Advertorial

Siasati Situasi Pandemi, UK Maranatha Buat Terobosan pada Penerimaan Mahasiswa Baru 2022/2023

Kompas.com - 01/08/2021, 15:58 WIB

 

KOMPAS.com – Pandemi Covid-19 menjadi tantangan yang harus bisa dilewati oleh sektor pendidikan.

Seperti diketahui, sejak mewabah pada 2020, Covid-19 membuat kegiatan belajar mengajar secara tatap muka terpaksa harus dialihkan dengan sistem belajar online.

Karena hal itu, sektor pendidikan pun melakukan beragam inovasi sistem pembelajaran agar kualitasnya tetap terjaga.

Universitas Kristen (UK) Maranatha, misalnya, memiliki tiga inovasi yang siap diterapkan pada metode perkuliahannya.

Sekretaris Umum Universitas Kristen Maranatha Robby Yussac Tallar, MT, Dipl IWRM, PhD mengatakan, langkah tersebut merupakan bentuk adaptasi dari pihak universitas terhadap situasi saat ini.

“Pertama, metode pembelajaran baru dengan inovasi yang mengarah pada pengembangan kurikulum dan riset melalui metode digital learning. Contoh konkret dalam perubahan ini adalah menginisiasi transformasi Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Bisnis,” ujar Robby dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Jumat (30/7/2021).

Kedua, lanjut Robby, sebagian besar fakultas telah mempersiapkan program Kampus Merdeka sesuai dengan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Program ini diisi dengan berbagai aktivitas yang diselaraskan dengan pola experiential learning.

Untuk, mengetahui aktivitas tersebut, silakan mengunjungi situs resmi UK Maranatha di www.maranatha.edu.

Ketiga, perbaikan kebijakan yang membuka kesempatan bagi mahasiswa untuk menemukan minatnya sesuai kurikulum perkuliahan. Kebijakan ini bertujuan untuk melahirkan lulusan yang kreatif, inovatif, dan dapat memberi inspirasi bagi lingkungan sekitar.

Selain ketiga inovasi tersebut, UK Maranatha juga membuat terobosan pada proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Maranatha periode 2022/2023.

Direktur Marketing dan Admisi Jonathan Edwin Handoko, SE, MM mengatakan, salah satu terobosan tersebut adalah program Be The Student of Maranatha. Banyaknya pendaftar ke Fakultas Kedokteran hingga full capacity  di periode lalu loncatan untuk mengembangkan terobosan ini.

Adapun program tersebut akan diberikan kepada pendaftar pertama, yakni mereka yang berasal dari jenjang SMA kelas XII dan memiliki minat untuk berkuliah di UK Maranatha. Mereka akan mendapatkan first class service dengan berbagai potongan beasiswa.

“Untuk mempermudah pendaftaran, calon mahasiswa dapat melakukan registrasi secara online melalui situs web join.maranatha.edu,” jelas Jonathan.

Selain Be The Student, tambah Jonathan, terdapat juga program Smart Scholarship, Smart Saving, dan Smart Payment (3S) yang dapat dinikmati oleh semua siswa SMA, mulai dari kelas 10 hingga 12.

Inovasi program tersebut diharapkan menjadi solusi bagi calon mahasiswa UK Maranatha untuk bisa meneruskan masa depannya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.