Advertorial

3 Produk Kesehatan yang Paling Banyak Diburu Selama Pandemi Covid-19

Kompas.com - 21/07/2021, 10:58 WIB
Masker, sabun cair, dan hand sanitizer merupakan beberapa produk kesehatan yang banyak dibeli orang secara online selama pandemi Covid-19. DOK. FREEPIKMasker, sabun cair, dan hand sanitizer merupakan beberapa produk kesehatan yang banyak dibeli orang secara online selama pandemi Covid-19.

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 mendorong banyak orang lebih memilih berbelanja kebutuhan sehari-hari secara online dibandingkan membeli barang secara langsung di pusat perbelanjaan.

Ada banyak faktor yang memengaruhi hal tersebut. Salah satunya adalah dari segi keamanan. Pasalnya, kamu tidak perlu melakukan kontak fisik dengan banyak orang jika berbelanja secara online.

Selain itu, kamu juga turut membantu mengurangi penyebaran virus corona dengan tidak datang ke pusat keramaian.

Tak hanya itu, belanja online juga menghadirkan kenyamanan dari sisi transaksi. Tinggal pilih barang yang ingin dibeli dari rumah, klik, lalu bayar menggunakan beragam metode pembayaran yang tersedia. Transaksi jadi mudah dan efisien.

Selama pandemi, jenis barang yang paling banyak diburu masyarakat Indonesia adalah produk kesehatan. Produk tersebut dibeli untuk memproteksi diri dalam menghadapi situasi pandemi yang belum mereda.

Lalu, produk apa saja yang paling banyak dibeli? Simak ulasan berikut.

  1. Masker

Masker menjadi kebutuhan vital selama pandemi. Fungsinya adalah untuk menjaga area hidung dan mulut dari paparan virus SARS-CoV-2.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bahkan mengimbau masyarakat untuk selalu menggunakan masker saat beraktivitas di area publik. Hal ini membuat masker semakin diburu.

Masker medis, masker N95, dan masker kain adalah beberapa jenis masker yang banyak dibeli oleh masyarakat.

  1. Sabun cair

Selain menggunakan masker, WHO dan Kemenkes juga merekomendasikan masyarakat untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setidaknya selama 20 detik sehabis beraktivitas.

Sabun cair pun menjadi salah satu produk yang direkomendasikan. Sebab, efektivitas mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir lebih baik dibandingkan hand sanitizer. Sabun dapat menghilangkan kuman, bahan kimia, dan kotoran di tangan secara menyeluruh.

Molekul pintar pada sabun juga sangat efektif menghancurkan membran permukaan beberapa jenis bakteri serta virus, termasuk virus SARS-CoV-2.

  1. Hand sanitizer

Dari segi efektivitas, perpaduan sabun dan air mengalir memang lebih baik untuk mencuci tangan. Namun, hand sanitizer memberikan kemudahan bagi banyak orang untuk mencuci tangan, terlebih kalau sedang berada di luar rumah.

Ukuran botol yang lebih kecil dan mudah dibawa menjadi beberapa faktor banyak orang membeli hand sanitizer.

Namun, perlu diingat bahwa hand sanitizer juga dapat bekerja dengan baik dalam lingkungan klinis, yakni ketika tangan tidak terlalu kotor dan berminyak.

Untuk mendapatkan ketiga produk kesehatan tersebut, kamu bisa mencarinya di marketplace, seperti Tokopedia. Saat ini, Tokopedia menghadirkan program Tokopedia Peduli Sehat. Tak hanya itu, Tokopedia juga meluncurkan promo produk kesehatan dengan potongan harga hingga 90 persen.

Dengan kehadiran promo produk kesehatan Tokopedia, diharapkan masyarakat jadi lebih aman berbelanja secara online dan mampu memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia.