Advertorial

Catat! Ini 5 Cara Jitu Jadi Pemain E-Sport Indonesia

Kompas.com - 24/08/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi kompetisi e-sport. Dok. Free FireIlustrasi kompetisi e-sport.

KOMPAS.com – Olahraga elektronik atau e-sport berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan di Indonesia.

Hal tersebut membuat banyak orang mulai tertarik untuk menjadi pemain e-sport. Sebagian dari mereka bahkan menjadikannya sebagai pilihan karier. Peluang untuk memiliki penghasilan yang besar menjadi salah satu alasan profesi itu begitu diminati.

Meski demikian, menjadi pemain e-sport profesional bukan perkara mudah. Selain persaingan yang ketat, pemain e-sport juga membutuhkan keahlian (skill) yang mumpuni untuk bisa berlaga di turnamen besar.

Melansir laman Esportsku, berikut lima cara jitu untuk bisa menjadi pemain e-sport profesional. 

  1. Aktif di turnamen

Salah satu cara yang paling efektif adalah aktif di berbagai turnamen. Mulailah dari turnamen lokal dalam skala kecil. Kemudian, lanjut ke kelas rookie dan amatir.

Dengan pengalaman dan skill yang makin terasah, kamu akan lebih siap untuk bertanding pada turnamen profesional.

Untuk mencapai tahap tersebut, konsistensi dan tekad yang kuat merupakan kunci utama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Fokus dan konsisten pada satu game

Bermain pada beberapa jenis gamee-sport bukan merupakan hal yang salah. Namun, jika kamu bertekad untuk menjadi pemain profesional, sebaiknya fokus pada satu game.

Dengan konsistensi dan latihan tekun, kamu akan semakin menguasai game tersebut dan siap untuk berkompetisi secara profesional.

  1. Leaderboard dan pubstomping

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menjadi pemain e-sport profesional adalah aktif bermain. Dengan demikian, nama kamu bisa tercatat pada leaderboard. Hal ini semakin mudah diraih jika kamu aktif bermain dan memiliki skill tinggi.

Selain itu, kamu juga dapat melakukan pubstomp atau bermain bersama teman-teman untuk melawan tim lain secara acak (random) di public game.

  1. Seleksi tim

Jika cukup percaya diri dengan skill e-sport yang dimiliki, kamu bisa mengikuti seleksi dari beberapa tim e-sport yang membuka lowongan (open recruitment).

Mereka akan menyeleksi kandidat terbaik. Oleh sebab itu, kamu harus mempersiapkan diri. Pasalnya, saingan kamu tentu bukan pemain biasa.

  1. Orang dalam

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjadi pemain e-sport profesional adalah memanfaatkan orang dalam di tim e-sport. Cara ini bisa memuluskan langkah kamu untuk masuk di tim tersebut.

Meski begitu, kamu juga perlu mengimbangi permainan orang dalam dengan skill yang mumpuni untuk membuktikan bahwa kamu layak berada di tim tersebut.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.