Advertorial

Tetap Produktif Selama PPKM, Ini 3 Manfaat Minum Kopi Selama Pandemi

Kompas.com - 19/08/2021, 10:35 WIB

KOMPAS.com – Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat di Indonesia membuat mobilitas masyarakat menjadi terhambat. Kegiatan santai-santai, seperti kongko atau berkumpul bersama teman dan sahabat di kedai kopi atau kafe, harus pula ditunda.

Meski acara kumpul-kumpul harus ditangguhkan untuk sementara waktu, bukan berarti kegiatan minum kopi hitam harus ditinggalkan. Terlebih, aktivitas yang satu ini sudah menjadi budaya di masyarakat. 

Seperti diketahui, tak sedikit orang punya hobi minum kopi hitam untuk menemani segala aktivitasnya. Sebab, kandungan kafein pada kopi hitam mampu membuat seseorang terjaga, fokus, energik, dan tidak mengantuk selama beberapa waktu. Dengan begitu, seseorang yang mengonsumsinya merasa dapat lebih produktif saat melakukan sesuatu.

Minum kopi pada dasarnya memang punya sejumlah manfaat. Jika dikonsumsi dalam jumlah sedang, jenis minuman ini mampu menambah asupan nutrisi harian yang dibutuhkan tubuh.

Dikutip dari laman Healthline, secangkir kopi mengandung berbagai nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, yakni vitamin B5, B1, B3, serta B2, folat, mangan, kalium, magnesium, dan fosfor.

Lalu, apa saja manfaat dari kopi hitam? Simak ulasannya berikut.

  1. Baik untuk kesehatan

Kopi memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan bila dikonsumsi sesuai takaran. Pasalnya, kopi mengandung antioksidan tinggi yang diperlukan untuk melawan radikal bebas. Selain itu, nutrisi pada kopi juga mampu mengurangi risiko penyakit kronis.

Dilansir dari Boldsky.com, meminum 3-4 cangkir kopi tanpa gula setiap hari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 25 persen.

Selain itu, menurut penelitian berjudul “Coffee, Decaffeinated Coffee, and Tea Consumption in Relation to Incident Type 2 Diabetes Mellitus: a Systematic Review with Meta-analysis” yang dilakukan Rachel Huxley et.al. pada 2009 menyimpulkan, setiap tambahan satu cangkir kopi tanpa gula dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2 sebesar 7 persen.

Tidak hanya itu, minum kopi juga dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Menurut penelitian dari Framingham Heart Study, orang yang mengonsumsi 1-2 gelas kopi tanpa gula per hari mengalami penurunan risiko gagal jantung sebanyak 5-12 persen. Kopi dengan kafein atau nonkafein sama-sama bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Adapun manfaat lain dari kopi adalah meningkatkan energi, memperbaiki kinerja fisik, melindungi kesehatan hati, mengurangi risiko penyakit Alzheimer, parkinson, dan demensia. Bahkan, kopi dapat membantu membakar lemak dan mencegah risiko depresi.

  1. Menurunkan risiko terkena Covid-19

Menurut profesor di Fakultas Kedokteran Northwestern University Marilyn Cornelis, nutrisi yang dikonsumsi seseorang berdampak terhadap kekebalan tubuh. Hal ini menjadi kunci dari kerentanan dan reaksi setiap orang terhadap penyakit menular, termasuk Covid-19.

Sebuah studi yang dilakukan peneliti dari Northwestern University di Chicago, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa mengonsumsi kopi dan sayuran dapat memberikan perlindungan terhadap Covid-19.

Penelitian itu dilakukan menggunakan data UK Biobank untuk memeriksa hubungan antara perilaku diet dari 2006-2010 dan infeksi Covid-19 dari Maret-November 2020 pada orang yang sama. Studi tersebut melibatkan hampir 38.000 orang yang telah menerima tes Covid-19 dan sekitar 17 persen dinyatakan positif terpapar virus.

Tim peneliti menemukan bahwa nutrisi pada kopi kemungkinan memberikan tingkat perlindungan terhadap virus corona.

Misalnya, mengonsumsi satu cangkir kopi atau lebih dalam sehari dikaitkan dengan penurunan risiko Covid-19 sebanyak 10 persen jika dibandingkan mengonsumsi kurang dari satu cangkir kopi setiap hari.

Hal tersebut dikarenakan jumlah kafein yang besar dalam sajian kopi membuat minuman ini mampu melindungi pengonsumsinya dari virus dibandingkan minuman berkafein lainnya, seperti teh.

Meski demikian, mengonsumsi kopi tetap harus diimbangi dengan nutrisi lainnya yang berasal dari buah-buahan dan biji-bijian agar tubuh lebih optimal untuk menghalau banyak penyakit, termasuk juga Covid-19.

  1. Menjaga kesehatan mental

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, mengonsumsi kopi dapat meningkatkan kesehatan mental. Pasalnya, kafein yang terkandung dalam kopi mampu meningkatkan energi dan menjaga mood.

Tak hanya itu, kandungan polifenol alami pada kopi dapat bertindak sebagai antioksidan yang mengurangi stres oksidatif. Zat ini bermanfaat bagi orang yang memiliki gejala depresi karena dapat bertindak sebagai antidepresan.

Menurut penelitian berjudul “Coffee, Caffeine, and Risk of Depression Among Women” pada 2011 yang dilakukan Michael Lucas et. al. pada 50.730 wanita membuktikan hal tersebut.

Responden penelitian yang minum setidaknya empat cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko depresi sebesar 20 persen dibandingkan mereka yang minum secangkir kopi atau tidak sama sekali.

Sementara itu, dilansir dari situs American Psychological Association, penelitian terhadap 43.600 pria menunjukkan bahwa mereka yang minum dua hingga tiga cangkir kopi sehari berkorelasi dengan penurunan risiko bunuh diri sebesar 50 persen.

Segala manfaat itu bisa didapat selama kopi dikonsumsi dengan takaran yang tepat. Seperti telah disebutkan, kopi dapat mengurangi kecemasan dan memperbaiki suasana hati. Namun, sebaliknya, bila dikonsumsi secara berlebihan, kafein pada kopi dapat menyebabkan kecemasan, kegelisahan, serta membuat orang sulit tidur.

Untuk mendapatkan manfaat maksimal dari kopi, kamu bisa meminum 3-4 cangkir kopi per hari. Menurut European Food Safety Authority, batas aman konsumsi kafein untuk orang dewasa tanpa riwayat penyakit tertentu adalah 400 miligram (mg) per hari. Jumlah tersebut setara dengan 4 cangkir kopi, 2 kaleng minuman berenergi, dan 10 kaleng minuman bersoda.

Ada baiknya kamu mengonsumsi kopi hitam yang diproses dari jenis biji kopi dan cara pengolahan kopi terbaik. Salah satunya adalah kopi hitam yang siap menemani waktu mengopi kamu selama PPKM. Walau harus bekerja di rumah, kamu bisa tetap produktif dengan secangkir kopi hitam yang siap menemani aktivitas kamu.

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.