Advertorial

Gandeng BNI, Traveloka Luncurkan PayLater Virtual Card Number

Kompas.com - 13/09/2021, 14:42 WIB

KOMPAS.com – Perusahaan penyedia layanan pemesanan tiket dan hotel, Traveloka, resmi memperkenalkan Traveloka PayLater Virtual Card Number. Dalam menghadirkan fitur tersebut, Traveloka bekerja sama dengan PT Bank Negara Indonesia (BNI).

Untuk diketahui, Traveloka PayLater Virtual Card Number merupakan metode pembayaran cicilan pertama di Asia Tenggara yang dapat digunakan di berbagai platform e-commerce.

Selain itu, pengguna juga dapat menikmati beragam manfaat lainnya, seperti program cicilan hingga 12 bulan dengan bunga yang rendah. Keamanan pengguna lebih terjaga karena fitur dapat diaktifkan dan dinonaktifkan saat akan melakukan pembayaran.

President Traveloka Caesar Indra mengatakan, kehadiran fitur inovatif tersebut melengkapi portofolio produk layanan keuangan Traveloka sekaligus mengukuhkan komitmen perusahaan untuk menghadirkan solusi end-to-end guna memenuhi kebutuhan gaya hidup konsumen.

“Sebagai lifestyle superapp, kami senantiasa mengamati perkembangan industri dan menelisik gap antara kebutuhan konsumen dengan produk yang tersedia saat ini,” ujar Caesar dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (13/9/2021).

Caesar menjelaskan, hal itu menjadi landasan peluncuran Traveloka PayLater Virtual Card Number.

“Traveloka PayLater Virtual Card Number memungkinkan pengguna Traveloka PayLater memaksimalkan penggunaan limit mereka untuk pembelian produk di luar platform Traveloka tanpa harus membuat kartu kredit tambahan,” tambahnya.

Caesar menambahkan, selain menghadirkan beragam penawaran menarik, pengguna juga dapat mengelola penggunaan Traveloka PayLater Virtual Card Number melalui aplikasi.

“Dengan adanya fitur pengelolaan melalui aplikasi, pengguna dapat dengan mudah memantau, mengendalikan, serta mengontrol penggunaan Traveloka PayLater mereka. Dengan begitu, pengguna dapat mengelola keuangan dengan cerdas dan bijak,” jelasnya.

Caesar berharap, fitur tersebut tak hanya menghadirkan pengalaman kemudahan transaksi yang aman dan nyaman, tetapi juga dapat berkontribusi untuk mendorong pertumbuhan inklusi keuangan nasional.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Bisnis Konsumer BNI Corina Leyla Karnalies, mengatakan, sebagai mitra, BNI turut mendukung inovasi terbaru dari Traveloka.

Untuk diketahui, Virtual Card Number (VCN) adalah salah satu fitur pembayaran terbaru yang dapat digunakan sebagai alternatif transaksi online yang sangat mudah untuk digunakan.

“Fitur tersebut memberikan kenyamanan dan keamanan dalam melakukan transaksi online dengan nomor kartu virtual unik sebagai pengganti nomor asli kartu kredit yang akan digunakan," tutur Corina.

Menurut Corina, terdapat sejumlah keunggulan VCN BNI yang dapat dimanfaatkan berbagai perusahaan atau corporate partner. Salah satunya adalah penggunaan VCN dapat disesuaikan baik dari sisi nominal transaksi, frekuensi transaksi, maupun kategori merchant yang akan dipilih untuk melakukan transaksi.

Fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk menggunakan VCN yang berbeda dalam setiap transaksi online. Dengan demikian, dapat meminimalisasi risiko penipuan dan penyalahgunaan.

Corina menjelaskan, VCN juga diterbitkan dan dikirimkan secara elektronik, tanpa biaya, serta secara real-time sehingga memberikan pengalaman dari sisi kecepatan layanan, mulai dari pengajuan VCN sampai dengan proses penggunaan yang dapat langsung digunakan untuk melakukan transaksi di merchant online.

"Tidak kalah penting, penggunaan VCN dapat memberikan keamanan bagi corporate partner melalui notifikasi yang didapat secara real-time yang telah terintegrasi dengan email mitra korporasi,” jelas Corina.

Tak hanya itu, lanjut Corina, corporate partner juga dapat mengakses laporan transaksi secara menyeluruh terkait penggunaan VCN sehingga dapat memudahkan untuk melakukan proses rekonsiliasi.

“Ke depan, VCN juga akan tersedia bagi pengguna layanan PayLater lainnya,” tambah Corina.

Layaknya kartu kredit, fitur Traveloka PayLater “Virtual Card Number” juga dilengkapi dengan 16 digit angka, tanggal kedaluwarsa kartu, serta kode card verification value (CVV) yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi secara online di sejumlah e-commerce.

Mulai dari Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, JD.ID, Blibli serta mitra e-commerce lainnya.

Saat ini, fitur Traveloka PayLater “Virtual Card Number” hadir secara terbatas bagi sejumlah pengguna terpilih dengan jumlah limit penggunaan yang menyesuaikan dengan limit Traveloka PayLater pengguna.

Pengguna Traveloka PayLater yang terpilih dan ingin memanfaatkan fitur tersebut dapat melakukan aktivasi melalui aplikasi Traveloka terbaru dengan mengikuti beberapa langkah.

Pertama, buka laman akun Traveloka PayLater. Kedua, klik “Request Virtual Card Number”. Ketiga, baca dan cermati informasi mengenai Traveloka PayLater “Virtual Card Number”.

Keempat, klik “Request” pada halaman terakhir. Kelima, masukan kode one-time password (OTP) yang dikirimkan melalui SMS.

Terakhir, klik ‘Activate’ dan Traveloka PayLater ‘Virtual Card Number’ sudah dapat digunakan

Setelah fitur Traveloka PayLater “Virtual Card Number” diaktifkan, pengguna diimbau untuk melakukan pengecekan 16 digit angka melalui opsi “Dapatkan Nomor” di laman akun Traveloka PayLater.

Hal itu sekaligus mengetahui tanggal kedaluwarsa kartu dan kode CVV. Untuk melakukan transaksi di platform e-commerce, pengguna dapat melakukan pembayaran menggunakan melalui kategori kartu kredit.

Sebagai informasi, saat ini fitur Traveloka PayLater “Virtual Card Number” dapat dinikmati pengguna Traveloka PayLater.

Adapun pengguna Traveloka yang belum memiliki akun Traveloka PayLater tetapi ingin merasakan kemudahan transaksi di berbagai platform e-commerce, dapat melakukan registrasi akun Traveloka PayLater terlebih dulu.

Dengan waktu registrasi yang kurang dari 10 menit, pengguna hanya perlu menyiapkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai dokumen pendukung. Setelah registrasi disetujui, pengguna dapat menikmati fasilitas pinjaman, mulai dari Rp 5.000.000 hingga Rp 50.000.000.

Pengguna Traveloka PayLater juga dapat melakukan pengecekan status, riwayat transaksi, mengatur pengingat pembayaran tagihan, dan lain-lain secara langsung melalui aplikasi Traveloka.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi https://www.traveloka.com/idid/travelokapay/paylater pada bagian “Mengajukan Virtual Card Number” dan “Menggunakan Virtual Card Number”.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com