Advertorial

Ciptakan Talenta Digital, Kemenkominfo Gelar Kelas Daring Animasi Gratis

Kompas.com - 06/09/2021, 21:55 WIB
Kelas Online Animasi yang diselenggerakan Kemenkominfo dan GNLD Siberkreasi diadakan setiap Sabtu dan Minggu selama September 2021. Dok. KemenkominfoKelas Online Animasi yang diselenggerakan Kemenkominfo dan GNLD Siberkreasi diadakan setiap Sabtu dan Minggu selama September 2021.

KOMPAS.com – Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemenkominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi mengadakan rangkaian kegiatan Kelas Animasi Online selama September 2021.

Kelas animasi tersebut terbagi dalam delapan sesi dan diselenggarakan setiap Sabtu dan Minggu. Penyelenggaraan kegiatan tersebut menjadi upaya Kemenkominfo dalam menyiapkan talenta digital, terutama animator.

Seperti diketahui, teknologi pembuatan animasi berkembang pesat seiring pertumbuhan penggunaan teknologi digital. Pada awalnya, pembuatan satu detik animasi yang bergerak membutuhkan 18 hingga 24 gambar yang berurutan atau animation clay.

Semakin banyak gambar yang digunakan per detik, gerakan yang dihasilkan animasi pun akan semakin halus. Karenanya, untuk dapat menghasilkan satu episode film animasi membutuhkan proses dan waktu yang lama.

Kini, animator dapat menggunakan sejumlah software yang tersedia pada perangkat komputer untuk membuat animasi. Dengan begitu, pembuatan film atau video animasi menjadi lebih mudah, cepat, hemat, dan bagus.

Adapun melalui rangkaian kelas tersebut, peserta akan diberikan edukasi mengenai teknis pembuatan animasi secara sederhana. Materinya terdiri dari pemberian materi dasar membuat cerita hingga materi publikasi produksi animasi.

Selain itu, peserta juga akan mendapatkan sertifikat pada setiap sesi kelas daring. Khusus peserta yang mengikuti seluruh rangkaian sesi kelas animasi itu akan mendapatkan sertifikat kelulusan dari Kemenkominfo dan GNLD Siberkreasi di pengujung kelas.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebagai informasi, pada kelas pertama dan kedua yang berlangsung pada 4-5 September 2021, 1.400 peserta yang mengikuti kelas animasi online telah mendapatkan dasar-dasar teknis pembuatan animasi.

Pada sesi kelas selanjutnya yang akan berlangsung pada 11-12 September 2021, peserta akan diberikan berbagai wawasan mengenai teknis pembuatan animasi.

Materi sesi tersebut akan disampaikan oleh sejumlah pemateri yang andal, seperti kreator Si Juki Faza Meonk, kreator Tahilalats Nurfadli M, dan kreator Komik Ga Jelas Jasmine Surkatty.

Untuk mengikuti Kelas Animasi Online Kemenkominfo dan GNLD Siberkreasi, Anda dapat mendaftarkan diri melalui s.id/belajaranimasi.

Sementara, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai seluruh rangkaian kegiatan Literasi Digital, Anda dapat mengikuti akun media sosial @siberkreasi dan melalui laman website info.literasidigital.id.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.