Advertorial

Tak Perlu Ragu, Begini Cara Investasi Emas agar Makin Cuan

Kompas.com - 25/08/2021, 14:21 WIB
Ilustrasi investasi emas digital. Dok. ShutterstockIlustrasi investasi emas digital.

KOMPAS.com – Emas dalam bentuk logam mulia menjadi salah satu instrumen investasi yang digemari masyarakat. Sifatnya yang likuid membuat banyak orang memilihnya sebagai tabungan untuk masa depan yang ideal. Jika sedang memerlukan dana tunai, emas dapat dicairkan dengan cepat.

Selain itu, harga emas relatif naik setiap tahun. Hal tersebut juga yang membuat investor merasa aman untuk berinvestasi pada instrumen ini.

Pada dasarnya, investasi pada instrumen logam mulia sangat disarankan bagi investor pemula. Apalagi, kini emas dapat dibeli dengan mudah dan praktis melalui platform digital.

Meski demikian, sebelum mulai mencoba investasi emas secara online, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan.

  1. Tentukan tujuan investasi
    Pertama, Anda harus mengetahui tujuan investasi yang akan dilakukan. Dengan tujuan yang jelas, Anda dapat mengetahui berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk membeli emas.

    Biasanya, tujuan seseorang berinvestasi adalah untuk merencanakan kebutuhan keuangan di masa depan, seperti pernikahan, biaya pendidikan anak, membeli rumah, atau pergi haji.

Di sisi lain, ada pula investor yang punya tujuan untuk sekadar memiliki tabungan atau dana darurat. Agar tujuan tersebut tercapai, investasi bisa dilakukan tiap bulan secara konsisten.

  1. Anggarkan dana setiap bulan
    Berbeda dengan membeli logam mulia secara fisik, berinvestasi emas secara digital dapat dicicil setiap bulan. Anda dapat membeli emas sesuai dengan kemampuan finansial.


Emas digital dapat dibeli dengan nominal uang yang terkecil, yaitu mulai harga Rp 5.000. Dengan demikian, Anda dapat mengatur berapa anggaran yang mesti dipersiapkan untuk membeli emas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Pilih platform yang tepercaya
    Sebelum berinvestasi, Anda harus menentukan di platform digital mana akan membeli emas. Pilihlah platform yang bekerja sama dengan pihak berpengalaman dan berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).


Pertimbangan tersebut penting untuk menjamin keamanan emas digital yang Anda miliki. Agar mudah dan aman, Anda dapat membeli emas digital melalui Tokopedia.

Dalam transaksi emas digital, marketplace ini bekerja sama dengan Pegadaian untuk menyediakan investasi emas digital dan sudah berada di bawah pengawasan OJK. Dengan demikian, Anda tak perlu khawatir berinvestasi emas digital di platform ini.

Selain itu, di Tokopedia , Anda dapat memantau harga emas setiap hari. Jadi, Anda dapat mengetahui dengan mudah pergerakan harga emas secara real time. Ketika harga emas sedang turun, Anda dapat segera membelinya dalam jumlah yang lebih besar.

Melalui Tokopedia, Anda dapat merasakan manfaat investasi emas untuk kemerdekaan finansial di masa depan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.