumsi. Anda bisa menemukan manfaat bahan-bahan alami tersebut dalam produk herbal Antangin Habbatussauda.

Antangin Habbatussauda adalah produk 100 persen herbal yang diproduksi oleh PT Deltomed Laboratories yang sudah mengantongi izin edar dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI serta sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Antangin Habbatussauda mengandung habbatussauda, jahe, meniran, daun mint, biji pala, kunir, madu, akar manis, serta daun sembung yang baik dan berkualitas, sehingga terbukti efektif untuk dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan mengobati masuk angin.

Semua kandungan bahan-bahan herbal dalam Antangin Habbatussauda tersebut diproses dengan teknologi tinggi dan diawasi secara ketat dari para ahli.

Tak hanya itu, Antangin Habbatussauda sudah berstandar Good Manufacturing Practice (GMP) atau Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik (CPOTB). Dengan demikian, Antangin Habbatussauda sangat aman untuk Anda konsumsi dan keluarga setiap hari

Adapun anjuran konsumsi Antangin Habbatussauda adalah tiga kali sehari dan dapat dikonsumsi setiap hari. Sementara, takaran dosis untuk anak-anak adalah separuh dari dosis orang dewasa.

Meski begitu, tersedia pula produk yang diformulasi khusus untuk buah hati kita, yaitu Antangin Junior yang juga 100 persen herbal sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari oleh anak-anak. Dengan begitu, daya tahan tubuhnya meningkat dan tidak mudah sakit.

Saat ini, Antangin Habbatussauda bisa Anda dapatkan di berbagai minimarket dan tenant kesehatan, seperti Indomaret, Alfamart, Guardian, Indogrosir, Lion Superindo, Lotte Mart, Watson, VivaGenerik, Century, TipTop, Foodhall, apotek, serta toko dan warung terdekat.

Anda juga bisa mendapatkan Antangin Habbatussauda secara online di Deltomed Store (Official) yang tersedia di berbagai e-commerce, seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, Lazada, JD.ID, dan Bukalapak.

Bagaimana, mudah bukan? Ayo tingkatkan daya tahan tubuh Anda dan keluarga tercinta dengan Antangin Habbatussauda, dan jangan lupa untuk selalu terapkan prinsip 5M di manapun Anda berada ya!

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.