Advertorial

Dukung Percepatan Herd Immunity, Tiga Menteri Ini Tinjau Vaksinasi Covid-19 di PEM AKAMIGAS

Kompas.com - 22/08/2021, 22:05 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau kegiatan Vaksinasi Merdeka yang difasilitasi PT Pertamina (Persero) Bersama tiga kementerian di Gedung AKAMIGAS, Cepu, Blora, Jawa Tengah Dok. PertaminaMenteri BUMN Erick Thohir, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau kegiatan Vaksinasi Merdeka yang difasilitasi PT Pertamina (Persero) Bersama tiga kementerian di Gedung AKAMIGAS, Cepu, Blora, Jawa Tengah

KOMPAS.com - Dalam rangka mendukung program pemerintah untuk mencapai herd immunity, tiga menteri Kabinet Indonesia Maju meninjau langsung kegiatan vaksinasi di Politeknik Energi dan Mineral (PEM) Akademi Minyak dan Gas Bumi (AKAMIGAS), Kecamatan Cepu, Kabupaten Blora, Minggu (22/8/2021).

Tiga menteri tersebut, yakni Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, serta Menteri Sekretariat Negara (Mensesneg) Pratikno.

Kegiatan itu merupakan salah satu bentuk dukungan PT Pertamina (Persero) bersama tiga kementerian, yaitu Kementerian BUMN, Kementerian Perhubungan (Kemenhub), dan Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai herd immunity dengan memfasilitasi pemberian vaksin di beberapa daerah secara serentak.

Adapun kegiatan vaksinasi tersebut dilaksanakan di tiga titik, yakni Politeknik Energi dan Mineral (PEM) AKAMIGAS, Dolokgede, dan SMP 1 Padangan Kabupaten Bojonegoro, Jawa Tengah.

Dalam kesempatan itu, Menteri BUMN Erick Thohir menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi yang melibatkan Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri), perusahaan BUMN, dan pemerintah daerah (pemda) tersebut merupakan bukti bahwa pemerintah ingin masyarakat sehat.

"Seperti yang Bapak dan Ibu lihat, perhatian dan usaha keras pemerintah melaksanakan program vaksinasi secara nasional agar terbentuk herd immunity tak henti kami kerjakan dan akan terus digencarkan," ujar Erick Thohir dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu.

Sementara itu, Mensesneg Pratikno mengajak seluruh pihak bersama-sama mendukung dan mempercepat program vaksinasi. Sebab, menurut dia, vaksinasi menjadi satu langkah penting untuk mengendalikan pandemi Covid-19.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Jadi, vaksinasi salah satu pintu penting, tentu saja protokol kesehatan (prokes) dan hal-hal lain yang bisa mengurangi risiko penularan serta mempercepat penyembuhan itu harus kita lakukan secara bersama-sama," kata Pratikno.

Tak hanya itu, ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah bekerja keras mempercepat dan melancarkan program vaksinasi.

Hal senada juga diungkapkan Menhub Budi Karya Sumadi. Ia mengapresiasi kekompakan pemda, TNI/Polri, serta BUMN yang secara serius menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) soal program vaksinasi massal.

Sebagai informasi, dalam vaksinasi massal tersebut, terdapat 15.000 vaksin yang disediakan pemerintah melalui Komando Daerah Militer (Kodam) V Brawijaya dan Kementerian BUMN. Pertamina turut andil memfasilitasi 1.000 warga agar mendapatkan vaksin di PEM AKAMIGAS.

Selain vaksinasi, Pertamina juga menyerahkan bantuan sosial sebanyak 500 paket bantuan sosial (bansos) kepada masyarakat yang diserahkan secara simbolis oleh Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati kepada perwakilan warga.

"Salah satu dukungan Pertamina yaitu dengan memfasilitasi pelaksanaan vaksinasi di seluruh jaringan Rumah Sakit Pertamina dan kantor-kantor, baik di pusat maupun area operasional hulu, kilang, dan hilir yang berada di seluruh Indonesia," terang Nicke. 

Sebagai salah satu sektor esensial, Pertamina memprioritaskan vaksinasi kepada pekerja, keluarga, dan kerja. Saat ini tercatat sudah ada 106.000 populasi pekerja, keluarga, dan mitra Pertamina Group yang menerima vaksin.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.