Advertorial

Festival Chuseok, Wujud Rasa Syukur dan Kebahagiaan Musim Panen di Korea Selatan

Kompas.com - 22/09/2021, 20:05 WIB
Ilustrasi perayaan Chuseok, momen berbagi dengan anggota keluarga besar yang kurang beruntung. Dok. ShutterstockIlustrasi perayaan Chuseok, momen berbagi dengan anggota keluarga besar yang kurang beruntung.

KOMPAS.com – Chuseok merupakan salah satu perayaan hari raya terbesar di Korea Selatan. Perayaan ini kerap disebut sebagai thanksgiving-nya Korea Selatan.

Untuk diketahui, Chuseok sudah dirayakan sejak era Dinasti Silla, yakni pada 57 Sebelum Masehi (SM)–935 Masehi. Perayaan ini dilakukan untuk mensyukuri keberhasilan hasil panen yang melimpah.

Karena tujuan itu pula, perayaan tersebut juga biasa disebut sebagai hangawi. Dalam bahasa Korea, han berarti besar dan gawi berarti tengah sehingga hangawi diartikan sebagai hari besar di tengah musim gugur.

Adapun pemerintah Korea Selatan memberikan hari libur nasional selama 3 hari pada perayaan Chuseok. Hari libur ini kemudian dimanfaatkan oleh sebagian besar masyarakat Korea Selatan untuk pulang ke kampung halaman.

Selama perayaan Chuseok, masyarakat Korea Selatan juga berkumpul bersama keluarga dan berziarah ke makam para leluhur. Momen ini juga menjadi kesempatan untuk berbagi dengan anggota keluarga besar yang kurang beruntung.

Perayaan Chuseok juga diisi dengan berbagai hiburan dan permainan rakyat, seperti Samulnori atau kuartet perkusi tradisional, Talchum atau tari topeng, Ganggangsullae atau tarian melingkar, dan Ssireum atau gulat tradisional Korea.

Sajian berbagai hidangan lezat pada perayaan Chuseok di Indonesia

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tidak hanya di Korea Selatan, Chuseok juga mulai dirayakan di Indonesia. Hal ini disebabkan oleh peningkatan minat generasi muda untuk mempelajari budaya dari berbagai negara, salah satunya Korea Selatan.

Pekerja ranah hiburan, seperti aktor dan penyanyi asal Korea Selatan yang bermukim di Indonesia, juga ikut memopulerkan Chuseok dengan memberikan ucapan hari raya hingga membuat program acara khusus pada hari perayaan tersebut. Pihak pemerintah Korea Selatan melalui Korean Cultural Center Indonesia (KCCI) pun sering mengadakan acara perayaan Chuseok di Indonesia.

Mulai dari kemeriahan hingga berbagi menu spesial khas Chuseok dihadirkan pada perayaan tersebut.

Khusus makanan khas Chuseok, sajian lezat ini disajikan sebagai simbol rasa syukur atas berkah dan kualitas hidup yang telah didapatkan. Adapun salah satu hidangan yang kerap menemani perayaan Chuseok adalah songpyeon.

Sajian kue beras berbentuk bulan setengah tersebut terbuat dari adonan tepung beras yang kemudian diisi dengan kacang dan gula. Selanjutnya, songpyeon dikukus sampai matang.

Sajian berikutnya yang kerap dihadirkan adalah kimchi. Untuk diketahui, kimchi merupakan salah satu makanan terpopuler asal Korea Selatan. Makanan ini terbuat dari fermentasi sawi putih, lobak, dan pir korea yang telah diberi pasta cabai.

Selain itu, kimchi juga dipercaya memiliki kandungan nutrisi yang tinggi sehingga sehat untuk tubuh.

Ilustrasi bibimbap, makanan yang wajib disajikan saat perayaan Chuseok.Dok. Shutterstock Ilustrasi bibimbap, makanan yang wajib disajikan saat perayaan Chuseok.

Selanjutnya, bibimbap. Hidangan yang sudah familier di telinga masyarakat Indonesia ini merupakan salah satu makanan wajib yang selalu hadir saat perayaan Chuseok.

Bibimbap dibuat dengan cara mencampurkan nasi, daging cincang, telur, berbagai macam sayuran, dan gochujang atau pasta cabai khas Korea.

Agar bibimbap terasa lebih nikmat, Anda bisa menghidangkan nasi yang dimasak menggunakan rice cooker khas Korea, salah satunya Cuckoo Rice Cooker.

Sebagai informasi, Cuckoo merupakan brand peralatan dapur dan rumah tangga inovatif dari Korea Selatan. Merek ini menawarkan produk dengan teknologi terbaru sehingga dapat menghasilkan berbagai hidangan istimewa dengan kualitas dan citarasa terbaik.

Tidak hanya menawarkan pengalaman menanak nasi putih biasa, Cuckoo Rice Cooker juga bisa bekerja secara multitasking, seperti memasak nasi gamma-aminobutyric acid (GABA), memasak daging dan sayur bahan membuat roti maupun kudapan.

Adapun berbagai produk yang rice cooker besutan Cuckoo yang memiliki ragam fitur dan fungsi adalah adalah Cuckoo IH Twin Pressure Rice Cooker CRP-JHT1012F, Cuckoo IH Twin Pressure Rice Cooker CRP-CHSS1009F, Cuckoo Twin Pressure Rice Cooker CRP-R0612F, dan Cuckoo Pressure Rice Cooker CRP-PK1000S.

Melalui berbagai alat tersebut, pengguna dapat menikmati sensasi memasak berbagai hidangan yang lezat hanya dengan satu alat. Dengan demikian, pengguna dapat lebih efisien membuat berbagai makanan hanya dengan satu perintah saja.

Selain rice cooker serbaguna, Cuckoo juga memiliki berbagai varian untuk digital dan mechanical rice cooker. Varian ini adalah Cuckoo Digital Rice Cooker CR-1020F/WH, Cuckoo Mechanical Rice Cooker CR-1065/BR, dan Cuckoo Mechanical Rice Cooker CR-1055/BK.

Cuckoo juga sudah mengusung teknologi pemanasan 3 dimensi, teknologi insulasi dan teknologi karet gasket premium sehingga dapat menjaga rasa dan kualitas nasi tetap hangat dan baik seperti nasi baru.

Untuk menciptakan kualitas udara yang baik di rumah, Cuckoo juga memiliki produk air purifier, yakni Cuckoo Air Purifier AIR C-ECO+ dan AIR H+.

Air purifier besutan Cuckoo tersebut dilengkapi dengan teknologi bakteriostatik, indikator kebersihan udara, dan saringan Ultra PM 2.5 sehingga mampu menyaring partikel polusi udara yang sangat kecil.

Dalam rangka memperingati festival Chuseok, Cuckoo Indonesia memberikan berbagai promo spesial yang berakhir pada 30 September 2021. Lewat promo ini, pengguna dapat memilih produk dari Cuckoo Indonesia untuk menyiapkan masakan khas pada perayaan Chuseok.

Selama masa promo, kamu dapat memperoleh cashback langsung hingga Rp 3.691.000,- untuk pembelian unit CUCKOO IH Twin Pressure Rice Cooker CRP-JHT1012F. Promo Chuseok kali ini juga menghadirkan berbagai produk CUCKOO dari kategori pressure rice cooker, digital rice cooker, mechanical rice cooker, air purifier dan shower head.

Untuk mendapatkan berbagai peralatan dapur dan rumah tangga inovatif dari Cuckoo tersebut, Anda bisa berbelanja di Cuckoo Official Online Store yang tersebar di berbagai marketplace, atau kunjungi toko-toko elektronik offline terdekat.

Dengan Cuckoo, sajikan berbagai hidangan lezat dan kehidupan lebih sehat.

- -

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.