Advertorial

Hari Pelanggan Nasional 2021, BRI Tegaskan Komitmen untuk Berikan Kemudahan Layanan Nasabah

Kompas.com - 07/09/2021, 17:33 WIB

KOMPAS.com – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) atau BRI berkomitmen untuk memberikan kemudahan dalam layanan jasa keuangan bagi nasabah di seluruh pelosok negeri dengan terus bertransformasi, khususnya secara digital.

Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Utama (Dirut) BRI Sunarso dalam seminar daring bertajuk “Menuju Layanan Masa Depan untuk Setiap Kemudahan”. Seminar ini dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Pelanggan Nasional 2021, Sabtu (4/9/2021).

Pada kesempatan itu, Sunarso mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk melakukan digitalisasi. Hal ini tidak terlepas dari kehadiran BRI yang sudah menemani masyarakat Indonesia selama 126 tahun.

“Kami menyadari bahwa kesetiaan nasabah adalah faktor penting bagi BRI. Oleh karena itu, BRI terus berinovasi agar dapat memberikan kualitas layanan yang melebihi harapan dan kebutuhan nasabah,” kata Sunarso dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (7/9/2021).

Transformasi yang dilakukan BRI, lanjutnya, diharapkan dapat memudahkan nasabah dengan produk dan layanan perbankan yang semakin khas.

Kekhasan produk perbankan BRI terus diselaraskan dan dikembangkan demi mengikuti perjalanan nasabah yang terekam dalam layanan BRI. Misalnya saja, Digital Saving, Internet Banking, dan BRImo.

Sebagai contoh, saat ini, BRImo menjadi aplikasi Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan fitur terlengkap.

Salah satu fitur unggulan dari aplikasi tersebut adalah fitur QR Pedagang BRImo. Fitur ini memudahkan pedagang untuk melakukan transaksi jual beli dan mencatat pembukuan transaksi dengan QR tersebut.

Kemudian, fitur QRIS Cross Border. Fitur ini memungkinkan nasabah pengguna BRImo bertransaksi di luar negeri. Layanan ini telah diujicobakan di Thailand.

“Kehadiran BRImo diharapkan menjadi one stop solution bagi nasabah dalam melakukan berbagai transaksi perbankan secara digital,” ujar Sunarso.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Jaringan dan Layanan BRI Arga M Nugraha mengatakan, transformasi untuk menciptakan kemudahan dan kenyamanan nasabah BRI dalam memperoleh layanan terus dipacu. Hal ini lantaran BRI memiliki jumlah nasabah yang sangat besar.

Saat ini, nasabah BRI mencapai 170 juta di seluruh Indonesia. Selain besar, spektrum nasabah BRI juga tergolong unik karena menyentuh masyarakat kalangan bawah hingga berpendapatan tinggi. Meski demikian, BRI memperlakukan semua nasabah sama baiknya.

“Kami setiap hari harus all out kepada nasabah. Kami harus bisa deliver value kepada mereka. Antusiasme mereka kepada BRI harus kami layani. BRI tidak tinggal diam dengan perubahan yang ada. Kami selalu meremajakan pelayanan. Itulah mengapa kami fokus pada digitalisasi,” papar Arga.

Ia menjelaskan, hal pertama yang dilakukan dalam transformasi digital adalah customer facing. Hal ini terkait cara BRI berhadapan dengan nasabah.

Arga mencontohkan, melalui aplikasi BRImo, nasabah disajikan dengan beragam fitur yang mempermudah transaksi.

Kedua, BRI melakukan perbaikan pada sisi internal. Misalnya, memperbaiki cara deliver value kepada nasabah dengan aplikasi BRIspot.

“Layanan yang awalnya dilakukan dua minggu menjadi dua hari setelah proses digitalisasi terjadi. Di sisi lain, transformasi secara digital terus kami lakukan dalam rangka membuat nasabah semakin nyaman dalam bertransaksi keuangan serta tanpa khawatir terpapar virus Covid-19,” ujar Arga.

Seperti diketahui, saat ini, berbagai pembatasan aktivitas masyarakat, tidak terkecuali di bidang ekonomi, terus dilakukan oleh pemerintah demi mencegah penyebaran Covid-19.

Di tengah kondisi yang menantang tersebut, BRI berkomitmen untuk tetap memberikan pelayanan terbaik kepada nasabah hingga jauh ke pelosok negeri dengan berbagai produk. Hal ini diwujudkan dengan memberikan layanan dan pengembangan jaringan digital yang selalu prima sesuai kebutuhan nasabah.

Guna meminimalisasi penyebaran Covid-19, BRI mengarahkan nasabah untuk bertransaksi melalui electronic banking, electronic channel BRI, digital platform, serta melalui Agen BRILink.

Bagi nasabah yang kebutuhan transaksinya masih harus datang ke kantor pelayanan, BRI tetap memberikan layanan terbaik dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Meski demikian, nasabah sebisa mungkin diharapkan untuk bertransaksi melalui electronic banking, electronic channel BRI, digital platform, serta melalui Agen BRILink.

“Satu hal yang saya rasakan betul dan harap pada seluruh insan BRILiaN, kehadiran kami betul-betul memberikan sumbangsih bagi masyarakat. Oleh karena itu, harus diwujudkan dengan pelayanan lebih baik kepada nasabah,” kata Arga.

Sebagai informasi, dalam rangka menyambut Hari Pelanggan Nasional 2021, BRI telah melaksanakan rangkaian hari pelanggan setiap bulan secara bergiliran di seluruh wilayah di Indonesia sejak 2020. Perayaan hari pelanggan ini pun dimeriahkan dengan berbagai campaign serta challenge melalui media sosial.

Sementara pada puncak perayaan Hari Pelanggan Nasional 2021 yang mengusung tema “Customer Experience In Digital Era”, BRI menggelar webinar yang menghadirkan perwakilan nasabah dari berbagai daerah di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut, nasabah yang hadir pun turut diberikan apresiasi berupa bantuan untuk keberlangsungan usaha pada masa pandemi.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com