Advertorial

Jangan Salah Pilih, Kenali Perbedaan Headset, Headphone, dan Earphone

Kompas.com - 19/08/2021, 14:29 WIB
Ilustrasi headset. Dok. ShutterstockIlustrasi headset.

KOMPAS.com – Pemerintah kembali memperpanjang kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) hingga Kamis (26/8/2021). Ini berarti, masyarakat harus mengurangi berbagai aktivitas di luar rumah. 

Kebijakan tersebut pun membuat masyarakat menjadi lebih dekat dengan kegiatan online

Selain lebih mengenal berbagai aplikasi online, masyarakat juga terbiasa dengan aksesori penunjangnya. Salah satunya, aksesori untuk mendengarkan audio. Aksesori yang banyak dikenal sebagai headsetini ternyata memiliki beberapa jenis dengan nama dan kegunaan yang berbeda pula.

Ternyata pulam headset merupakan salah satu dari beberapa jenis tersebut. Agar tidak salah beli, berikut tiga aksesoris audio yang bisa kamu pilih untuk temani aktivitas di rumah. 

Headphone

Headphone memiliki dua buah speaker yang ditempatkan di telinga kanan dan kiri. Speaker tersebut disambungkan oleh sebuah bando yang berfungsi untuk menyangga di atas kepala. 

Pada speaker juga tersemat peredam suara. Dengan demikian, kamu tidak akan terganggu dengan suara-suara dari luar. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Diproduksi dengan kualitas suara yang mumpuni, headphone hanya memiliki satu fungsi, yaitu mendengarkan audio. Kamu dapat menggunakan headphone untuk menonton film atau video musik favorit melalui komputer atau laptop. 

Headset

Headset memiliki bentuk yang sama seperti headphone. Namun, pada headset tersemat mikrofon yang berfungsi untuk berkomunikasi. Mikrofon pada headset biasanya dikaitkan pada salah satu speaker

Headset biasa digunakan oleh gamer, baik untuk sekadar bermain game maupun streaming. Keberadaan mikrofon memudahkan mereka untuk berkoordinasi dengan pemain satu tim. Kamu bisa memilih headset dengan kabel atau headset Bluetooth tanpa kabel.

Selain itu, headset juga dapat digunakan untuk rapat virtual melalui aplikasi Zoom atau Google Meet work from home (WFH). Headset terbaik untuk Zoom bisa kamu beli secara online di Tokopedia. 

Earphone

Earphone memiliki desain yang lebih kecil dibandingkan headphone atau headset. Karena kecil, speaker pada perangkat ini dapat masuk ke lubang telinga. Fungsi perangkat itu sama seperti headset, yakni untuk mendengarkan audio dan berkomunikasi dua arah. 

Umumnya, earphone memiliki kabel yang dicolokkan pada smartphone. Kini, earphone nirkabel juga sudah banyak dijual di pasaran. 

Earphone dengan teknologi Bluetooth dan true wireless stereo (TWS) pun digandrungi generasi muda karena lebih praktis dibandingkan earphone konvensional.

Dengan earphone nirkabel, pengguna takkan terhambat oleh kabel. Aktivitas olahraga atau rapat virtual pun dapat lebih nyaman dilakukan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.