Advertorial

Jenuh di Rumah Terus? Saatnya Ganti Karpet, Berikut 3 Tipsnya

Kompas.com - 17/08/2021, 21:36 WIB
Ilustrasi Dok. ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 memaksa semua orang untuk lebih banyak beraktivitas di rumah. Tidak dapat dimungkiri, berada di rumah saja dalam jangka waktu lama membuat jenuh dan tidak bersemangat.

Meski begitu, beraktivitas di rumah saja merupakan langkah paling bijak untuk mencegah diri terpapar virus. Lagi pula, kegiatan di luar rumah juga terbatas karena pemerintah masih menerapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Oleh karena itu, kamu perlu mencari cara agar jenuh tidak berkepanjangan. Merombak tampilan ruangan rumah bisa jadi pilihan tepat.

Tidak perlu merenovasi ruangan di rumah secara besar-besaran. Kamu bisa mencoba menata ulang dengan langkah sederhana. Selain memadukan warna dinding dengan furnitur dan aksesori, menambahkan elemen karpet dengan desain unik bisa jadi alternatif untuk mempercantik ruangan.

Selain menambah keindahan ruangan, karpet membantu mengendalikan suhu ruangan, meredam suara, menghangatkan kaki, dan memberikan rasa nyaman.

Berikut Kompas.com rangkumkan tips memilih karpet yang sesuai untuk menata ulang ruangan.

  1. Bahan karpet

Melansir decortips.com, Kamis (16/7/2020), bahan karpet merupakan unsur penting yang patut dipertimbangkan. Pasalnya, selain memengaruhi kenyamanan, bahan juga menentukan daya tahan penggunaan dan tampilan ruangan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun bahan karpet yang bisa dipilih adalah polyester. Bahan ini tergolong lembut dan tahan terhadap noda.

Selain polyester, ada pula triexta. Bahan ini tahan terhadap kelembapan udara dan noda dengan biaya perawatan yang terjangkau. Karena itu, triexta cocok digunakan pada area yang sering dijadikan untuk beraktivitas.

Alternatif lainnya adalah nilon yang diklaim sebagai bahan paling tahan lama dan olefin (polyproylene) yang tahan terhadap jamur sehingga tidak mudah pudar.

  1. Motif dan warna

Sesuaikan warna karpet dengan tema ruangan. Bila ruangan berwarna cerah, pilihlah warna karpet yang tidak terlalu ramai atau memilih karpet polos.

Bila ruang dipenuhi warna-warna lembut, seperti putih, krem, broken white, dan coklat, pilihlah warna karpet dengan warna mencolok. Misalnya saja, merah marun, oranye, atau perpaduan beberapa warna.

Untuk memberi kesan luas, karpet warna muda, seperti broken white, bisa jadi pilihan. Karpet berwarna muda juga cocok diterapkan pada lantai berwarna gelap, seperti abu-abu, bila menggunakan granit atau coklat bila menggunakan parket.

Dari segi motif, jangan memilih dengan ukuran besar atau desain yang terlalu rumit. Sebaliknya, pilihlah karpet bercorak garis sehingga ruangan terlihat lebih leluasa.

  1. Ukuran

Tak kalah penting, ukuran karpet juga harus diperhatikan. Jangan sampai penambahan elemen karpet justru membuat ruangan terlihat sempit dan sesak.

Panduan sederhananya, karpet sebaiknya tidak menutupi lebih dari 50 persen luas alas ruangan.

Jika diletakkan pada ruang tamu di depan sofa, pilih karpet yang berukuran 150 cm x 200 cm. Ukuran ini dianggap ideal karena membuat ruangan tampak seimbang dan menyatu dengan furnitur lain.

Sementara, bila diletakkan di ruang keluarga, pilih karpet yang berukuran 200 cm x 250 cm. Ukuran ini terbilang cukup luas, sehingga bisa menampung banyak anggota keluarga saat duduk secara lesehan.

Adapun karpet lantai pada kamar tidur biasanya diletakkan di bawah ranjang, yakni sebagai batas transisi penghuninya sebelum beranjak istirahat. Oleh karena itu, setidaknya sediakan ruang selebar 36 inci pada karpet yang mengelilingi tempat tidur.

Nah, itulah tiga tips memilih karpet yang bisa kamu terapkan untuk menata ulang ruang pada hunian.

Untuk mendapatkan karpet dengan beragam motif dan ukuran, kamu bisa mencarinya di Tokopedia. Mulai dari karpet dengan gaya vintage, minimalis, hingga abstrak dengan aneka bahan.

Kamu pun bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan konsep ruangan yang diinginkan. Perlu diingat, selain memperhatikan kualitas karpet, harga juga harus dipertimbangkan, terutama bagi kamu yang berniat membelinya di akhir bulan saat sudah gajian.

Agar tidak boncos, belanja karpet kini semakin hemat dengan memanfaatkan gratis ongkir Tokopedia. Dengan begitu, kamu lebih untung dan bisa mengalokasikan anggaran untuk membeli kebutuhan rumah tangga lainnya.

Untuk mendapatkan karpet dengan gratis ongkir di Tokopedia caranya mudah, yaitu memilih produk yang memiliki lambang “Bebas Ongkir”.

Tidak hanya bebas ongkir, kamu juga dapat menikmati berbagai promo menarik lainnya di Tokopedia, seperti promo Flash Sale kejar diskon, WIB Tokopedia, dan promo spesial Kolaborasi Anak Bangsa.

Nah, tunggu apa lagi, berbelanja di Tokopedia semakin irit bukan?

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.