Advertorial

Jangan Tunggu Sakit, Ini Manfaat Medical Check-up Rutin Sejak Dini

Kompas.com - 28/07/2021, 19:27 WIB
Ilustrasi pengecekan kesehatan yang dilakukan secara rutin. Dok. iStockIlustrasi pengecekan kesehatan yang dilakukan secara rutin.

KOMPAS.com – Sebagian besar orang baru memeriksakan kondisi kesehatannya ketika merasakan gejala suatu penyakit. Karenanya, tidak jarang penyakit tersebut baru ditangani ketika kondisi sudah terlanjur parah.

Kondisi tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan medical check-up atau pemeriksaan kesehatan secara rutin. Pemeriksaan ini merupakan upaya untuk mendeteksi sejak dini berbagai potensi masalah kesehatan atau penyakit.

Umumnya, medical check-up dilakukan dalam beberapa tahap untuk mendapatkan hasil mengenai kondisi kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Lalu, apa saja manfaat dari melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin? Berikut ulasannya.

  1. Mencegah perkembangan penyakit

Pemeriksaan kesehatan secara rutin dapat membantu dokter mendiagnosis berbagai penyakit sebelum berkembang menjadi lebih parah.

Selama proses cek kesehatan, tim medis biasanya menyarankan berbagai tes yang dilakukan untuk mendeteksi risiko penyakit dalam tubuh pasien. Selanjutnya, hasil screening itu akan menjadi dasar untuk menentukan langkah pencegahan berkembangnya penyakit. Dengan demikian, penyembuhan penyakit bisa lebih mudah dilakukan.

  1. Terhindar dari stres

Aktivitas yang padat dapat memicu stres. Secara tidak langsung, stres dapat menimbulkan berbagai penyakit pada tubuh, seperti tekanan darah tinggi, obesitas, hingga depresi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, pasien bisa mendapatkan berbagai saran dari dokter untuk mencegah stres yang berkelanjutan.

  1. Membantu merencanakan pola hidup sehat

Selain mengidentifikasi fungsi tubuh, hasil pemeriksaan kesehatan dapat membantu seseorang dalam menentukan asupan makanan yang perlu dikonsumsi atau dihindari. Begitu juga dengan pola hidup.

Tim medis juga akan menganjurkan pola hidup yang sesuai berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan. Misalnya, bila kadar kolesterol seseorang yang bersangkutan meningkat, tim medis akan menyarankannya untuk mengonsumsi makanan tanpa atau dengan sedikit kolesterol.

Deteksi dini dan perubahan asupan gizi akan membantu seseorang untuk terhindar dari penyakit kronis.

  1. Meminimalisasi biaya kesehatan

Dengan melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, pasien secara tidak langsung dapat menghemat biaya perawatan kesehatan. Lagi pula, kondisi tubuh akan lebih terkontrol sehingga risiko terserang penyakit dapat diminimalisasi.

Tidak hanya itu, medical check-up secara rutin juga dapat membantu mengurangi risiko pasien untuk melakukan sejumlah tindakan serius di kemudian hari, seperti operasi yang disebabkan oleh parahnya penyakit.

Itulah empat manfaat melakukan cek kesehatan secara rutin. Anda bisa melakukannya di klinik kesehatan yang telah bekerja sama dengan Tokopedia.

Contohnya, klinik Lab Pacar Surabaya. Klinik ini menawarkan promo paket pranikah dan general medical check-up yang bisa digunakan oleh wanita dan pria. Paket ini dibanderol dengan harga Rp 900.000 dari harga normal Rp 2 juta.

Proses medical check-up tersebut menggunakan metode enzyme linked fluorescent assay (ELFA) yang disinyalir dapat mendeteksi keberadaan antibodi dengan enzim yang terkonjugasi.

Selanjutnya, ada klinik Naraya Medical Center. Merebaknya virus corona di Tanah Air membuat klinik yang berada di Surabaya tersebut menawarkan tes swab PCR dan rapid antigen dengan harga berkisar dari Rp 140.000 hingga Rp 640.000.

Dengan melakukan kedua tes tersebut, Anda dapat mendeteksi lebih dini keberadaan virus corona yang berada di dalam tubuh.

Terakhir, KlikDokter. Anda dapat memanfaatkan voucher KlikDokter di Tokopedia untuk berbagai layanan medical check-up, seperti pemeriksaan thorax, elektrokardiogram (ECG), cek profil lemak, dan swab PCR home service.

Voucher medical check-up di klinik-klinik tadi bisa didapat melalui Tokopedia. Anda pun bisa mendapatkan berbagai layanan klinik tersebut dengan harga yang terjangkau.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.