Advertorial

Ingin Beli Rumah Pertama? Simak Ciri Hunian yang jadi Idaman Pasangan Millenial

Kompas.com - 02/08/2021, 11:34 WIB
Perumahan Talaga Bestari, Tangerang. Dok. IntilandPerumahan Talaga Bestari, Tangerang.

KOMPAS.com – Bagi pengantin baru, rumah merupakan kebutuhan primer yang perlu masuk dalam ceklis. Dengan memiliki rumah sendiri, pasangan baru bisa lebih independen dan terjaga privasinya dalam mengatur rumah tangga. Pun, pengantin baru bisa menata desain interior sesuai keinginan.

Tak heran, berdasarkan Consumer Sentiment Survey H1 2021 yang dilakukan Rumah.com pada Kamis (21/1/2021), sebanyak 77 persen milenial memprioritaskan pengeluaran untuk membeli rumah atau properti.

Terkait selera dan kriteria, pengantin baru dari generasi milenial punya kriteria tersendiri dibandingkan generasi sebelumnya. Ini lantaran generasi milenial memiliki kebutuhan yang berbeda.

Lantas, apa saja kriteria dan ciri rumah idaman pengantin baru dari kalangan milenial? Berikut Kompas.com rangkumkan dari berbagai sumber.

  1. Mudah diakses

Pasangan muda dari kalangan milenial cenderung memilih lokasi hunian yang mudah diakses, baik dari aspek konektivitas dengan jalan raya maupun sarana transportasi umum, seperti stasiun kereta dan terminal bus.

Pilihan tersebut sesuai dengan karakter generasi milenial yang memiliki mobilitas tinggi dan menjunjung efisiensi pekerjaan.

Kemudahan akses akan membuat generasi milenial dapat bepergian secara efisien tanpa membuang banyak waktu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Apartemen Aeropolis, Tangerang. Dok. Intiland Apartemen Aeropolis, Tangerang.

Misalnya, Apartemen Aeropolis yang dikembangkan oleh PT Intiland Development Tbk. Apartemen ini berada di kawasan terpadu yang berjarak hanya 500 meter dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Apartemen Aeropolis dibanderol mulai harga Rp 160 jutaan.

Apartemen tersebut cocok bagi penghuni yang ingin mendapatkan hunian dengan harga terjangkau, tapi tetap dekat dengan fasilitas utama.

  1. Memiliki area terbuka hijau dan fasilitas lengkap

Saat ini, hunian modern dengan konsep ruang terbuka hijau semakin banyak diminati pasangan muda.

Menurut Direktur Pemasaran Intiland wilayah Surabaya Harto Laksono, calon konsumen cenderung menjadikan ketersediaan fasilitas ruang terbuka hijau dan kawasan tinggal yang tidak padat penduduk sebagai prioritas dalam memilih hunian.

Pasalnya, keberadaan ruang terbuka hijau dianggap dapat meningkatkan kualitas hidup penghuninya. Terlebih, di tengah pandemi seperti saat ini yang menyebabkan penghuninya lebih sering berkegiatan di rumah.

“Aspek kesehatan tersebut turut mendukung kegiatan bekerja dan belajar di rumah,” ujar Harto kepada Kompas.com, Selasa (27/7/2021).

Harto menambahkan bahwa sejak pandemi Covid-19, konsumen lebih peduli dengan kesehatan di dalam rumah dan lingkungan sekitar. Karenanya, mereka mencari kawasan perumahan yang asri dan memiliki banyak ruang terbuka hijau.

Tak kalah penting, pasangan baru dari kalangan milenial juga memprioritaskan kawasan hunian yang memiliki fasilitas dan amenitas lengkap.

Keberadaan fasilitas, seperti supermarket, sekolah, mesin ATM, dan rumah sakit, di dalam kawasan hunian dapat menunjang kebutuhan milenial. Dengan demikian, mereka tak perlu keluar jauh untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  1. Ukuran compact

Menurut Wakil Ketua Umum 1 DPP Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI) Nurul Yaqin seperti diwartakan Kompas.com pada Senin (10/2/2020), kalangan milenial lebih menyukai rumah dengan ukuran yang lebih compact atau minimalis. Tipe rumah minimalis yang menjadi idaman pasangan milenial adalah tipe 27 dan tipe 36.

Dengan rumah berukuran compact, pasangan baru dari kalangan milenial tidak perlu repot membersihkan dan merawat rumahnya. Aktivitas dan mobilitas mereka pun tidak terhambat karena urusan domestik.

  1. Kemudahan pembayaran dan promo

Kriteria berikutnya adalah kemudahan pembayaran dan promo yang ditawarkan developer. Seperti diketahui, milenial terkenal memiliki sifat antiribet. Oleh karena itu, mereka cenderung memilih developer yang menawarkan kemudahan pembayaran.

Kemudian, kalangan milenial juga lebih memilih developer yang menawarkan promo ataupun diskon. Pasalnya, keberadaan promo tersebut dapat menghemat pengeluaran pengantin baru.

Demi memenuhi kebutuhan pasangan baru dari kalangan milenial, Intiland memberikan kemudahan pembayaran dan promo. Untuk pembayaran, developer ini bekerja sama dengan Bank BCA, CIMB Niaga, Mandiri, OCBC NISP, BNI, Bank Permata, dan Maybank.

Kemudian, Intiland juga memberikan promo lewat program Click & Stay yang berjalan mulai 21 Juni hingga Agustus 2021.

Direktur Pemasaran Korporat Intiland Susan Pranata mengatakan, Click & Stay merupakan program kampanye pemasaran yang bertujuan membantu calon konsumen untuk memiliki properti terbaik Intiland secara mudah, cepat, dan dengan harga terbaik.

“Melalui Click & Stay, kami memberikan kesempatan terbaik bagi calon konsumen untuk memilih dan membeli produk properti kami dengan penawaran khusus hanya pada periode tersebut. Kami menyiapkan beragam paket promo spesial sehingga calon konsumen dapat memilih properti idaman dengan cara yang sangat mudah, yakni tinggal klik domain clickandstay.intiland.com,” ujar Susan.

Sebagai informasi, Intiland menghadirkan 18 proyek properti terbaik lewat pameran virtual Click & Stay, mulai dari rumah tapak, apartemen, low-rise residential, perkantoran, komersial, small office home office (SOHO), hingga pergudangan.

Bagi pasangan baru yang menginginkan produk properti di Jakarta, Intiland menghadirkan sejumlah kawasan hunian, yakni perumahan Serenia Hills, South Grove, 1Park Homes, Pinang Residence, apartemen Regatta, SQ Rés, 1Park Avenue, dan apartemen Fifty Seven Promenade.

Sementara untuk wilayah Tangerang, Intiland menghadirkan perumahan Talaga Bestari, Magnolia Residences, serta kawasan terpadu Aeropolis. Kawasan ini menyediakan beragam produk seperti apartemen, komersial, perkantoran, dan pergudangan.

Untuk kawasan Surabaya, Intiland menghadirkan tujuh proyek properti terbaik, mulai dari perumahan, apartemen, komersial, SOHO, hingga perkantoran. Ketujuh proyek tersebut meliputi Perumahan Graha Natura, low-rise residential The Rosebay, apartemen Graha Golf, Sumatra36, pengembangan mixed-use Spazio Tower, Praxis, serta Tierra SOHO.

Apartemen The Rosebay, Surabaya. Dok. Intiland Apartemen The Rosebay, Surabaya.

Pada program tersebut, kalangan milenial berkesempatan mendapatkan promo pembiayaan menarik dan kompetitif. Salah satunya adalah kredit pemilikan rumah (KPR) atau kredit pemilikan apartemen (KPA) dengan bunga fixed 2,75 persen per tahun selama dua tahun.

“Masyarakat juga berkesempatan mendapatkan hadiah menarik lainnya melalui program Click & Stay. Beragam hadiah yang tersedia adalah bebas biaya servis atau iuran pengelolaan lingkungan, gratis furnitur atau pantry, serta hadiah langsung berupa iPhone, MacBook Pro, hingga gratis voucher elektronik senilai Rp 25 juta,” kata Susan.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Click & Stay, Anda bisa mengunjungi laman clickandstay.intiland.com atau akun Instagram resmi dari Intiland, yakni @intilanddev.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.