Advertorial

Bicara Literasi Digital Buat Perempuan, Dian Sastrowardoyo Memanfaatkannya untuk Jadi Sutradara

Kompas.com - 29/08/2021, 16:38 WIB
Dian Sastrowardoyo saat menjadi narasumber dalam acara bertajuk ?Nge-Zoom Bareng Public Figure?, Jumat (27/8/2021). Dok. KemenkominfoDian Sastrowardoyo saat menjadi narasumber dalam acara bertajuk ?Nge-Zoom Bareng Public Figure?, Jumat (27/8/2021).

KOMPAS.com – Dikenal sebagai aktris sukses dengan ikon kebangkitan film nasional Indonesia, tak membuat Dian Sastrowardoyo berpuas diri. Ia malah semakin dalam menggeluti dunia perfilman dengan memberanikan terjun menjadi sutradara.

Dian Sastrowardoyo menjadi sutradara di tengah pandemi Covid-19 dengan memanfaatkan ruang dan teknologi digital untuk membuat karya yang akan segera rilis.

Hal tersebut ia ungkapkan saat menjadi narasumber dalam acara bertajuk “Nge-Zoom Bareng Public Figure” pada Jumat (27/8/2021).

 “Saat ini, teknologi digital telah memberikan banyak manfaat bagi produktivitas kehidupan manusia. Oleh karena itu, tidak ada lagi alasan untuk kita tidak bisa produktif meskipun terhalang oleh pandemi,” kata Dian Sastrowardoyo dalam rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (28/8/2021).

Pentingnya literasi digital untuk perempuan

Selain bercerita mengenai pemanfaatan teknologi digital untuk perempuan, pada acara tersebut Dian Sastrowardoyo mengungkapkan pula mengenai pentingnya literasi digital bagi pemberdayaan perempuan di ranah digital.

“Perempuan harus mendapatkan kesadaran akan pentingnya literasi digital. Sebagai perempuan, kita harus tahu konten mana yang (hanya) menjadi konten pribadi dan yang dapat dijadikan konsumsi oleh masyarakat,” paparnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dian Sastrowardoyo menambahkan, dengan adanya literasi digital, perempuan tidak hanya diberikan edukasi pemanfaatan teknologi digital dan internet, tetapi juga mendapatkan edukasi untuk menjaga keamanan di ranah digital sehingga dapat lebih berhati-hati.

“(Saya sudah) menanamkan literasi digital kepada anak-anak sejak dini,” katanya.

Sebagai informasi, acara “Nge-Zoom Bareng Public Figure” merupakan sebuah kegiatan virtual yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) sebagai bagian dari edukasi literasi digital.

 Tujuan dari edukasi tersebut adalah memberikan berbagai wawasan mengenai literasi digital, pemanfaatan media sosial, serta teknologi dan internet.

Selain Dian Sastrowardoyo, acara Nge-Zoom Bareng Public Figure masih akan menghadirkan sejumlah narasumber inspiratif lainnya.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai kegiatan Literasi Digital, Anda dapat mengikuti akun media sosial @siberkreasi dan melalui laman website info.literasidigital.id.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.