Advertorial

6 Manfaat Positif Main Game Console Selama di Rumah Saja

Kompas.com - 10/08/2021, 20:45 WIB
- Dok. Shutterstock-

KOMPAS.com - Tak hanya dirasakan oleh anak-anak, bermain game console juga memiliki dampak positif terhadap orang dewasa.

Manfaat makin terasa ketika memainkan game console pada masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang membuat Anda harus berdiam di rumah dalam waktu lama.

Selain berfungsi untuk mengisi waktu luang, bermain game console seperti PlayStation juga dapat membantu Anda terhindar dari rasa bosan.

Meski begitu, lakukan hal tersebut dalam durasi waktu yang wajar agar tidak mengganggu aktivitas lainnya.

Berikut Kompas.com rangkumkan enam manfaat bermain game console selama Anda di rumah.

Membentuk kreativitas

Apa pun permainannya, misi dalam setiap game bertujuan untuk mengatasi masalah yang ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal tersebut dapat membantu Anda mengasah kreativitas. Pasalnya, saat bermain game, Anda memikirkan cara mengatasi tantangan dengan segala aturan permainan yang ada.

Bermain game pun membuat Anda belajar tanpa sadar. Oleh karena itu, mainkan beragam game agar otak Anda bisa terlatih dan beradaptasi terhadap berbagai skenario masalah.

Selain itu, kreativitas juga dapat terasah melalui permainan yang melibatkan desain atau memodifikasi sebuah obyek.

Dengan begitu, Anda dapat menggunakan kreativitas untuk menciptakan obyek yang menarik dan memiliki nilai seni.

Melatih logika

Tidak hanya kreativitas, permainan pada game console juga dapat melatih logika. Sebab, Anda diharuskan berpikir agar dapat mencapai tujuan pada gameplay yang disuguhkan dalam game.

Dalam permainan, Anda akan dihadapkan pada berbagai keputusan penting yang dapat memengaruhi keberhasilan dalam game.

Selain itu, Anda juga harus bisa memahami segala instruksi yang diberikan. Hal ini bermanfaat terhadap perkembangan kognitif anak-anak.

Mereka jadi dapat berlatih untuk memahami instruksi dan mencari cara untuk menyelesaikan masalah tanpa melanggar aturan. Ini membutuhkan logika dalam mencari dan menjalankan solusi.

Bagi orang dewasa, hal tersebut juga berdampak positif. Alasannya, saat menyelesaikan masalah dalam game, Anda akan merasa senang sehingga berpengaruh kepada kondisi pikiran.

Melatih motorik

Tidak dimungkiri, bermain game dapat melatih motorik seseorang. Mungkin Anda bertanya-tanya, bagaimana game sebuah mampu melatih kemampuan motorik?

Seperti diketahui, saat bermain game, Anda harus fokus terhadap dua hal. Pertama, mata yang harus memerhatikan layar televisi. Kedua, tangan yang fokus terhadap kontrol permainan.

Hal tersebut dapat melatih sinkronisasi antara mata dan tangan yang membutuhkan kemampuan motorik halus.

Selain itu, game juga dapat melatih kembali kemampuan spasial saat Anda diharuskan untuk memperkirakan langkah yang akan diambil agar karakter yang dimainkan tidak mengalami kekalahan.

Melatih emosi

Setiap game memiliki misi yang harus diselesaikan dan tantangan yang harus dihadapi. Terkadang, tantangan sulit atau lawan yang kuat bisa membuat Anda kesal.

Dari situlah, Anda belajar mengendalikan rasa kesal yang sering muncul di tengah permainan.

Anda juga dituntut untuk selalu tenang dalam menghadapi beragam situasi. Belum lagi, jika Anda bermain dalam satu kelompok yang membutuhkan kesabaran.

Seperti diketahui, bermain dalam kelompok membutuhkan kekompakan yang baik. Tanpa itu, permainan yang Anda jalankan dapat dengan mudah dikalahkan.

Gaya hidup seimbang

Pada masa pandemi Covid-19 seperti sekarang, Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu di rumah.

Ketika Anda bosan dan tak bisa keluar rumah untuk menyegarkan pikiran setelah bekerja, bermain game bisa jadi solusi efektif.

Dengan begitu, kehidupan Anda akan menjadi lebih seimbang. Anda bisa bekerja dan bermain walaupun tidak harus keluar rumah. Hal tersebut berperan penting untuk menjaga kesehatan mental.

Pasalnya, pikiran yang stres dapat memicu penurunan daya tahan tubuh sehingga membuat Anda menjadi mudah terserang penyakit.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk bermain setelah Anda bekerja. Jika merasa bahagia, semua aspek kehidupan Anda pun akan menjadi baik, termasuk aspek kesehatan.

Mengurangi gejala depresi

Seimbang antara bekerja dan bermain bisa mengurangi gejala depresi, terutama pada masa pandemi seperti saat ini.

Gejala depresi bisa muncul lantaran rasa bosan dan kesepian akibat harus berada rumah terus.

Menurut penelitian yang dimuat di jurnal Royal Society Open Science tentang kaitan antara game dan kebahagiaan, game console dapat memengaruhi kebahagiaan seseorang secara positif. Hal tersebut disebabkan oleh mood yang bertambah baik saat sedang bermain.

Bahkan, untuk game atau permainan bertema perkelahian, pemain akan merasakan peningkatan adrenalin.

Namun, adrenalin tersebut akan kembali turun setelah dia meletakkan controller-nya. Jadi, pada umumnya game tidak menyebabkan seseorang menyukai kekerasan.

Itu tadi enam manfaat yang didapat dari bermain game console. Setelah membaca manfaat tersebut, tidak ada salahnya jika Anda memberikan hadiah untuk diri sendiri berupa game console.

Anda dapat membeli game console seperti PlayStation yang terdapat di platform e-commerce Blibli dengan penawaran yang terbaik.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.