Advertorial

Tangguh Menerjang Segala Medan, seperti Ini Fitur Keamanan dan Performa Mitsubishi Triton

Kompas.com - 17/08/2021, 09:00 WIB
Mitsubishi Triton Dok. Mitsubishi IndonesiaMitsubishi Triton

KOMPAS.com - Pickup double cabin (Dcab) atau pikap kabin ganda merupakan jenis mobil yang kerap dipakai untuk kebutuhan off-road. Ini dikarenakan kendaraan tersebut tangguh menerjang segala medan, mulai dari trek berlubang, berlumpur, berbatu, berpasir, hingga curam.

Adapun merek pikap kabin ganda yang digemari kalangan pencinta double cabin atau otomotif secara luas adalah Mitsubishi Triton.

Berdasarkan data PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Mitsubishi Triton menjadi merek terlaris dalam segmen kendaraan penumpang dan niaga ringan pada semester I 2019. Penjualannya mencapai 7.747 unit dengan jumlah market share nasional sebesar 65 persen.

Capaian tersebut berlanjut hingga 2020. Saat itu, Mitsubishi Triton mampu merajai pasar kelas pikap 4x4 dengan pangsa pasar mencapai 53,6 persen.

Ketangguhan Mitsubishi Triton dalam menerjang berbagai medan jalan tak terlepas dari fitur keamanan yang tersemat. Salah satunya, struktur rangka bodi Reinforced Impact Safety Evolution (RISE).

Sebagai informasi, RISE merupakan teknologi rangka bodi yang terbuat dari high tensile metal. Penggunaan bahan ini membuat bodi Mitsubishi Triton kuat terhadap benturan. Saat terjadi tabrakan hebat, fitur tersebut mampu menjaga kabin dan interior tetap utuh.

Dengan keunggulan tersebut, ditambah kehadiran tujuh air bag yang terdapat pada bagian kabin depan dan belakang, keamanan penumpang pun lebih terjamin.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur keselamatan lain yang dimiliki Mitsubishi Triton adalah Hill Descent Control (HDC). Fitur ini membantu pengemudi mengontrol katup untuk menjaga kecepatan kendaraan di berbagai kondisi jalan.

Saat berkendara di perbukitan yang curam, misalnya, fitur tersebut akan menyalakan rem secara otomatis sehingga pengemudi dapat berkonsentrasi pada kendali setir.

Untuk mengaktifkan HDC, pengemudi cukup menekan tombol fitur yang telah disediakan. Posisinya berada di sebelah tombol Off Road Mode dan di atas kenop Super Select 4WD-II. Setelah itu, indikator HDC akan tampak pada layar instrumen mobil bagian atas.

Demi mendukung performa off-road, Mitsubishi Triton telah dilengkapi Super Select 4WD-II dengan empat pilihan mode berkendara, yaitu 2H, 4H, 4HLc, dan 4LLc. Saat mode off-road aktif, tarikan mobil akan lebih stabil dan secara otomatis mengikuti medan yang dilalui.

Selain kedua fitur tersebut, Mitsubishi Triton juga memiliki Blind Spot Warning (BSW). Radar sensor yang terdapat pada bumper belakang ini berfungsi memperingatkan kendaraan akan kehadiran kendaraan di blind spot belakang, kanan, dan kiri mobil.

Performa gahar

Selain memberikan keamanan saat berkendara di medan sulit, Mitsubishi Triton juga punya performa gahar. Hal tersebut tak terlepas dari mesinnya yang bertenaga.

Sejak 2014, mobil yang sebelumnya bernama Mitsubishi Strada L200 itu sudah menggunakan mesin diesel berkode 4N15 berkapasitas 2,4 liter dengan sistem Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control (MIVEC).

Dapur pacu tersebut membuat Mitsubishi Triton mampu menghasilkan tenaga 100 PS pada 3.500 revolution per minute (rpm) dengan torsi 317 Nm pada 1.500-2.500 rpm.

Tak hanya bertenaga, mesin tersebut juga dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi karbon dioksida (CO2) secara signifikan.

Soal bahan bakar, Mitsubishi Triton dapat menggunakan solar murah selama spesifikasinya sesuai dengan mesin. Ini mengingat ketersediaan bahan bakar high speed diesel (HSD) belum merata.

Karena diperuntukkan untuk off-road, Mitsubishi Triton memiliki pengaturan suspensi double wishbone pada bagian depan dan rigid-axle pada bagian belakang. Kedua fitur ini membuat sensasi berkendara tetap terasa nyaman sekalipun melewati jalanan berkontur kasar.

Dari segi transmisi, mobil berdesain Dynamic Shield tersebut mengusung girboks enam percepatan, baik manual maupun otomatis. 

Untuk seri terbaru Triton, Mitsubishi mengeluarkan enam varian dengan kisaran harga mulai dari Rp 247,5 juta untuk varian terendah dan Rp 492,65 juta untuk varian teratas.

Silakan kunjungi tautan ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai varian terbaru Mitsubishi Triton.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.