Advertorial

Pupuk Indonesia Raih Indonesia Best Business Transformation 2021

Kompas.com - 05/08/2021, 17:12 WIB
PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Business Transformation 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA. DOK. PUPUK INDONESIAPT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan Indonesia Best Business Transformation 2021 yang diselenggarakan oleh Majalah SWA.

KOMPAS.com – PT Pupuk Indonesia (Persero) dinobatkan sebagai salah satu dari 15 perusahaan yang masuk dalam program Indonesia Best Business Transformation 2021. Program ini sendiri diselenggarakan oleh Majalah SWA.

Sebagai informasi, gelaran tersebut merupakan bentuk apresiasi terhadap perusahaan-perusahaan di Indonesia yang berhasil melakukan transformasi bisnis di tengah krisis pandemi Covid-19.

Pemberian penghargaan dilakukan secara virtual pada webinar bertajuk “Indonesia Best Business Transformation 2021: Rahasia Sukses Transformasi Bisnis di Era Disrupsi”, Rabu (4/8/2021).

Anggota Dewan Juri Indonesia Best Business Transformation 2021 Toto Pranoto mengatakan bahwa seluruh perusahaan yang mendapatkan penghargaan berhasil menyesuaikan atau bertransformasi di era pandemi dan digitalisasi.

Menurut dia, pandemi dan digitalisasi merupakan disrupsi yang berhasil meluluhlantakkan bisnis, baik di skala nasional maupun global.

"Saya kira, sejumlah perusahaan di Indonesia sudah menyesuaikan dengan kondisi itu. Jadi, mereka segera melakukan pembinaan dan transformasi. Mereka menciptakan inovasi baru serta mindset konsumen lewat konten produk dan juga pemasaran digital yang dilaksanakan," kata Toto dalam rilis resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (5/8/2021).

Perusahaan yang terlibat dalam program Indonesia Best Business Transformation 2021, lanjut Toto, terdiri dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), swasta nasional, dan perusahaan penanaman modal asing (PMA).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Untuk penilaian, dewan juri menentukan beberapa kriteria, di antaranya identifikasi masalah dalam transformasi, desain program dan aksi transformasi, eksekusi program, serta hal terpenting adalah hasil yang dicapai dari proses transformasi tersebut.

“Penilaian dilakukan pada 27-29 April 2021 secara virtual. Pada tahap itu, masing-masing perusahaan mempresentasikan program transformasi bisnis yang digagasnya,” kata pria yang menjabat sebagai dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) sekaligus Associate Partner BUMN Research Group LM FEB UI.

Menurut penilaian dewan juri, tambah Toto, perusahaan-perusahaan yang menjadi peserta program Indonesia Best Business Transformation 2021 terlihat cukup lugas dalam menjalankan program transformasi, khususnya di era pandemi dan digitalisasi.

Kebanyakan perusahaan juga memiliki fokus pada core business dengan menciptakan ide dan inovasi pada setiap konten produk.

Tidak hanya itu, perusahaan juga telah memanfaatkan teknologi digital sebagai infrastruktur dalam memasarkan konten produk dan berani melakukan perubahan budaya organisasi ke arah yang lebih baik.

"Para pemenang yang diberikan award sudah menunjukkan performance luar biasa bagus. Atas nama dewan juri, (saya ucapkan) selamat kepada pemenang. Mudah-mudahan, ini memberikan inspirasi bagi banyak perusahaan lain di Indonesia untuk melakukan transformasi dengan baik ke depan," katanya.

Untuk diketahui, Pupuk Indonesia saat ini tengah menjalankan program transformasi bisnis sesuai arahan Kementerian BUMN.

Adapun transformasi yang paling strategis adalah sentralisasi holding pada 2021. Tujuannya, untuk menyelaraskan fungsi strategis di anak perusahaan, seperti pemasaran, penjualan, keuangan, pengadaan, teknologi informasi, kebijakan sumber daya manusia (SDM), dan riset.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia Panji Winanteya Ruky mengatakan, dalam program transformasi bisnis, pihaknya menetapkan lima inisiatif strategis.

“Lima inisiatif tersebut meliputi perusahaan penyedia nutrisi tanaman yang lebih customer-centric melalui riset dan pemasaran yang terintegrasi, meningkatkan keandalan operasi, digitalisasi rantai pasok, optimalisasi pasokan bahan baku, serta meningkatkan pendapatan melalui circular economy," ujar Panji.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.