Advertorial

Ini 4 Alasan Belanja Online Bisa Bikin Anggaran Lebih Hemat

Kompas.com - 22/09/2021, 13:22 WIB
Ilustrasi produk dari belanja online. DOK. ShutterstockIlustrasi produk dari belanja online.

KOMPAS.com – Berbelanja secara online sudah menjadi kebiasaan baru masyarakat modern. Selama masa pandemi Covid-19, kegiatan ini jadi pilihan terbaik untuk meminimalisasi terpapar virus corona.

Terlepas dari masa pandemi, berbelanja daring memang punya beragam kelebihan dibandingkan belanja secara langsung, baik di pasar, mal, maupun supermarket.

Konsumen dapat memilih bermacam produk sesuai kebutuhan dan metode pembayaran. Beragam promo juga dapat dinikmati oleh konsumen saat berbelanja secara online.

Meski demikian, muncul anggapan bahwa belanja secara online dinilailebih boros dibandingkan berbelanja secara offline.

Anggapan tersebut tidak sepenuhnya benar. Baik berbelanja secara online maupun offline sama-sama bisa membuat anggaran bocor. Hal ini tergantung cara masing-masing orang mengelola keuangan.

Jika dilakukan secara bijak, belanja secara online justru lebih hemat dibandingkan pergi langsung ke toko atau mal.

Agar lebih jelas, berikut alasan belanja secara online lebih hemat dibandingkan berbelanja di mal atau toko.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

  1. Harga lebih murah

Barang yang dijual di department store atau mal biasanya memiliki harga lebih tinggi dibandingkan barang yang dijual secara online. Pasalnya, harga barang di department store dihitung dengan komponen berbeda.

Pemilik toko atau department store harus memasukkan biaya sewa gerai, gudang, dan gaji karyawan. Beberapa komponen ini tidak ada pada harga barang yang dijual di e-commerce.

Pemilik toko online tak perlu menyewa geraidan menggaji karyawan penjaga toko. Dengan begitu, harga jual pun bisa ditekan tanpa mengurangi margin keuntungan pengusaha.

  1. Terhindar dari pengeluaran tak terduga

Saat berbelanja ke mal, kita terkadang mengeluarkan biaya tak terduga. Misalnya, pengeluaran untuk membeli makanan atau minuman saat berkeliling di mal. Hal ini dapat menambah beban pengeluaran bulanan.

Kasus tersebut tidak akan ditemukan saat berbelanja secara online karena kamu berbelanja dari rumah. Kamu pun jadi lebih hemat tanpa pengeluaran tak terduga tersebut. Uang yang dihemat bisa ditabung atau digunakan untuk membeli produk lain.

  1. Mudah membandingkan harga

Kelebihan lain dari belanja online adalah kemudahan dalam membandingkan harga produk. Kamu bisa membandingkan harga produk antar-penjual pada marketplace yang sama ataupun berbeda. Dengan membandingkan harga, kamu bisa mendapatkan barang dengan harga paling murah.

Kelebihan lainnya, penjual yang telah memiliki reputasi bagus biasanya memiliki promo menarik untuk memuaskan pelanggan. Promo ini bisa dimanfaatkan untuk lebih menghemat anggaran.

Sementara, untuk membandingkan harga secara langsung di toko, kamu harus pergi dari satu toko ke toko lainnya. Kemungkinan mendapatkan harga termurah pun kecil.

Hal tersebut juga akan menguras tenaga dan biaya. Setidaknya, kamu juga harus mengeluarkan biaya bensin hingga parkir. Biaya ini akan semakin mahal bila kamu semakin lama berbelanja.

  1. Banyak promo dari e-commerce

E-commerce berskala besar biasanya memiliki program dan promo spesial yang rutin dilakukan setiap bulan. Kegiatan ini dibuat untuk memuaskan pelanggan.

Tak jarang, banyak pembeli rela menunggu program khusus dari e-commerce untuk mendapatkan promo, seperti potongan harga, cashback, dan gratis ongkos kirim (ongkir).

Salah satu e-commerce yang memiliki program khusus setiap bulan adalah Tokopedia. Marketplace terbesar di Indonesia ini memiliki program Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang digelar setiap tanggal 25 hingga akhir bulan. Untuk bulan ini, WIB digelar mulai 25-30 September 2021.

Selama promo WIB berlangsung, kamu bisa mengikuti berbagai promo menarik, seperti cashback, diskon, serta gratis ongkir.

Promo tersebut dapat kamu manfaatkan untuk membeli berbagai produk, mulai dari produk kecantikan, fesyen, kebutuhan ibu dan anak, peralatan rumah tangga, gadget, makanan dan minuman, hingga otomotif.

Selain itu, kamu juga bisa menonton WIB TV Show yang menghadirkan artis papan atas Indonesia maupun luar negeri. Bulan lalu, WIB TV Show menghadirkan BTS dan NCT Dream untuk para pelanggan setia Tokopedia.

Selama program WIB TV Show berlangsung, kamu bisa mengikuti berbagai promo menarik. Promo tersebut adalah cashback 100 kali lipat hingga Rp 100 juta, promo Kejar Diskon Spesial Semua Harga Serba 12, Gebyar Koleksi Spesial Eksklusif dari 50 lebih merek ternama, dan gratis ongkir dengan GoSend.

Jadi, tunggu apa lagi? Langsung ikutan program spesial dari Tokopedia dan nikmati promonya.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.