Advertorial

Jadi Tren di Dunia Otomotif, Ini 4 Kelebihan Mobil Crossover

Kompas.com - 05/08/2021, 00:00 WIB
Mitsubishi Xpander Cross di sebuah pameran mobil. DOK. KOMPAS.com/DioMitsubishi Xpander Cross di sebuah pameran mobil.

KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, mobil jenis crossover menjadi tren di kalangan pencinta otomotif, tak terkecuali di Indonesia. Untuk diketahui, mobil crossover merupakan gabungan antara konsep mobil sport utility vehicle (SUV) dan multi-purpose vehicle (MPV).

Perpaduan tersebut membuat mobil crossover dinilai nyaman saat dibawa untuk bepergian bersama keluarga karena memiliki ukuran yang compact dan andal dalam melibas berbagai medan.

Karena menggabungkan dua konsep mobil sekaligus, wajar bila mobil crossover menjadi tren dan banyak diminati. Pasalnya, mobil ini mampu menunjang aktivitas dan mobilitas masyarakat perkotaan yang tinggi.

Untuk mengenal lebih jauh kelebihan mobil crossover, simak penjelasan berikut.

  1. Ukuran compact

Salah satu hal yang membedakan mobil crossover dengan SUV adalah dimensinya. Mobil crossover punya dimensi yang lebih compact dibanding SUV.

Salah satu mobil crossover yang memiliki bodi compact adalah Mitsubishi Xpander Cross. Mobil ini memiliki dimensi panjang 4.500 milimeter (mm), lebar 1.800 mm, tinggi 1.750 mm, serta ground clearance atau jarak terendah komponen mobil ke permukaan jalan atau tanah 225 mm.

Dengan dimensi lebih kecil dari SUV, mobil crossover seperti Mitsubishi Xpander Cross jauh lebih lincah di jalanan perkotaan yang padat layaknya mobil hatchback. Mobil ini juga cocok untuk mengatasi keterbatasan ruang garasi dan halaman rumah yang kerap dialami pemilik mobil SUV karena ukurannya relatif lebih kecil.

Selain itu, dengan ground clearance 225 mm, Mitsubishi Xpander Cross mampu melibas segala medan, mulai dari jalanan Ibu Kota yang beraspal, hingga jalanan perdesaan yang bertanah dan berbatu. Kelebihan tersebut membuat mobil crossover mampu melibas genangan air yang kerap membanjiri Ibu Kota selama musim hujan.

  1. Desain bodi yang gahar

Desain mobil crossover tidak kalah gagah dibandingkan SUV, walau ukurannya lebih compact. Pasalnya, mobil crossover juga turut dilengkapi aksesori yang juga terdapat pada SUV, seperti over fender,side skirt, serta railroof. Semua aksesori tersebut disertakan pada Xpander Cross.

Mobil crossover tersebut mengusung tampilan muka Dynamic Shield yang menjadi identitas mobil Mitsubishi kekinian. Desain geometrik pada mobil ini juga menggambarkan keseimbangan antara kedinamisan dan power.

Xpander Cross memiliki desain bumper yang lebih kotak dan desain grill depan berwarna hitam sehingga terlihat gagah.

Selain itu, desain skid plate pada bumper bawah Xpander Cross yang kuat dan protektif membuat kesan SUV semakin kuat. Pada bagian belakang, terdapat piano black tailgate garnish dan skid plate yang lebih besar di bagian bawah bumper. Hal ini meningkatkan kesan tangguh pada mobil.

Xpander Cross dapat diandalkan untuk berpetualang karena mengusung pelek new design 17-inch alloy wheel dipadukan dengan wheel arch molding dan side body garnish yang memberikan kesan sporty.

Keberadaan roof rail pada atap mobil dapat menunjang aktivitas petualangan Anda, terutama saat membawa banyak barang.

  1. Cocok sebagai mobil keluarga serbaguna

Selain memiliki ketangguhan ala SUV, mobil crossover juga menawarkan kenyamanan ala MPV. Hal ini yang membuat Xpander Cross banyak dipilih keluarga Indonesia karena mengusung konsep MPV crossover serbaguna.

MPV crossover tidak hanya andal menjelajahi area perkotaan sebagai kendaraan sehari-hari, tapi juga juga bisa diajak bertualang ke medan semi-offroad di akhir pekan.

Xpander Cross menyuguhkan kabin luas yang mampu mengangkut hingga tujuh penumpang. Ruang kabinnya didesain secara melebar pada sisi kanan dan kiri, serta ruang kaki yang didesain secara luas dan tinggi.

Dengan demikian, jarak antar penumpang menjadi lebih renggang sehingga memberikan rasa aman dan nyaman, khususnya pada masa pandemi.

Sandaran kursi di baris kedua dirancang dengan pembagian 60:40 dan sandaran kursi baris ketiga dibagi 50:50. Hal ini membuat pengaturan ruang menjadi lebih mudah karena kursi bisa dilipat. Terlebih, bila membawa banyak barang ke dalam mobil.

Selain itu, Xpander Cross sebagai varian tertinggi dari seri Xpander dilengkapi fitur keamanan yang komplet, seperti active stability and traction control, dual airbags, cruise control, parking sensor, serta hill start assist. Terdapat pula layar infotainment berukuran 7 inci yang mendukung koneksi smartphone dan rear view camera.

Pada tiap baris Xpander Cross juga sudah disediakan power outlet sehingga penumpang tidak perlu lagi khawatir saat harus mengisi daya gadget ketika perjalanan jauh.

  1. Irit bahan bakar

Kapasitas mesin crossover yang lebih kecil dari mesin SUV, membuatnya lebih irit. Mobil crossover rata-rata memiliki kapasitas cubic centimeter (cc) 1.500 cc. Sementara itu, mobil SUV biasanya memiliki kapasitas di atas 2.000 cc.

Adapun Mitsubishi Xpander Cross menggunakan mesin berkode 4A91 berkapasitas 1.500 cc yang sudah dilengkapi dengan Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system (MIVEC) DOHC 16 valve. Fitur ini memudahkan pengoperasian dari revolutions per minute (rpm) rendah ke tinggi.

Sementara itu, terdapat dua pilihan transmisi yang digunakan, yaitu 4-speedautomatic transmission (AT) dan 5-speed manual transmission (MT)

Mitsubishi turut meningkatkan efisiensi bahan bakar dan kehalusan suara mesin pada mesin baru Xpander Cross jika dibandingkan pada seri 4A9 Xpander sebelumnya. Selain itu, terdapat teknologi insulation pada kabin yang mampu meredam kebisingan hingga 80 persen.

Mobil crossover seperti Xpander Cross biasanya menggunakan struktur sasis monokok atau sasis yang menyatu dengan bodi kendaraan. Struktur sasis ini memiliki bobot yang ringan sehingga mendukung mobilitas yang lebih cepat dan hemat bahan bakar.

Dengan kapasitas mesin dan bodi yang lebih kecil, harga mobil crossover lebih terjangkau dibandingkan mobil SUV.

Sebagai gambaran, harga on the road (OTR) Xpander Cross di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek) selama Agustus 2021 berkisar Rp 276.500.000 sampai Rp 299.500.000. Sementara itu, harga rata-rata mobil SUV di atas Rp 400 jutaan.

Bagaimana? Sudah tahu kan, kelebihan apa saja yang dimiliki oleh mobil crossover seperti Xpander Cross. Mobil ini cocok untuk Anda pertimbangkan sebagai mobil keluarga yang andal di segala medan.

Selain seri Xpander Cross, Mitsubishi juga memiliki seri Xpander varian MPV dengan harga OTR yang lebih terjangkau di Jabodetabek, yakni berkisar Rp 237.900.000 sampai Rp 257.000.000 selama Agustus 2021. Kedua seri tersebut memiliki beberapa perbedaan, mulai dari dimensi mobil, ground clearance, hingga ukuran pelek.

Adapun Xpander MVP memiliki dimensi panjang 4.475 mm, lebar 1.750 mm, dan tinggi 1.700 mm. Sementara itu, ground clearance Xpander MVP berkisar 200 mm dan 205 mm. Adapun pelek yang digunakan berukuran 16 inci.

Sementara itu, Xpander Cross maupun Xpander MVP sama-sama menggunakan mesin berkode 4A91 berkapasitas 1.500 cc, serta mampu menampung tujuh penumpang.

Nah, sekarang tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Sebagai informasi, Mitsubishi memiliki 300 jaringan bengkel resmi yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mendampingi keamanan perjalanan Anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera hubungi contact center Mitsubishi atau kunjungi situs resmi Mitsubishi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang Xpander Cross dan Xpander MPV.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.