Advertorial

Sulit Tidur hingga Kerap Alergi, Ini 5 Tanda Anda Harus Beli Kasur Baru

Kompas.com - 20/08/2021, 14:13 WIB
Ilustrasi orang yang mengalami gangguan tidur. DOK. ShutterstockIlustrasi orang yang mengalami gangguan tidur.

KOMPAS.com – Kasur merupakan salah satu perabotan rumah yang jadi kebutuhan primer sebagian besar orang. Pasalnya, dengan menghitung kebutuhan tidur selama 8 jam setiap harinya, sepertiga hidup seseorang dihabiskan di tempat tidur atau matras.

Mempertimbangkan hal itu, penting untuk membuat kasur tetap nyaman dipakai. Selain harus rajin dibersihkan, seperti perabotan lain, kasur juga memiliki batas waktu penggunaan. 

Kasur yang digunakan selama bertahun-tahun rentan jebol dan kualitas materialnya semakin berkurang.

Sayangnya, tidak mudah untuk berpisah dengan kasur yang sudah bertahun-tahun digunakan. Terlebih, bagi orang yang masih tinggal seorang diri dan sudah terlanjur nyaman dengan kasur yang digunakan.

Meski demikian, kamu tidak boleh mengabaikan fakta bahwa kasur yang sudah tua dapat mengurangi kualitas tidur seseorang. Solusinya, kamu perlu menggantinya dengan yang baru.

Lalu, apa saja tanda kasur harus diganti? Simak ulasannya di bawah ini.

  1. Kasur sudah berusia lebih dari 7 tahun

Salah satu pertimbangan mengganti kasur adalah umur pemakaian kasur. Meski kasur masih nyaman digunakan, kamu harus memeriksa setiap komponen dan memastikannya masih layak dipakai.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pasalnya, kasur menanggung berbagai beban, mulai dari berat badan, kelembaban, paparan keringat, debu, sampai kutu.

Kamu bisa mempertimbangkan membeli kasur baru setelah perabotan ini digunakan selama 7-10 tahun. Terlebih, jika kasur sudah menunjukkan tanda-tanda akan rusak. Mungkin saja kasur baru bisa meningkatkan kualitas tidurmu menjadi lebih baik.

  1. Kasur sudah kempis atau tidak rata

Kasur yang sudah lama digunakan akan kehilangan kelenturan atau mengalami kempis. Perlu diketahui, kasur yang kempis tidak mampu mengikuti fleksibilitas gerak badan.

Selain itu, kasur yang kendur atau tidak rata juga berbahaya jika terus-menerus digunakan. Sebab, kamu bisa terjatuh ke sisi yang lebih rendah saat tidur. Terkadang, tidur di atas kasur yang tidak rata dapat membuat penggunanya sakit punggung.

  1. Kasur jadi sarang tungau

Kasur merupakan salah satu tempat favorit tungau berkembang biak. Apalagi, jika jarang dibersihkan dan berada dalam ruangan yang lembap

Kehadiran tungau di kasur bisa membawa masalah kesehatan, seperti asma dan alergi. Salah satu gejala alergi di kasur adalah mata bengkak dan berair setelah bangun tidur. Alergi yang berlarut-larut dapat memperburuk alergi lama yang sudah pernah dialami.

Karenanya, bila kasur kamu menjadi sarang tungau dan kerap membuat alergi, ada baiknya segera diganti.

  1. Sulit tidur

Biasanya, orang yang sudah mengantuk hanya membutuhkan waktu selama 10-20 menit untuk tidur. Namun, bila kamu sering susah tidur, bisa jadi permasalahannya terletak pada kasur yang sudah tidak nyaman digunakan.

Selain itu, kasur yang tidak nyaman juga dapat menyebabkan kamu kerap terbangun pada tengah malam lalu sulit untuk tidur kembali.

Bila sering mengalami hal itu, ada baiknya kamu mengganti kasur lama dengan yang baru. Jangan biarkan dirimu berhari-hari tidak bisa tidur nyenyak karena dapat mengganggu kesehatan tubuh. Pertimbangkan untuk membeli kasur baru agar bisa mendapatkan istirahat yang cukup.

  1. Lebih nyaman tidur di tempat lain

Kamu lebih nyaman atau cepat tidur di sofa dibandingkan di kasur? Itu tandanya kamu harus segera mengganti kasur lama dengan yang baru.

Walau tetap bisa tidur, sofa tidak didesain sebagai tempat tidur. Secara fungsi, sofa tidak didesain untuk mampu menjadi bantalan pada seluruh bagian badan. Tak jarang, orang yang kerap tidur di sofa kerap mengalami pegal-pegal di berbagai bagian tubuh.

Dengan demikian, jangan sesekali membiasakan diri tidur pada benda yang secara fungsi bukan untuk berbaring dan istirahat.

Bila kasur lama sudah tidak mampu membuat kamu tidur nyenyak, ada baiknya kamu membeli kasur baru yang bisa didapat dengan mudah di e-commerce.

Salah satu e-commerce yang menyediakan produk kasur berkualitas dari brand terkini adalah Tokopedia. Tokopedia menyediakan berbagai kasur dari brandInthebox yang sedang digandrungi milenial.

Untuk diketahui, kasur Inthebox memiliki berbagai tipe, mulai dari Inthebox X, Inthebox 101, Inthebox Hybrid, hingga Inthebox Plus. Harga kasur Inthebox pun bervariasi, mulai dari Rp 999.000 hingga Rp 2.499.000.

Selain itu, kamu bisa mendapatkan diskon hingga 30 persen, gratis bantal, dan gratis ongkos kirim untuk pembelian produk Inthebox selama periode 17-31 Agustus 2021 di Tokopedia.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk, langsung pesan produk Inthebox di Tokopedia untuk mendapatkan diskon dan promo menarik lainnya selama persediaan masih ada.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.