Advertorial

Skin Care Awareness, 5 Alasan Harus Rutin Pakai Skin Care

Kompas.com - 22/07/2021, 10:13 WIB
- Dok. iStock/Nattakorn M-

KOMPAS.com – Rangkaian skin care routine yang terkesan rumit membuat sebagian besar orang malas melakukannya. Penyebabnya beragam, mulai dari anggapan bahwa skin care tidak praktis hingga minimnya pengetahuan.

Padahal, skin care merupakan salah satu bentuk investasi kesehatan agar terhindari dari beragam masalah kulit yang serius seiring pertambahan usia. Sebab, tidak jarang hasil dari menggunakan perawatan wajah baru tampak pada 1-5 tahun ke depan.

Lantas, apa saja manfaat penggunaan skin care? Untuk mengetahui hal tersebut, berikut ulasannya.

  1. Mencegah dark spot

Sinar matahari memiliki peranan penting untuk memproduksi vitamin D yang bagus untuk kulit. Akan tetapi, kulit yang terkena paparan sinar matahari secara berlebihan dapat menyebabkan gangguan yang serius, seperti munculnya dark spot atau bintik hitam.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa menggunakan skin care jenis sunscreen atau tabir surya yang mengandung sun protection factor (SPF) minimal 30. Penggunaan tabir surya ini bisa dilakukan pada pagi hari sebelum memulai kegiatan dalam kondisi wajah bersih dan diaplikasikan ulang saat siang hari.

  1. Menghindari kulit kusam

Kulit wajah yang tidak dirawat dengan rangkaian skin care akan mudah terlihat kusam dan tidak terawat. Hal ini disebabkan paparan debu, berbagai jenis polusi, dan radikal bebas pada kulit wajah.

Oleh karena itu, penting untuk menggunakan rangkaian skin care secara konsisten agar kulit wajah terhindar dari berbagai masalah. Sebaiknya, gunakan skin care sesuai dengan kondisi kulit agar mendapatkan manfaat maksimal.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Contohnya, pemilik kulit wajah kering dapat menggunakan toner, serum, essence, atau krim pelembap dengan kandungan Hyaluronic acid atau ceramide yang dapat menghidrasi kulit.

  1. Memberikan nutrisi

Aktivitas di luar rumah memengaruhi kesehatan kulit wajah. Dampak dari paparan polusi dan udara kotor mungkin tidak akan terlihat secara langsung, tetapi baru akan terlihat di masa depan.

Oleh karena itu, jangan lupa untuk merawat wajah dengan skin care sehabis beraktivitas di luar rumah agar kulit tetap ternutrisi.

Usai membersihkan wajah dengan sempurna, gunakan berbagai produk perawatan kulit, seperti vitamin C dan essence yang akan membuat kulit menjadi lebih sehat dan terawat. Selain itu, kandungan vitamin C juga dapat menangkal radikal bebas yang berdampak buruk pada kulit wajah.

  1. Kulit wajah lebih lembut

Manfaat selanjutnya dari penggunaan skin care secara rutin adalah kulit terasa kenyal dan lembut. Hal ini karena beberapa jenis skin care memiliki kandungan yang dapat memperbaiki tekstur kulit wajah. Salah satunya, kolagen.

Kolagen memiliki peranan penting untuk menjaga elastisitas kulit. Dengan asupan kolagen yang cukup, kulit menjadi lebih lembap, kencang, dan terhindar dari keriput.

  1. Meregenerasi kulit

Pada dasarnya, kulit wajah akan melakukan regenerasi secara alami dengan sendirinya. Akan tetapi, untuk memaksimalkan proses tersebut, kamu bisa menggunakan skin care jenis peeling serum untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Peeling wajah kerap dilakukan untuk menghilangkan lapisan kulit atas atau kulit mati. Proses ini akan merangsang pertumbuhan sel kulit baru dan memperbaiki tekstur kulit yang rusak.

Adapun salah satu peeling serum herbal yang bisa kamu gunakan adalah Miraclear Herbal Peeling Serum dari Azarine Cosmetics.

Sebagai exfoliator, Azarine Peeling Serum mengandung active skin booster yang dapat mengoptimalkan pemakaian skin care lain.

Peeling serum tersebut juga diperkaya dengan healing agent dari centella asiatica, chamomile, dan galactomyces filtrate yang berfungsi mengatasi risiko iritasi serta menghaluskan kulit.

Tidak hanya peeling serum, brand kosmetik lokal itu juga memiliki tabir surya atau sunscreen dengan kandungan SPF 45 PA+++, yakni Azarine Hydrasoothe Sunscreen Gel.

Produk tersebut menjadi tabir surya yang bisa melindungi penggunanya dari efek buruk paparan sinar matahari secara berlebihan sekaligus menyegarkan wajar.

Dengan tekstur water based, Azarine Sunscreen memiliki sensasi dingin dan dapat menyerap dengan mudah ketika diaplikasikan.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai Azarine Cosmetics, kamu bisa mengunjungi official store Azarine Cosmetics di marketplace Tokopedia.