Advertorial

Bantu Penanganan Covid-19 di Indonesia, PT Pupuk Indonesia Salurkan 286 Ton Oksigen

Kompas.com - 09/08/2021, 14:13 WIB
PT Pupuk Indonesia (Persero) menyalurkan bantuan oksigen ke sejumlah rumah sakit (RS) di Indonesia Dok. Pupuk IndonesiaPT Pupuk Indonesia (Persero) menyalurkan bantuan oksigen ke sejumlah rumah sakit (RS) di Indonesia

KOMPAS.com - PT Pupuk Indonesia (Persero) melalui PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang menyalurkan bantuan oksigen sebanyak 15 ton untuk disebar ke wilayah Lampung Selatan.

Sebelumnya, bantuan serupa juga diberikan Pupuk Indonesia Group dengan jumlah 271,8 ton oksigen ke beberapa wilayah di Indonesia. Adapun total oksigen yang disumbangkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) itu sebanyak 286 ton.

Wakil Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero) Nugroho Christijanto mengatakan, kontribusi tersebut merupakan upaya perseroan dalam mempercepat penanganan pasien Covid-19 sesuai instruksi pemerintah.

“Jumlah bantuan akan terus bertambah mengingat distribusi oksigen masih dilakukan anggota perusahaan Pupuk Indonesia Group,” katanya dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (9/8/2021).

Distribusi bantuan oksigen sendiri, kata Nugroho, dimulai pada Juli 2021 dan disebar ke sejumlah rumah sakit (RS) di Indonesia, seperti Jawa Tengah (Jateng), Yogyakarta, DKI Jakarta, Jawa Timur (Jatim). Penyaluran di empat daerah ini dilakukan PT Petrokimia Gresik dengan alokasi oksigen sebanyak 114 ton.

Untuk wilayah DKI Jakarta dan Bandung, bantuan oksigen dengan total 159,9 ton didistribusikan PT Pupuk Sriwidjaja (Pusri) Palembang.

Kemudian, wilayah Jawa Barat (Jabar) oleh PT Pupuk Kujang dengan total 11 ton oksigen dan Balikpapan oleh PT Pupuk Kalimantan Timur (Kaltim) mencapai 1,8 ton oksigen.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kami siap membantu pemerintah agar RS yang menjadi rujukan perawatan pasien Covid-19 tidak terkendala pasokan (oksigen). Kami juga menyambut baik bila ada pihak yang turut membantu penyediaan truk isotank untuk mendistribusikan oksigen yang kami produksi," ujar Nugroho. 

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.