Advertorial

Cek Khasiat Jahe Merah, Royal Jelly, dan Ginseng untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Kompas.com - 26/07/2021, 09:07 WIB
Ilustrasi jahe merah. Dok. FreepikIlustrasi jahe merah.

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 belum selesai. Bahkan, saat ini muncul berbagai varian dari hasil mutasi virus corona, salah satunya varian Delta.

Para ahli menyebut, varian Delta lebih berbahaya dan cepat menyebar dibandingkan varian lain. Hal ini terbukti dengan meningkatnya angka kasus aktif Covid-19 di Indonesia dalam beberapa waktu belakangan.

Kondisi tersebut membuat hampir semua rumah sakit (RS) penuh dan peningkatan korban jiwa. Pemerintah pun terpaksa menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Melihat situasi yang tak kunjung membaik, kebijakan itu pun diperpanjang dengan istilah PPKM Level 3 dan Level 4. Opsi ini diharapkan bisa menekan angka kasus aktif Covid-19 dan memutus mata rantai penularannya di Indonesia.

Kebijakan tersebut juga harus didukung oleh kedisiplinan masyarakat dalam menjaga kesehatan, seperti mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan (prokes) 5M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dengan sabun dan air, menghindari kerumunan, serta mengurangi mobilitas.

Selain itu, menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas juga merupakan hal yang sangat penting dilakukan oleh masyarakat, baik yang sudah divaksin maupun belum.

Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan berolahraga secara teratur, berjemur di bawah sinar matahari, menjaga asupan makanan bergizi, dan mengonsumsi bahan-bahan herbal berkhasiat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lantas, apa saja bahan herbal berkhasiat yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi seperti saat ini? Berikut penjelasannya.

  1. Jahe merah

Jenis jahe ini memiliki warna merah berkat kandungan antosianin pada kulitnya. Penelitian menunjukkan, beberapa masalah kesehatan kemungkinan bisa diatasi oleh jahe yang memiliki nama latin Zingiber officinale var rubra itu.

Jahe merah diketahui memiliki banyak khasiat, seperti mengobati masuk angin, mual, dan kembung. Selain itu, kandungan gingerols, shogaols, dan zingerones juga berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh.

Sementara itu, sebuah jurnal yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information pada April 2013 menyebutkan, jahe merah dapat memberikan efek antioksidan, antiperadangan, dan perlindungan yang maksimal terhadap tubuh.

  1. Royal jelly

Royal jelly merupakan susu yang dihasilkan oleh koloni lebah madu. Royal jelly memiliki kandungan berupa campuran air, kolagen, serta berbagai enzim dan hormon. Campuran tersebut membuat banyak orang beranggapan bahwa susu lebah ini dapat membawa sejumlah manfaat.

Selain itu, royal jelly juga mengandung banyak nutrisi, seperti karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin B kompleks.

Menurut studi yang dilakukan pada 2001 dan diterbitkan pada jurnal International Immunopharmacology, royal jelly dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Tak hanya itu, royal jelly juga bermanfaat sebagai obat yang menghambat pertumbuhan virus dan bakteri.

  1. Ginseng

Ginseng sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional. Ginseng juga dikenal sebagai penambah stamina tubuh.

Tanaman herbal itu kaya akan asam folat, zat besi, mineral, dan enzim. Selain itu, vitamin yang terkandung di dalam ginseng pun cukup beragam, seperti vitamin B1, B2, B12, dan C.

Ginseng juga diketahui memiliki sifat adaptogenic yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Herbal ini dapat meningkatkan jumlah sel darah putih dan antibodi di dalam darah. Hal ini dapat membantu melawan infeksi di dalam tubuh.

Jika dikonsumsi secara rutin, ketiga bahan herbal tersebut dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tubuh tidak rentan sakit dan terpapar virus.

Di zaman serbamodern seperti saat ini, Anda tak perlu repot mengolah sendiri bahan-bahan alami tersebut di rumah untuk dikonsumsi. Pasalnya, manfaat bahan tersebut dapat Anda temukan pada Antangin JRG Tablet + Jahe Merah.

Sebagai informasi, Antangin JRG Tablet + Jahe Merah sudah tersertifikasi halal. Produk ini juga bebas gula (sugar free) sehingga aman untuk dikonsumsi.

Kandungan herbal pada Antangin juga telah terbukti efektif untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, kandungan ini juga dapat mengobati atau mencegah masuk angin yang disertai mual, perut kembung, pusing, dan rasa lelah.

Kandungan Antangin JRG juga sudah teruji pada penelitian khasiat dan keamanan produk herbal dari Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan serta Fakultas Farmasi Universitas Gadjah Mada (UGM).

Untuk mendapatkan hasil yang semakin optimal, orang dewasa dapat mengonsumsi Antangin JRG + Jahe Merah sebanyak tiga kali dua tablet dalam sehari. Dalam kondisi tertentu, seperti saat masuk angin dan aktivitas padat, Anda dapat mengonsumsi hingga empat tablet setiap kali minum.

Saat ini, Antangin JRG + Jahe Merah bisa Anda dapatkan di toko obat dan apotek terdekat. Anda juga bisa memperoleh produk ini melalui toko online Deltomed Official Store di platform e-commerce Shopee, Tokopedia, Blibli, Lazada, Bukalapak, dan JD.ID.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.