Advertorial

Sering Diabaikan, Ini 5 Manfaat Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui

Kompas.com - 20/08/2021, 18:16 WIB
Ilustrasi pemakaian tabir surya di siang hari. Dok. ShutterstockIlustrasi pemakaian tabir surya di siang hari.

KOMPAS.com Sunscreen atau tabir surya menjadi produk yang wajib disertakan dalam pemakaian skincare rutin di siang hari, khususnya oleh masyarakat Indonesia. Pasalnya, Indonesia merupakan negara tropis yang memiliki intensitas paparan sinar matahari tinggi.

Sunscreen memiliki kandungan sun protection factor (SPF) dan protection grade of UVA (PA). Dengan dua kandungan ini, risiko terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari atau ultraviolet (UV) dapat diminimalisasi.

Selain mampu melindungi kulit dari paparan sinar matahari ketika ke luar rumah, sunscreen juga memiliki beragam manfaat baik untuk penggunanya walau digunakan di dalam rumah. Simak ulasannya berikut ini.

  1. Lindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari

Paparan sinar matahari dalam jangka pendek dapat menyebabkan efek berupa kulit memerah, kering, mengelupas, dan perih. 

Sementara, efek jangka panjangnya dapat menyebabkan flek hitam, kulit terbakar atau sunburn, hingga kanker kulit.

Kamu bisa meminimalisasi hal tersebut dengan rajin menggunakan sunscreen. Untuk diketahui, sinar UV juga bisa masuk ke dalam rumah melalui jendela. Oleh sebab itu, sunscreen juga wajib digunakan meski kamu beraktivitas di rumah saja. Terlebih, jika aktivitasmu ada di area yang dekat dengan jendela. 

  1. Mencegah penuaan dini

Sinar matahari memiliki beberapa jenis, seperti UVA dan UVB. Sinar UVA bisa menyebabkan kerusakan pada kulit yang menyebabkan penuaan dini. Sementara, sinar UVB dapat memicu sensasi perih terbakar, bahkan kanker kulit dalam jangka panjang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti diketahui, penggunaan sunscreen secara rutin dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB.

Jika rutin menggunakannya, kulit akan tampak sehat dan lebih muda. 

  1. Meningkatkan nutrisi kulit

Tidak hanya memberikan perlindungan, sejumlah produk sunscreen juga mengandung nutrisi penting untuk kulit, seperti kolagen, keratin, dan elastin.

Beragam nutrisi tersebut diperlukan kulit agar tetap halus, lembap, dan sehat.

  1. Mencegah komedo

Salah satu penyebab munculnya komedo adalah paparan sinar matahari yang berlebihan. Tidak hanya itu, jika kamu memiliki wajah yang mudah berjerawat, paparan sinar matahari yang berlebihan juga dapat memicu kondisi jerawat jadi lebih buruk.

Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk memakai sunscreen secara rutin. Jangan lupa untuk memilih produk sunscreen yang sesuai dengan jenis dan kebutuhan kulit wajah.

  1. Meratakan warna kulit

Terlalu lama terkena paparan sinar matahari sering kali menyebabkan sejumlah area tertentu pada kulit menjadi lebih gelap atau hiperpigmentasi. 

Dengan rutin memakai sunscreen, warna kulit yang tidak merata akibat hiperpigmentasi itu dapat diatasi. Bahkan, sunscreen juga bisa digunakan untuk langkah pencegahan. Jadi, ada baiknya kamu rutin menggunakannya sebelum warna kulit berubah akibat paparan sinar matahari.

Salah satu produk sunscreenbest seller yang bisa kamu gunakan adalah Emina Sun Protection. Dengan kandungan SPF 30 PA+++, Emina Sun Protection dapat melindungi kulit dari beragam dampak buruk yang ditimbulkan oleh paparan sinar matahari yang berlebih.

Emina Sun Protection juga memiliki tekstur yang ringan dan tidak lengket karena dibuat dengan aqua, butylene glycol, dan propylene glycol.

Beragam kandungan tersebut membuat Emina Sun Protection mudah dan cepat menyerap ke kulit tanpa menimbulkan rasa lengket sehingga cocok digunakan setiap hari.

Sebelum menggunakan sunscreen, ada baiknya kamu juga mengaplikasikan moisturizer untuk mendapatkan hasil kulit sehat dan cerah yang lebih maksimal. Misalnya, dengan menggunakan Emina Bright Stuff Moisturizing Cream.

Moisturizer besutan Emina tersebut memiliki kandungan vitamin E, ekstrak buah plum, dan SPF 15. Beragam kandungan ini cocok dipakai untuk kamu yang memiliki masalah kulit kusam dan noda bekas jerawat yang sulit dihilangkan.

Tidak hanya itu, kamu juga akan mendapatkan hasil kulit wajah lebih cerah sejak pemakaian pertama karena Emina Bright Stuff Moisturizing Cream memiliki efek tone up.

Untuk mendapatkan Emina Sun Protection, Bright Stuff Moisturizing Cream, dan beragam produk Emina lainnya, kamu bisa mengunjungi Emina Official Store melalui marketplace Tokopedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.