Advertorial

BukuKas Ingatkan Pentingnya Sejarah bagi Suatu Bangsa lewat Ilustrasi

Kompas.com - 23/08/2021, 19:51 WIB

KOMPAS.com – Aplikasi pembukuan digital yang membantu pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dalam mengelola bisnis, BukuKas, mengajak masyarakat untuk mengenang peristiwa Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945.

Bekerja sama dengan Historika Indonesia (Historika), upaya tersebut dituangkan ke dalam ilustrasi yang menghadirkan cuplikan sejarah dari peristiwa proklamasi. Gambar tersebut kemudian diunggah di akun Instagram @bukukas_id.

Adapun catatan dan ilustrasi mengenai peristiwa proklamasi dari BukuKas dan Historika Indonesia dibuat berdasarkan sumber tepercaya yang dapat dipertanggungjawabkan validitasnya.

Upaya BukuKas tersebut bertujuan agar masyarakat Indonesia dan pelaku UMKM tidak melupakan pentingnya mencatat sejarah bangsa Indonesia.

Vice President and Head of Growth for UMKM Tri Sukma Anreianno mengatakan, penulisan sejarah yang akurat berperan penting dalam membentuk masa depan suatu bangsa.

 “Kami menyajikan fakta sejarah yang merinci peristiwa tersebut. Mencatat sejarah Indonesia juga sejalan dengan tujuan mulia BukuKas, yakni dengan membantu UMKM mencatat keuangan usaha agar dapat diberdayakan. Dengan begitu, mereka bisa mengambil keputusan yang tepat untuk masa depan,” ujar Tri dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (23/8/2021).

Sementara itu, Executive Director of the Historika Indonesia Abdul Basyith mengatakan, setelah hari kemerdekaan, terdapat berbagai peristiwa krusial yang menarik untuk diketahui masyarakat.

Misalnya, lanjut Abdul, pada 18 Agustus 1945, Bung Karno bersama sekelompok pemuda terbaik bangsa duduk bersama di Gedung Chuo Sangi-In yang saat ini bernama Gedung Pancasila.

“Silakan lihat postingan di Instagram (BukuKas). Bung Karno sebagai pendiri bangsa merupakan orang yang cermat dalam memilih mitra untuk membahas pembentukan sistem pemerintahan Indonesia. Diskusi tersebut memuncak di berbagai organisasi pemerintahan, seperti Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), dan kementerian di berbagai bidang,” jelas Abdul.

Serupa prinsip dengan pencatatan sejarah, Tri mengatakan, pencatatan keuangan juga perlu dilakukan secara teliti dan akurat.

“Ini sangat penting karena pembukuan keuangan yang akurat dapat menentukan masa depan bisnis. Pembukuan yang baik diperlukan untuk membantu bisnis berkembang dengan cepat. Jadi, mulai catat keuangan bisnis lewat BukuKas agar bisa mengambil keputusan yang tepat untuk masa depan yang lebih baik,” kata Tri.

Pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi BukuKasDok. BukuKas Pelaku UMKM yang menggunakan aplikasi BukuKas

Karena itu, BukuKas memiliki komitmen besar dalam membantu pelaku UMKM menjadi lebih baik.

Untuk mewujudkan hal tersebut, BukuKas secara rutin mengedukasi pelaku UMKM akan pentingnya pembukuan keuangan. Mereka juga diberikan solusi lewat keberadaan aplikasi BukuKas yang dapat mempermudah kegiatan pembukuan, mulai dari laporan transaksi hingga laporan keuangan.

Dengan menggunakan aplikasi BukuKas, para pelaku UMKM dapat melakukan pembukuan secara sederhana, praktis, dan cepat lantaran tercatat secara otomatis. Catatan bisnis yang dihasilkan pun menjadi lebih akurat.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com