Advertorial

Catat, Berikut Tips Perbaiki Berat Badan Ideal Sesuai BMI

Kompas.com - 03/08/2021, 16:30 WIB
Ilustrasi makanan sehat untuk mencapai berat badan ideal sesuai BMI. Dok. FreepikIlustrasi makanan sehat untuk mencapai berat badan ideal sesuai BMI.

KOMPAS.com – Salah satu cara mudah untuk mengetahui berat badan ideal atau tidak adalah dengan mengukur indeks massa tubuh atau body mass index (BMI). Untuk mendapatkan hasil yang akurat, Anda bisa menggunakan menggunakan kalkulator BMI yang ada di platform konsultasi kesehatan online SehatQ.

Sayangnya, hasil kalkulator BMI, menampakkan hasil yang melebihi ideal. Ini berarti, berat badan Anda mungkin tergolong berlebih atau bahkan obesitas.

Jika hal itu terjadi, cobalah untuk lebih memperhatikan berat badan. Sebab, hal ini bisa meningkatkan Anda pada risiko terkena berbagai penyakit serius.

Tak perlu terlalu khawatir, BMI berlebih dapat disiasati. Anda dapat mencoba untuk mulai konsisten menjalankan sejumlah cara untuk mendapatkan berat badan ideal. Caranya, dengan mengurangi berat badan secara alami dan tidak ekstrem.

Berikut beberapa tips efektif yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi indeks massa tubuh secara alami dan tidak ekstrem.

Mulai hari dengan sarapan

Sarapan sangat menentukan status berat badan Anda. Jika ingin berat badan ideal, jangan lewatkan sarapan tiap pagi sebelum memulai beraktivitas.

Sarapan yang bergizi bisa membuat metabolisme tubuh lebih lancar sehingga pembakaran lemak dalam tubuh juga dapat terjadi secara efektif. Namun, hindari sarapan dengan porsi besar karena justru bisa membuat Anda mengantuk sepanjang hari.

Tetapkan batas makan malam

Makan terlalu malam cenderung membuat lemak tubuh menumpuk. Biasakanlah membatasi waktu makan malam pada jam tertentu. Idealnya, Anda tidak perlu makan lagi setelah lewat pukul 7 malam.

Namun, jangan sampai pula Anda melewatkan makan malam. Sebab, hal ini bisa membuat Anda kelaparan pada tengah malam sehingga kalap makan keesokan harinya.

Konsumsi makanan tinggi serat

Makanan yang mengandung banyak serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini cocok untuk membantu menurunkan berat badan Anda.

Banyak pilihan makanan kaya serat yang dapat Anda pertimbangkan, mulai dari gandum, sayuran dan kacang-kacangan, hingga roti gandum.

Minum lebih banyak air

Minum air memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan, ketika pusing karena melihat hasil dari kalkulator BMI di SehatQ jauh dari kata ideal. Anda dapat menurunkan berat badan dengan cara sesimpel mengonsumsi lebih banyak air setiap hari.

Mengonsumsi banyak air bisa membuat Anda malas untuk makan dalam jumlah besar. Pasalnya, perut yang penuh terisi air akan mengacaukan rasa lapar. Namun, pastikan minuman yang Anda konsumsi adalah air putih karena kandungan kalorinya paling rendah.

Biasakan makan di piring kecil

Menggunakan piring yang lebih kecil dapat membantu Anda makan dengan porsi yang lebih kecil. Dengan begitu, secara bertahap, Anda terbiasa makan dengan porsi lebih kecil tanpa merasa lapar.

Jadi, simpan piring dan mangkuk besar Anda dalam lemari. Mulailah beralih untuk makan dengan wadah yang lebih kecil.

Jangan makan terburu-buru

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, cobalah untuk makan secara perlahan. Sebab, makan secara terburu-buru justru bisa membuat berat badan Anda bertambah.

Pasalnya, dibutuhkan sekitar 20 menit bagi perut untuk memberi tahu otak bahwa sudah kenyang. Jadi, makanlah dengan perlahan dan berhentilah makan sebelum Anda merasa kenyang.

Jangan larang makanan apapun

Jangan hindari makanan tertentu ketika Anda memutuskan untuk mulai mengurangi berat badan bila hasil kalkulator BMI Anda terbilang kurang memuaskan.

Menghindari makanan tertentu, terutama yang disukai, hanya akan membuat Anda lebih menginginkannya. Selama masih dalam batas kalori harian, Anda dapat tetap menikmati makanan favorit.

Lebih aktif olahraga

Jangan malas untuk berolahraga, apalagi jika indeks massa tubuh Anda kurang ideal. Berolahraga tidak lantas membuat berat badan Anda langsung turun, tetapi bisa membantu Anda membentuk massa otot. Dengan demikian, indeks massa tubuh menjadi lebih ideal.

Tidak perlu olahraga yang berat. Berjalan santai atau jogging selama 30 menit setiap hari sudah efektif untuk mengelola massa tubuh Anda menjadi lebih baik.

Batasi screen time

Terlalu banyak menonton televisi atau berselancar media sosial di gawai ternyata menjadi salah satu penyebab kegemukan. Jadi, jika ingin memperbaiki indeks massa tubuh yang terlalu berat, sebaiknya batasi screen time mulai sekarang. Anda bisa mengalihkan perhatian dengan melakukan berbagai kegiatan yang lebih aktif dan membakar kalori.

Itulah sembilan cara yang dapat dilakukan untuk mencapai BMI ideal. Agar mendapatkan hasil maksimal, lakukan berbagai cara tersebut secara konsisten.

Jangan lupa untuk mengecek status berat badan dan indeks massa tubuh di kalkulator BMI SehatQ satu minggu sekali untuk melihat perkembangan positif yang Anda peroleh.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.