Advertorial

Ajak Masyarakat Produktif, Kemenkominfo Gelar Rangkaian Webinar #MakinCakapDigital

Kompas.com - 16/09/2021, 20:46 WIB
Webinar bertajuk ?Sehat di Media Digital? yang diadakan oleh Kemenkominfo. DOK. KemenkominfoWebinar bertajuk ?Sehat di Media Digital? yang diadakan oleh Kemenkominfo.

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) mengadakan rangkaian webinar Akhir Pekan Literasi Digital dengan tema “Makin Cakap Digital” melalui platform Zoom, Jumat (10/9/2021).

Acara tersebut terselenggara berkat kerja sama Kemenkominfo dan Siberkreasi beserta sejumlah mitra.

Terdapat empat topik yang diangkat dalam webinar tersebut, yakni kesehatan mental, kecakapan digital bagi mahasiswa, pemberdayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), dan pemanfaatan platform media sosial.

Sesi pertama webinar tersebut membahas tema kesehatan mental dengan tajuk “Sehat di Media Digital”. Sesi ini menghadirkan beberapa narasumber, seperti Riliv, dr Sandersan Onie, serta Marshanda. Para narasumber membahas dampak penggunaan media sosial bagi kesehatan mental.

Adapun pesan yang ingin disampaikan pada sesi pertama adalah setiap orang bertanggung jawab untuk menyaring apa yang ia lihat di media sosial demi kesehatan mentalnya. Webinar ini berhasil menjaring lebih dari 2.000 peserta.

Sesi kedua webinar membahas tema “Mahasiswa Makin Cakap Digital” dengan mendatangkan Nicholas Saputra dan Cinta Laura sebagai narasumber.

Keduanya membahas tentang dunia mahasiswa dan kehidupan generasi muda di era serbadigital.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pada era teknologi informasi seperti sekarang, penting bagi mahasiswa untuk memiliki pengetahuan dan pemahaman literasi digital yang mumpuni. Pasalnya, mahasiswa merupakan agent of change bagi kemajuan bangsa Indonesia. Sesi tersebut diikuti oleh 2.645 peserta.

Selanjutnya, webinar sesi ketiga mengangkat topik seputar dunia UMKM dengan tema “PPKM: Pekan Pelaku UMKM Makin Cakap Digital”.

Tujuannya adalah untuk mempersiapkan pelaku UMKM dengan berbagai kecakapan digital.

Sebagai informasi, kecakapan digital memiliki berbagai manfaat, yakni mengembangkan usaha di pasar digital, membantu mengembalikan fungsi UMKM Indonesia, meningkatkan kesadaran pelaku UMKM akan pentingnya teknologi dan media sosial bagi kegiatan bisnis, serta mengajak pelaku UMKM untuk menjadi pelopor #MakinCakapDigital.

Sebagai penutup, Kemenkominfo menggelar webinar berjudul “Bincang Literasi Digital: Ciptakan Kebaikan di Platform Digital”. Webinar ini terselenggara berkat kerja sama Kemenkominfo dengan TikTok Indonesia.

Narasumber yang hadir pada webinar tersebut adalah publik figur dan content creator ternama yang sedang digandrungi milenial di media sosial. Para narasumber membahas meroketnya popularitas aplikasi TikTok dan maraknya minat masyarakat terhadap aplikasi ini.

Webinar sesi terakhir itu mencoba menggali lebih dalam tentang cara menciptakan dan membagikan kebaikan di berbagai platform digital, khususnya TikTok.

Sebab, kehidupan masyarakat saat ini tak dapat dipisahkan dari pengaruh platform digital, khususnya media sosial.

Dengan demikian, masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dalam bersikap, berekspresi, dan berkomentar melalui platform digital. Tujuannya, untuk menciptakan iklim media sosial yang kondusif, aman, serta nyaman bagi seluruh pengguna media sosial.

Lewat rilis yang diterima Kompas.com, Selasa (14/9/2021), Kemenkominfo berharap, rangkaian webinar #MakinCakapDigital dapat memberi manfaat bagi masyarakat agar lebih cakap digital. Dengan demikian, masyarakat terpacu untuk terus berkreasi memanfaatkan berbagai platform digital.

Selain webinar, Kemenkominfo dan Siberkreasi memiliki banyak kegiatan menarik tentang literasi digital guna membuat masyarakat menjadi #MakinCakapDigital.

Untuk informasi mengenai kegiatan Kemenkominfo lainnya, Anda dapat mengikuti akun media sosial @siberkreasi dan mengakses laman info.literasidigital.id atau event.siberkreasi.id.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.