Advertorial

Mengintip Sensasi Wisata Kuliner Ramah Muslim di Korea lewat Halal Restaurant Week 2021

Kompas.com - 13/09/2021, 14:19 WIB
- Dok. Korea Tourism Organization-

KOMPAS.com – Korea Selatan kini menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan seluruh dunia, termasuk Indonesia. Popularitas drama Korea dan musik Korean pop (K-Pop) yang terus melesat membuat banyak orang penasaran mengunjungi negara yang dijuluki Negeri Ginseng ini.

Bagi pencinta kuliner, mencicipi makanan khas Korea juga menjadi satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke sana.

Sebagian besar kuliner Korea Selatan mengusung cita rasa pedas yang nikmat. Sebut saja kuliner pedas legendaris yang sering muncul dalam drama-drama Korea, seperti kimchi, tteokbokki, dan sundubu-jjigae.

Sayangnya, mengingat Korea Selatan merupakan negara dengan mayoritas penduduk nonmuslim, banyak wisatawan muslim, termasuk dari Indonesia, khawatir akan kesulitan menemukan makanan dan minuman halal selama berlibur di sana.

Kabar baiknya, Korea Selatan kini sudah berkembang menjadi negara destinasi wisata yang ramah muslim (muslim-friendly). Hal ini ditunjukkan dengan tersedianya restoran-restoran bersertifikasi halal di Korea Selatan.

Pada 2016, Korea Tourism Organization (KTO) menginisiasi acara tahunan bertajuk "Halal Restaurant Week". Tujuannya, untuk memperkenalkan restoran bersertifikasi halal di Korea Selatan kepada wisatawan mancanegara.

Halal Restaurant Week juga kembali digelar tahun ini. Acara tersebut akan berlangsung selama dua bulan, mulai 1 September sampai 31 Oktober 2021.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, mengingat situasi pandemi, Halal Restaurant Week 2021 digelar secara virtual. Setiap rangkaian acara dapat dinikmati lewat kanal YouTube Wow Korea dan akun TikTok Imagine Your Korea.

Melalui Halal Restaurant Week 2021, pengunjung akan diajak melakukan tur virtual ke berbagai destinasi wisata populer di Korea Selatan. Selain itu, pengunjung juga akan mendapat rekomendasi restoran halal yang dapat ditemukan di sekitar tempat wisata tersebut.

Sajian kuliner yang direkomendasikan pun beragam. Selain kuliner khas Korea Selatan, KTO juga akan memperkenalkan restoran halal yang menyajikan makanan khas dari negara lain seperti Indonesia, Turki, India, dan western.

Bagi wisatawan muslim yang berencana untuk berlibur ke Korea Selatan, ajang tersebut dapat menjawab berbagai kekhawatiran mengenai tempat, fasilitas, dan kuliner yang muslim-friendly.

Kategori restoran ramah muslim

Untuk menyesuaikan preferensi wisatawan mancanegara, Korea Selatan memiliki empat kategori restoran ramah muslim.

Pertama, halal-certified, yaitu restoran yang sudah memperoleh sertifikasi halal dari Korea Muslim Federation (KMF). Selain sertifikat halal, restoran pada kategori ini juga diharuskan memiliki minimal satu staf atau juru masak muslim.

Kedua, self-certified. Restoran dengan kategori ini berarti pemiliknya adalah seorang muslim. Restoran inipun hanya menyajikan makanan dan minuman halal yang disertifikasi oleh pemilik restoran itu sendiri.

Sama seperti halal-certified, restoran ramah muslim kategori self-certified juga wajib memiliki setidaknya satu staf atau juru masak muslim.

Ketiga, muslim-friendly. Restoran yang termasuk kategori ini menjual minuman beralkohol, tetapi tetap menyajikan makanan halal. Apabila restoran juga menyajikan makanan nonhalal, penyimpanan bahan makanan halal wajib dipisah. Begitu pun dengan peralatan yang digunakan untuk memasak dan menyajikan makanan pada pengunjung.

Meski menyajikan makanan nonhalal, restoran kategori muslim-friendly tetap tidak boleh menjual makanan yang mengandung daging babi (pork).

Terakhir, pork-free. Pada kategori ini, restoran tidak menawarkan menu halal, tetapi juga tidak menjual makanan yang mengandung daging babi dalam menunya. Restoran kategori ini juga tetap menjual makanan dan minuman yang mengandung alkohol.

Kupon diskon bagi wisatawan

Selain memberikan edukasi dan pengalaman berwisata kuliner halal di Korea secara virtual, Halal Restaurant Week 2021 juga menawarkan beragam kupon menarik selama periode acara.

Kupon diskon tersebut dapat digunakan di 347 restoran yang berpartisipasi di Halal Restaurant Week 2021. Promo ini pun bisa diakses siapa saja, baik wisatawan muslim maupun nonmuslim.

Salah satu restoran populer yang ikut berpartisipasi di rangkaian Halal Restaurant Week 2021 adalah Eid. Restoran ini berada di lokasi yang strategis, yaitu di Yongsan-gu, Seoul. Bagi wisatawan yang ingin menjajal makanan otentik Korea yang halal, Eid dapat menjadi pilihan.

Untuk diketahui, Eid menjual menu-menu khas Korea seperti beef bulgogiginseng chicken soup, dan bibimbap. Semua menu tersebut pun terjamin halal karena Eid sudah tergolong dalam restoran halal-certified.

Kemudian, apabila mengunjungi Nam-gu, Busan, wisatawan juga dapat menikmati kupon diskon di Bombay Grill yang menyajikan hidangan daging dan beberapa menu khas India yang halal, seperti samosa dan chicken curry.

Selain kupon diskon restoran, KTO juga menawarkan banyak kupon potongan harga untuk beragam atraksi wisata populer di Korea Selatan yang sudah dilengkapi fasilitas muslim-friendly.

Beberapa fasilitas muslim-friendly yang dimaksud meliputi tempat dan alat ibadah, serta ruang toilet terpisah untuk laki-laki dan perempuan.

Seluruh kupon restoran dan wisata yang tersedia di Halal Restaurant Week 2021 dapat diperoleh di laman resmi KTO. Kupon tersebut berlaku sampai 31 Oktober 2021.

Untuk informasi selengkapnya mengenai Halal Restaurant Week 2021, kamu dapat mengunjungi laman KTO melalui tautan ini.

Kamu juga dapat terus ikuti konten-konten menarik yang akan disiarkan selama Halal Restaurant Week 2021 berlangsung melalui kanal YouTube Wow Korea dan akun TikTok Imagine Your Korea.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.