Advertorial

Siasati Belanja Online dengan 5 Trik Ini agar Semakin Hemat

Kompas.com - 13/08/2021, 12:36 WIB
Ilustrasi harga murah yang bisa kamu dapatkan saat belanja online. Pexels/Max FischerIlustrasi harga murah yang bisa kamu dapatkan saat belanja online.

KOMPAS.com – Tidak dapat dimungkiri, saat ini gaya belanja masyarakat sudah berubah dari transaksi konvensional menjadi online.

Sebagian orang merasa mendapatkan kemudahan sekaligus saat berbelanja online. Selain fleksibel, belanja online dianggap lebih aman dan nyaman karena bisa dilakukan kapan dan di mana saja.

Tidak hanya itu, belanja melalui marketplace juga bisa berkesempatan mendapatkan berbagai promo yang jarang ditemukan saat berbelanja offline.

Terlebih, konsumen juga dapat membandingkan dari satu toko ke toko lain untuk mendapatkan harga terbaik.

Sebenarnya, ada beragam trik untuk mendapatkan harga termurah saat berbelanja online. Ikuti tips berikut untuk berbelanja online tanpa harus merogoh kocek lebih dalam.

  1. Cari yang menawarkan gratis ongkir

Salah satu penawaran menarik yang sering kali didapatkan saat berbelanja melalui marketplace adalah gratis ongkos kirim (ongkir).

Dengan penawaran gratis ongkir, artinya kamu tak akan dibebankan biaya tambahan selain harga barang itu sendiri.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Kamu pun hanya tinggal menunggu pesanan diantar oleh kurir hingga sampai ke depan rumah setelah selesai memesannya melalui smartphone. Mudah dan hemat, bukan?

  1. Beli beberapa barang sekaligus

Pada saat berbelanja online, ongkir biasanya dihitung per kilogram (kg). Saat kamu membeli barang dengan berat 200 gram, misalnya, beban ongkir tetap dihitung seharga 1 kg.

Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa membeli beberapa barang sekaligus pada toko yang sama. Dengan begitu, ongkir yang dibebankan tidak membuatmu rugi.

Umumnya, toko online juga kerap menawarkan harga barang yang lebih murah jika melakukan pembelian dalam jumlah besar. Kamu bisa memanfaatkan hal ini sebagai kesempatan menyimpan stok cadangan barang atau untuk dijual kembali.

  1. Filter barang

Marketplace biasanya dilengkapi filter dengan opsi tertentu untuk memudahkan konsumen saat melakukan pencarian barang, seperti lokasi, penilaian barang, dan harga.

Kamu pun bisa memanfaatkan filter tersebut saat mencari barang yang diinginkan. Contohnya, pakai filter asal pengiriman barang untuk mencari barang dengan jarak terdekat. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan ongkir lebih murah dibandingkan berbelanja di toko dari daerah lain.

Sementara filter harga dapat digunakan untuk memilih barang dengan nominal minimum dan maksimum dari harga barang yang diinginkan.

Pada saat bersamaan, kamu juga dapat melihat penilaian konsumen pada sejumlah online shop. Lewat filter ini, kamu dapat menilai apakah barang yang hendak dibeli direkomendasikan atau tidak.

  1. Pilih jasa kirim yang paling murah

Sering kali penyedia layanan jasa kirim memiliki selisih harga Rp 1.000-Rp 3.000 per kg. Ketika berbelanja lebih dari 1 kg, selisih tersebut pun menjadi berlipat ganda.

Hal tersebut dapat kamu siasati dengan memilih opsi jasa kirim termurah ke tempat tujuan. Dengan begitu, selisih harga bisa disimpan atau dibelanjakan untuk barang lain.

  1. Manfaatkan promo

Terakhir, memanfaatkan sejumlah promo yang diselenggarakan di marketplace, seperti Waktu Indonesia Belanja (WIB) TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun Tokopedia.

Untuk diketahui, WIB TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun Tokopedia merupakan program promo rutin yang dilangsungkan marketplace Tokopedia setiap bulan.

Kali ini, promo tersebut bertepatan dengan ulang tahun ke-76 Republik Indonesia dan ke-12 Tokopedia. Adapun promo ini digelar pada 17-31 Agustus 2021.

Melalui promo WIB Ulang Tahun Tokopedia, pengguna bisa menikmati beragam keuntungan menarik yang berlaku untuk berbagai kategori produk di Tokopedia.

Tak hanya itu, marketplace tersebut juga memanjakan penggunanya dengan menghadirkan dua topboyband Korea Selatan, yaitu BTS dan NCT Dream.

Penonton dapat menyaksikan gelaran konten ekslusif dari BTS dan NCT Dream melalui Tokopedia Play pada 18, 24, dan 25 Agustus 2021.

Dengan kehadiran BTS dan NCT Dream di WIB TV Show, pengguna bisa menyaksikan penampilan keduanya sekaligus menikmati berbagai promo menarik dari Tokopedia.

Jadi, tunggu apalagi? Segera set alarm handphone kamu untuk menikmati kemeriahan WIB TV Show Spesial Traktiran Ulang Tahun Tokopedia bersama BTS dan NCT Dream, ya!

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.