Advertorial

Stres dan Asupan Makanan Pengaruhi Imunitas, Ini Tips dari Dokter Farhan dan Chef Becca

Kompas.com - 31/07/2021, 00:00 WIB
- Dok. PT Kobe Boga Utama-

KOMPAS.com - Menjalani kehidupan di tengah pandemi Covid-19 memang bukan perkara mudah. Pasalnya, memasuki tatanan kehidupan baru atau new normal, masyarakat diharapkan patuh dan tertib mengikuti protokol kesehatan (prokes).

Adapun prokes dasar yang wajib diterapkan adalah mencuci tangan dengan air mengalir dan sabun atau hand sanitizer, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas (5M).

Selain memastikan tubuh tetap sehat dengan prokes, satu hal yang tak kalah penting di masa pandemi adalah menjaga pikiran atau kesehatan mental. Tujuannya, untuk meminimalisasi risiko terjadinya stres, bahkan depresi. 

Seperti diketahui, stres memiliki hubungan erat dengan sistem kekebalan tubuh manusia. Hal ini telah dibuktikan melalui berbagai penelitian medis yang dilakukan sejumlah ahli.

Melansir Kompas.id, Minggu (12/4/2020), kajian Saul A McLeod dalam laman simplypsychology.org (2010) menyatakan bahwa saat stres, kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen berkurang.

Perlu diketahui, saat seseorang dilanda stres, tubuhnya mengalami peningkatan hormon stres, yakni kortikosteroid. Hormon ini lalu menekan efektivitas sistem kekebalan tubuh, salah satunya dengan menurunkan jumlah limfosit.

Jika hal itu berlangsung lama, tubuh tak hanya berisiko mengalami penurunan daya tahan tubuh, tapi juga sampai mengalami peradangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Oleh karena itu, penting bagi seseorang untuk dapat berpikiran positif, mengontrol emosi, dan menjaga hatinya tetap gembira selama pandemi.

Meski demikian, upaya menerapkan prokes dan menjaga kesehatan mental juga perlu diimbangi dengan gaya hidup sehat. Oleh karena itu, masyarakat diimbau mengonsumsi makanan berkualitas dengan nilai gizi seimbang.

Makanan kaya protein sangat dianjurkan untuk dikonsumsi di tengah wabah Covid-19. Pasalnya, protein berpengaruh terhadap pembentukan sistem kekebalan tubuh, metabolisme, pembentukan energi, enzim, dan hormon.

Akhir-akhir ini perhatian banyak tersita oleh susu sebagai sumber protein. Padahal, ada banyak alternatif lain yang tak kalah atau bahkan lebih sehat.

Tempe merupakan salah satu makanan bernutrisi lengkap yang mengandung protein tinggi dan berbagai asupan lain yang penting bagi tubuh, seperti kalsium, fosfor, kalium, serat, antioksidan, serta lemak sehat. Sehingga tak heran jika tempe disebut sebagai superfood dan perlu dimasukkan ke dalam menu hidangan sehari-hari agar gizi tercukupi.

Untuk memberi panduan menjaga kesehatan mental dan fisik di tengah pandemi, PT Kobe Boga Utama kembali melanjutkan rangkaian kampanye “Stay Well Stay Strong”. Adapun kampanye ini bertujuan untuk menyebarkan informasi penting pada masyarakat terkait menjaga pola hidup sehat.

PT Kobe Boga Utama juga menyelenggarakan webinar bertema “Rahasia Tetap Positif, Sehat, dan Semangat Hadapi Pandemi” yang akan digelar pada Rabu (4/8 2021) pukul 10.00 WIB melalui Live Zoom dan Youtube.

Pada webinar itu, PT Kobe Boga Utama menghadirkan sejumlah ahli dan profesional sebagai narasumber. Mereka adalah dokter sekaligus konten kreator dr Farhan Zubedi dan Chef Rebecca Suwignyo.

Dalam webinar tersebut, keduanya berkolaborasi untuk berbagi informasi mengenai kiat menjaga kesehatan. Selain itu, mereka juga membahas potensi tempe sebagai salah satu sumber protein yang perlu dikonsumsi di masa pandemi Covid-19.

Selain ragam informasi, narasumber juga akan berbagi aneka resep sehat nan lezat berbahan tempe. Tak hanya itu, akan dibahas juga mengenai hal-hal yang harus dilakukan agar hidup seimbang dan bahagia di tengah pandemi.

Pada webinar tersebut, dr Farhan akan berbagi tentang pentingnya menjaga pola pikir positif, hati yang gembira, dan pola makan sehat dengan gizi seimbang.

Dokter Farhan juga akan membeberkan fakta kandungan nutrisi pada makanan, termasuk tempe, hubungan stres dan kekebalan tubuh, kegiatan yang berhubungan dengan kesehatan mental, langkah yang harus dilakukan jika ada keluarga yang terpapar, hingga fakta dan hoaks yang beredar di tengah pandemi Covid-19.

Selanjutnya, Chef Rebecca yang akrab disapa Chef Becca akan melakukan demo masak menu sehat, praktis, dan lezat berbahan dasar tempe. Kali ini, Chef Becca akan memasak dua kreasi menu tempe yang pas dijadikan menu andalan saat pandemi.

Chef Becca akan berkreasi menggunakan Kobe Tepung Tempe Kriuk. Tepung ini diracik khusus untuk menghasilkan tempe goreng sempurna yang kriuk dan pas berbumbu.

Adapun bumbu racik Kobe Tepung Tempe Kriuk mengandung ketumbar asli yang bikin rasa makin gurih dan lezat, tanpa pengawet, pewarna buatan, serta diproses dengan teknologi modern. Dengan begitu, Kobe Tepung Tempe Kriuk lebih berkualitas dan aman dikonsumsi.

Nah, jika ingin tahu lebih banyak dan berdiskusi langsung dengan para ahli, daftarkan diri Anda dalam acara webinar “Stay Well Stay Strong” melalui tautan berikut.

Peserta yang beruntung bisa menangkan voucer belanja dan paket produk Kobe. Jangan sampai terlewat dan pastikan Anda menjadi bagian dari webinar ini, ya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.