Advertorial

Inovasi KUR Digital, BRI Raih IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021

Kompas.com - 07/09/2021, 16:45 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mencatatkan prestasi gemilang atas raihan penghargaan dari IDX Channel Anugerah Inovasi Indonesia 2021.

Pada ajang tersebut, BRI mendapatkan penghargaan pada kategori produk dan model bisnis atas inovasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) digital.

Bank dengan kode saham BBRI itu dinilai pantas mendapatkan penghargaan tersebut karena konsisten dalam berinovasi serta adaptif dengan kondisi yang terjadi.

Direktur Digital dan Teknologi Informasi BRI Indra Utoyo mengatakan, perseroan sedang melakukan proses transformasi, khususnya pada digital dan culture sistem keuangan. Ia juga mengucapkan terima kasih atas penghargaan pertama dalam kategori produk dan modal bisnis pada gelaran Anugerah Inovasi Indonesia 2021.

“BRI akan tetap konsisten melahirkan inovasi dengan semangat transformasi digital dan culture yang disebut BRIvolution. Proses tersebut memotivasi kami untuk tetap tumbuh dalam kondisi apa pun, termasuk pada saat krisis akibat pandemi yang sedang kita hadapi,” kata Indra dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Selasa (7/9/2021).

Sejak Mei 2020, kata Indra, BRI membuka akses pengajuan KUR melalui channelling online dengan menggandeng e-commerce, seperti Shopee dan Tokopedia, serta perusahaan ride hailing, seperti Grab dan Gojek.

Dalam program tersebut, BRI menawarkan fasilitas KUR kepada pelaku usaha dengan plafon maksimal hingga Rp 50 juta dan tenor paling lama 3 tahun. BRI melakukan terobosan ini untuk mengakselerasi penyaluran KUR di tengah tekanan pandemi Covid-19.

“Hal tersebut sejalan dengan komitmen perseroan untuk fokus terhadap pemberdayaan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia,” ujarnya.

Sejak 2015 hingga Juli 2021, BRI sebagai bank dengan jaringan terluas di Tanah Air telah menyalurkan KUR sebesar Rp 559,6 triliun kepada 25,4 juta pelaku UMKM.

Pada semester I 2021, BRI telah menyalurkan KUR senilai Rp 97,7 triliun kepada 3,4 juta pelaku UMKM.

Manajemen BRI, lanjut Indra, menyadari peran dan amanah besar penyaluran KUR dari pemerintah, terlebih pada masa pandemi. Penyaluran KUR pun diharapkan dapat memulihkan kondisi ekonomi pelaku UMKM.

“Oleh karena itu, BRI akan terus meningkatkan dan memperkuat layanan melalui beragam inovasi, termasuk dengan digitalisasi,” tutur Indra.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com