Advertorial

Ingin Beli HP Gaming? Ini 5 Spesifikasi yang Patut Dipertimbangkan

Kompas.com - 01/09/2021, 21:28 WIB
HP Poco M3 Pro. DOK. BlibliHP Poco M3 Pro.

KOMPAS.com – Saat ini, bermain game melalui smartphone sudah menjadi aktivitas keseharian bagi kalangan milenial. Karena hal ini, spesifikasi dan fitur yang menunjang aktivitas gaming pun menjadi nilai tambah pada smartphone keluaran terbaru.

Hal tersebut membuat beberapa brand membuat smartphone khusus untuk menunjang aktivitas gaming. Sebagai contoh, Xiaomi mengeluarkan Poco M3 Pro dengan spesifikasi yang cocok digunakan untuk gaming.

Bila hendak membeli smartphonegaming, ada baiknya kamu mempertimbangkan lima hal berikut.

  1. Prosesor

Chipset merupakan komponen utama yang menunjang kelancaran aktivitas gaming pada smartphone. Spesifikasi chipset turut menentukan harga smartphone.

Bila kamu memiliki bujet Rp 2-3 jutaan, chipset dari MediaTek layak dijadikan pilihan. Chipset ini kerap digunakan untuk smartphonemid-range karena kualitasnya tidak kalah dengan chipset populer lain, seperti Snapdragon.

Tak hanya chipset, kamu juga harus memperhatikan spesifikasi prosesor berupa central processing unit (CPU) dan graphic processing unit (GPU). Dua komponen ini akan memastikan kinerja handphone (HP) secara maksimal dan cepat. GPU juga menentukan kualitas grafis pada game.

Sejatinya, agak susah memahami kinerja prosesor tanpa referensi. Ada baiknya kamu melakukan riset mengenai keunggulan chipset dari HP yang kamu lirik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Layar dengan refresh rate tinggi

Refresh rate merupakan jumlah tampilan atau display yang di-refresh dalam satu detik. Jika ingin membeli smartphone untuk bermain game online secara memadai, setidaknya kamu harus membeli HP dengan refresh rate minimal 90 Hertz (Hz).

Refresh rate 90 Hz berarti tampilan layar mengalami refresh 90 kali dalam satu detik. Hal ini penting untuk memastikan permainan kamu berjalan dengan mulus.

Semakin besar kapasitas refresh rate, semakin mulus pula layar menampilkan grafis game. Meski demikian, layar HP dengan refresh rate 90 Hz sudah bagus untuk bermain game online.

Bahkan, layar tersebut sudah mampu menampilkan game dengan display yang cukup berat, seperti game 3D.

Kamu bisa melihat besaran refresh rate pada spesifikasi layar atau display HP.

  1. Ukuran layar

Saat ini, banyak orang menghabiskan waktu menikmati aktivitas multimedia di smartphone. Ukuran layar smartphone yang besar turut menunjang kenyamanan pengguna untuk berbagai aktivitas, khususnya bermain game dan menonton film.

Oleh karena itu, kamu harus memilih smartphone dengan ukuran layar yang cukup nyaman untuk digunakan bermain game online. Adapun ukuran minimal layar yang nyaman untuk para gamer adalah 6 inci.

Layar berukuran sedikit lebih besar dari 6 inci bisa saja memberikan kenyamanan lebih untuk bermain game. Hanya saja, smartphone ini dapat membuat penggunanya kurang nyaman bila harus dibawa bepergian.

  1. Kapasitas baterai

Smartphone keluaran terkini sudah didukung baterai berukuran jumbo untuk menunjang aktivitas bermain game seharian. Pasalnya, orang kerap menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game online.

Oleh karena itu, kapasitas baterai sangat penting untuk sebuah smartphone gaming. Pastikan, kamu mengecek besaran kapasitas batera sebelum membelii. Saat ini, beberapa smartphone dengan harga Rp 2 jutaan sudah dilengkapi baterai berkapasitas 5.000 milliampere hour (mAh).

Selain kapasitas baterai besar, ada baiknya smartphone juga sudah didukung fitur fast charging. Dengan fitur ini, proses isi ulang baterai ponsel hingga penuh akan lebih cepat.

  1. Audio

Smartphone dengan kualitas audio yang baik mampu menghidupkan suasana ketika bermain game. Kualitas audio yang jernih dapat membuat permainan game jadi lebih asyik, terlebih bila bermain bersama teman.

Kamu bisa memilih smartphone yang memiliki spesifikasi audio Hi-Res Audio Certification. Spesifikasi ini mampu memberikan kualitas suara yang jernih dan detail. Perlu diketahui, mendengarkan suara secara mendetail lebih penting daripada suara dengan volume kencang.

Kamu bisa menikmati kualitas suara lebih baik lagi dengan menggunakan headphone atau headset. Cara ini juga lebih bijak karena tidak mengganggu orang lain di sekitar kamu.

Tips sebelum beli HP gaming

Setelah mengetahui spesifikasi apa saja yang harus dipertimbangkan, kamu juga perlu melakukan perbandingan sebelum membeli smartphone. Hal ini penting untuk memastikan kamu mendapatkan smartphone dengan harga lebih terjangkau dan spesifikasi maksimal.

Kamu bisa melakukan perbandingan harga smartphone melalui situs jual beli online, seperti Blibli. Di e-commerce ini, kamu bisa membandingkan harga smartphone dari berbagai penjual dan melihat spesifikasi HP yang ingin dibeli dengan lebih mudah.

Tak hanya itu, kamu juga bisa mengecek berapa kisaran harga normal dari smartphone yang dicari. Hal ini bisa menghindarkan kamu dari membeli barang palsu.

Blibli memiliki berbagai metode pembayaran yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, mulai dari metode mencicil hingga langsung dibayar lunas.

Bila bujet terbatas, kamu bisa melirik smartphone yang diproduksi produsen dari Asia, seperti Xiaomi. Pasalnya, perusahaan asal China ini menawarkan smartphone dengan harga terjangkau, tapi tetap memiliki spesifikasi yang berkualitas.

Salah satu smartphone Xiaomi yang mampu memainkan gameonline dengan lancar adalahPoco M3 Pro. Kamu bisa mendapatkan smartphone ini dengan harga Rp 2-3 jutaan.

Aktivitas bermain game memang mengasyikkan untuk melepas penat. Walau demikian, kamu jangan sampai mengabaikan aktivitas lainnya yang lebih penting.

Tak hanya itu, setiap 20 menit bermain, kamu harus mengistirahatkan mata selama 20 detik dengan mengalihkan pandangan ke obyek lain selama menggunakan smartphone. Hal ini bertujuan untuk mencegah mata lelah dan mengurangi gejala ketegangan mata secara signifikan.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.