Advertorial

Miliki Kandungan Gizi Ini, Susu Kambing Etawa Bantu Perkuat Imun Tubuh

Kompas.com - 22/07/2021, 17:19 WIB

KOMPAS.com – Penurunan imunitas tubuh bisa menjadi salah satu penyebab seseorang mudah terpapar penyakit. Dilansir dari Healthline, ketika imunitas tubuh menurun, tubuh akan kehilangan kemampuan untuk melindungi tubuh dari serangan virus, parasit, dan bakteri jahat.

Di masa pandemi Covid-19, menjaga dan meningkatkan imun tubuh menjadi hal yang penting. Berdasarkan anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO), mengonsumsi makanan yang mengandung selenium, asam linoleat, dan vitamin bisa menjadi cara menjaga imunitas.

Susu menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan nutrisi tersebut. Namun, susu yang dikonsumsi pun tidak melulu harus susu sapi. Konsumsi susu kambing dapat menjadi alternatif.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Departemen Fisiologi Universitas Granada bersama Institut Gizi dan Teknologi Spanyol, susu kambing memiliki lebih banyak kandungan selenium yang berkontribusi terhadap pertahanan tubuh. 

Berdasarkan artikel yang dipublikasikan oleh The Spruce Eats, Senin (25/5/2021), baik susu sapi maupun susu kambing sama-sama memberi manfaat bagi kesehatan.

Namun, ada beberapa kelebihan susu kambing yang bisa dijadikan pertimbangan. Salah satunya, kandungan vitamin A, D, kalsium, dan selenium yang lebih tinggi pada susu kambing.

Soal rasa, susu kambing memiliki rasa lebih manis secara alami dibandingkan susu sapi. Dengan mengonsumsi susu kambing, Anda tidak perlu menambahkan gula.

Meski memiliki banyak manfaat, banyak masyarakat enggan mengonsumsi susu kambing karena menganggap susu kambing memiliki bau yang amis. Untuk menyiasatinya, Anda dapat memilih susu kambing yang sudah diproses menjadi bubuk, seperti susu kambing etawa Supergoat.

Sebagai informasi, Supergoat dikemas dalam saset dengan campuran gula aren. Untuk diketahu, gula aren kaya akan antioksidan sehingga bisa meningkatkan imunitas.

Penderita diabetes dapat mengonsumsi produk ini tanpa rasa khawatir karena gula aren memiliki kadar gula yang lebih rendah dibanding gula pasir.

Manfaat mengonsumsi susu kambing etawa Supergoat dirasakan oleh Desi Anggraini (26) asal Palembang. Ia mencoba mengonsumsi Supergoat sejak awal Juni 2021.

Awalnya, Desi ragu untuk mencoba susu kambing karena takut rasanya tidak enak. Namun, setelah mencoba Supergoat, ia mengatakan bahwa rasanya enak dan gurih. Ia pun jadi rutin mengonsumsi Supergoat.

“Badan jadi terasa lebih segar, tidak gampang sakit. Padahal, saya ini termasuk orang yang gampang sakit. Kalau misal badan mulai terasa kurang enak, saya biasanya menambah dosis Supergoat dulu sebelum ke dokter,” ujar Desi dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (22/7/2021). 

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Nurjanah (38) asal Kalimantan Timur yang mulai mengonsumsi Supergoat saat masa penyembuhan sakit tifus. Kondisinya yang masih lemah saat pandemi, membuatnya khawatir terpapar virus corona.

Setelah berkonsultasi dengan beberapa teman, mereka menyarankan untuk mencoba susu kambing bubuk Supergoat.

“Saya coba sehari (mengonsumsi) satu saset. Hasilnya, saya bersyukur sampai sekarang masih sehat dan badan juga terasa lebih enteng,” kata Nurjanah. 

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com