Advertorial

Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Daerah 3T, BRI Berikan Bantuan untuk SD di Jayapura

Kompas.com - 29/08/2021, 17:48 WIB

KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memberikan dana bantuan untuk perbaikan dan pembangunan sarana infrastruktur pendidikan dan prasarana di Tanah Air.

Upaya tersebut telah BRI lakukan secara konsisten di sejumlah sekolah yang berlokasi di daerah terdepan, terpencil, dan tertinggal (3T) atau di perbatasan.

Program yang diberi nama “Ini Sekolahku” tersebut menyasar sekolah dasar (SD) yang mengalami kerusakan parah dan membutuhkan bantuan pembangunan sarana berupa ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar.

Pada program kali ini, sekolah yang berkesempatan untuk mendapatkan bantuan adalah SD Inpres Mosso, yang berada di Desa Skouw, Jayapura.

Adapun bantuan yang diberikan kepada SD Inpres Mosso diberikan secara simbolis oleh Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha, Kamis (26/82021).

Bantuan berupa dana tersebut nantinya akan digunakan oleh sekolah yang memiliki lahan seluas 25.000 meter persegi untuk pembangunan ruang kelas.

Arga mengatakan, bantuan tersebut merupakan lanjutan dari bantuan CSR BRI Peduli.

“Bantuan ini untuk membangun dan merenovasi sejumlah SD yang mengalami kerusakan cukup parah di daerah perbatasan, khususnya di daerah Skouw, Jayapura. Di SD Mosso, BRI memberikan bantuan dana renovasi ruang kelas untuk SD yang berbatasan dengan Papua Nugini,” ujar Arga dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (28/8/2021).

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha di peresmian bangunan SD Inpres Mosso Dok. BRI Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha di peresmian bangunan SD Inpres Mosso

Sebelumnya, corporate social responsibility (CSR) BRI Peduli telah memberikan bantuan program Ini Sekolahku kepada SD Negeri (SDN) Fatukmetan di Kelurahan Kenebibi, Kecamatan Kakuluk Mesak, Atambua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Program perbaikan sekolah, lanjut Arga, akan terus BRI lakukan di sejumlah wilayah perbatasan dengan mengedepankan aspek peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung.

Menurutnya, hal tersebut penting dilakukan agar para peserta didik dapat menjalankan proses belajar secara layak.

Selain itu, program Ini Sekolahku juga sejalan dengan konsep CSR BRI Peduli, yaitu Pro People, Pro Planet, dan Pro Profit (3P).

Konsep tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, ruang dan lingkungan yang layak bagi anak, serta mendukung kualitas bisnis perseroan jangka panjang.

“Kualitas sumber daya manusia (SDM) adalah modal pokok bagi Indonesia agar mampu bersaing dengan bangsa lain. Program Ini Sekolahku bertujuan memperkuat pendidikan dasar di negeri ini melalui kelayakan perbaikan sekolah dan menjadikannya sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi siswa maupun guru dalam menjalankan proses belajar mengajar,” jelas Arga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com