Advertorial

Wajib Tahu! Begini Siasat Belanja Online Hemat di Masa Darurat

Kompas.com - 21/07/2021, 13:10 WIB
Ilustrasi mengatur keuangan Shutterstock/zhanghaoranIlustrasi mengatur keuangan

KOMPAS.com – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), baik berskala mikro maupun darurat, tengah berjalan di sebagian wilayah Indonesia. Hal tersebut dilakukan demi menekan lonjakan kasus positif Covid-19 yang terjadi belakangan ini.

Berkaca dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) beberapa waktu lalu, penerapan PPKM akan memengaruhi kondisi keuangan sebagian orang.

Karena itu, pos pengeluaran mesti diperhatikan untuk menjaga stabilitas finansial pribadi ataupun keluarga. Utamanya, saat berbelanja online.

Seperti diketahui, belanja online memiliki sejumlah kelebihan yang belum tentu ditemukan pada metode belanja konvensional. Salah satunya, ragam promo menarik, seperti diskon, cashback, dan potongan ongkos kirim (ongkir).

Pada dasarnya, promo yang diberikan platform e-commerce bertujuan untuk membantu meringankan transaksi pengguna.

Namun, sebagian besar orang kerap memandang promo sebagai aji mumpung. Alhasil, mereka gelap mata berbelanja. Bahkan, membeli barang yang sebenarnya tidak begitu dibutuhkan.

Nah, agar tidak boros, berikut trik hemat belanja online yang bisa kamu praktikkan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Membuat daftar belanjaan

Sebelum berbelanja, sebaiknya catat terlebih dahulu kebutuhan yang hendak dibeli. Hal ini akan membantu kamu dalam menentukan urgensi masing-masing barang tersebut.

Setelah daftar belanjaan disusun, kamu tinggal menyiapkan anggaran belanja untuk membelinya. Sementara, untuk barang yang tidak bersifat mendesak, kamu bisa membeli lain waktu.

Selain membantu dalam menyusun anggaran belanja, daftar belanjaan juga akan mencegah kamu dari pembelian impulsif. Dengan begitu, kamu bisa berhemat saat berbelanja.

  1. Teliti melihat promo

Setiap e-commerce memiliki program promo tersendiri dengan syarat dan ketentuan yang berbeda. Oleh karena itu, kamu mesti teliti dalam melihat penawaran.

Selain itu, tak ada salahnya membandingkan promo dari satu marketplace ke marketplace lain agar manfaat yang didapat lebih maksimal.

  1. Pilih harga termurah

Untuk mendapatkan harga terbaik, kamu juga perlu membandingkan harga dari lapak satu ke lapak lain. Sebab, beda toko, beda pula harganya.

Selain itu, ada baiknya pilih toko yang menyediakan diskon khusus supaya kamu bisa semakin berhemat.

  1. Manfaatkan voucer

Biasanya, platform e-commerce menyediakan laman tersendiri yang berisi beragam voucer berikut kodenya. Cukup masukkan kode kupon, pengguna bisa menikmati potongan harga tambahan. Kamu bisa memanfaatkan keuntungan tersebut sehingga barang yang dibeli akan menjadi lebih murah.

  1. Gunakan metode pembayaran yang tepat

Beberapa platform marketplace memberikan reward pada metode pembayaran tertentu, baik dalam bentuk poin, koin virtual, maupun cashback.

Agar keuntungan yang didapat semakin maksimal, usahakan untuk menggunakan metode pembayaran sesuai yang ditentukan platform belanja pilihan.

Nah, bagi yang ingin berbelanja kebutuhan dengan harga terjangkau, Tokopedia bisa jadi andalan kamu. Saat ini, marketplace tersebut tengah menggelar Promo Kolaborasi Anak Bangsa yang merupakan hasil sinergi Gojek x Tokopedia.

Ada beragam penawaran menarik yang diberikan Tokopedia untuk pelanggan setia lewat program tersebut. Salah satunya, diskon ongkir hingga Rp 20.000 untuk pengiriman menggunakan GoSend.

Ada pula promo Kejar Diskon berbagai produk yang dijual mulai dari harga Rp 5.000, dengan cashback spesial dan gratis ongkir GoSend.

Lewat program Kolaborasi Anak Bangsa, kamu juga berkesempatan mendapatkan kupon promo Gojek yang berlaku untuk layanan Goride dan Gocar.

Seluruh keuntungan tersebut berlaku untuk berbagai produk rekomendasi, mulai dari bahan makanan, alat rumah tangga, elektronik, fesyen, hingga produk perawatan tubuh.