Advertorial

Dear Anak Rantau, Ini Alasan Menelepon Ibu Lebih Sering Itu Penting

Kompas.com - 27/08/2021, 17:38 WIB
Ilustrasi menelepon. Dok. FreepikIlustrasi menelepon.

KOMPAS.com – Tinggal jauh dari rumah dan keluarga demi bekerja atau kuliah menghadirkan tantangan tersendiri bagi para perantau. Apalagi, di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

Selain tidak bisa pulang ke kampung halaman, termasuk pada momen hari raya, para perantau juga harus berjuang untuk tetap sehat karena tinggal berjauhan dari sanak keluarga di kota perantauan. 

Beruntung, di era serbadigital seperti saat ini, jarak tak lagi menjadi penghalang yang berarti. Dengan bantuan teknologi, anak rantau bisa berkomunikasi lebih sering dengan keluarga di rumah, terutama ibu, melalui sambungan telepon atau video call.

Selain untuk melepas rindu dan bertukar kabar, menelepon ibu ternyata memberikan dampak psikologis yang cukup besar.

Mengutip laman The Healthy, Rabu (2/10/2019), sebuah studi yang dilakukan peneliti dari University of Wisconsin-Madison Child Emotion Lab menemukan bahwa mendengar suara ibu melalui telepon dapat membantu mengurangi stres.

Efek mengurangi stres dari mendengar suara ibu disebut serupa dengan efek yang ditimbulkan dari berpelukan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam studi tersebut, para peneliti melakukan uji coba kepada 61 anak perempuan berusia 7 hingga 12 tahun. Mereka diminta untuk mengerjakan soal matematika yang rumit di hadapan orang asing.

Setelah terlihat cukup lelah, anak-anak itu dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama diminta untuk bertemu ibu masing-masing dan melakukan kontak fisik.

Sementara, kelompok kedua disambungkan kepada ibu mereka via telepon selama 15 menit. Kelompok terakhir diminta untuk menonton video guna menghalau kelelahan.

Hasilnya, anak perempuan yang menelepon ibu menunjukkan penurunan tingkat stres yang hampir sama dengan anak perempuan yang melakukan kontak fisik dengan ibunya.

“Anak-anak yang berinteraksi dengan ibu mereka, baik secara langsung maupun lewat telepon, memiliki respons hormonal yang baik,” kata peneliti utama Leslie Seltzer.

Berdasarkan temuan tersebut, Leslie menyimpulkan bahwa ibu adalah jawaban terbaik untuk membantu menghadapi cobaan yang menegangkan.

Meski terpisah jarak ratusan kilometer (km), efek psikologis yang ditimbulkan dari berinteraksi dengan ibu tetap bisa dirasakan.

Itulah alasan menelepon ibu secara berkala merupakan hal penting untuk dilakukan, terutama bagi anak rantau yang tinggal jauh dari rumah.

Nah, untuk memperlancar komunikasi dengan ibu, ada baiknya kamu selalu memiliki pulsa telepon yang cukup.

Saat ini, kamu bisa mengisi pulsa telepon seluler kapan pun tanpa repot. Melalui e-commerce Tokopedia, kamu bisa membeli pulsa langsung dari ponsel pintar (smartphone) milikmu.

Untuk membeli pulsa di Tokopedia, kamu hanya perlu memasukkan nomor yang digunakan dan pilih nominal yang diinginkan.

Sebagai informasi, Tokopedia menyediakan pulsa berbagai provider, seperti pulsa Smartfren, pulsa Tri, pulsa im3. Nominal yang ditawarkan pun beragam, mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 1 juta.

Selain jaminan harga terbaik, kamu juga bisa mendapatkan diskon dan cashback hingga Rp 50.000 di platform karya anak bangsa itu.

Untuk memudahkan kamu, Tokopedia juga menyediakan berbagai metode pembayaran yang praktis, seperti Ovo, TokoCash, internet banking, mobile banking, dan kartu kredit.

Tunggu apa lagi? Segera isi pulsa telepon kamu demi kelancaran komunikasi dengan ibumu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.