Advertorial

KAI Dukung Penuh Kehadiran KA Bandara Yogyakarta Internasional Airport

Kompas.com - 12/08/2021, 19:08 WIB

KOMPAS.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mendukung penuh berbagai persiapan yang tengah dilakukan dalam rangka pengoperasian Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) yang merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional.

“Setelah sebelumnya pada Mei 2019 KA Bandara YIA beroperasi melalui Stasiun Wojo, nantinya layanan KA Bandara ini dapat langsung masuk ke dalam Bandara YIA melalui Stasiun Bandara YIA,” ujar Vice President (VP) Public Relations KAI Joni Martinus dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (12/8/2021).

Tujuannya, kata Joni, untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang akan bepergian dari dan menuju Bandara YIA.

Dalam tahap persiapan tersebut, KAI sebagai operator memberikan dukungan dengan mempersiapkan area pelayanan pelanggan KA, baik yang berada di Stasiun Bandara YIA maupun di Stasiun Yogyakarta.

Di Stasiun Bandara YIA, KAI telah membangun ruang tunggu dan pelayanan penumpang yang representatif. Mulai dari pelayanan loket, informasi pelanggan (customer service), ruang tunggu nyaman, fasilitas ruang kesehatan serta laktasi, hingga pos keamanan.

Untuk menuju ke area peron stasiun, nantinya hanya pelanggan KA Bandara yang telah memiliki tiket yang dapat masuk melalui e-gate ketika KA yang akan dinaiki sudah tersedia.

"Ruang pelayanan penumpang KA di Stasiun Bandara YIA ini memiliki pernik-pernik khas Yogyakarta dan tersedia pelayanan yang representatif. Tujuannya, untuk memberikan kenyamanan kepada para pelanggan KA Bandara,” kata Joni.

Suasana ruang tunggu penumpang KA Bandara Yogyakarta International Airportdok. KAI Suasana ruang tunggu penumpang KA Bandara Yogyakarta International Airport

Selain itu, imbuhnya, untuk di Stasiun Yogyakarta, KAI juga sudah menyiapkan ruang tunggu khusus pelanggan KA Bandara.

Tak hanya itu, KAI juga telah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) perusahaan yang nantinya akan bertugas untuk melayani para pelanggan serta menjalankan operasional KA Bandara.

Joni menjelaskan, terkait detail pengoperasian perjalanan KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta-Stasiun Bandara YIA, pihaknya masih menunggu arahan resmi dari pemerintah.

“Kami klarifikasi bahwa info terkait detail pengoperasian KA Bandara rute Stasiun Yogyakarta-Stasiun Bandara YIA pulang-pergi (pp) sampai saat ini masih belum ditetapkan,” papar Joni.

Saat ini, kata Joni, KAI terus berkoordinasi secara intensif dengan berbagai pihak terkait rencana pengoperasian KA Bandara tersebut.

Kehadiran KA Bandara YIA diharapkan mampu membantu pemulihan perekonomian masyarakat dan mendukung konektivitas ke berbagai destinasi wisata yang ada di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Kehadiran KA Bandara itu juga akan melengkapi layanan kereta api yang terintegrasi dengan layanan pesawat di bandara.

“KAI siap mendukung penuh berbagai program pemerintah untuk meningkatkan konektivitas masyarakat dalam hal bertransportasi. Hadirnya integrasi antarmoda antara kereta api dan pesawat ini akan memberikan kemudahan kepada pelanggan melalui moda transportasi yang nyaman dan tepat waktu,” ucap Joni.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com