Advertorial

Kata Siapa Pria Enggak Butuh Skincare?

Kompas.com - 23/09/2021, 10:50 WIB
Ilustrasi Dok. ShutterstockIlustrasi

KOMPAS.com - Para lelaki ternyata juga membutuhkan perawatan kulit wajah. Sama seperti wanita, hal ini menjadi penting agar mereka tetap bersih, sehat, dan terhindar dari permasalahan kulit.

Terlebih, kalau aktivitasnya lebih banyak di luar ruangan. Itu berarti, perawatan kulitnya juga harus ekstra.

Khusus soal kulit, perbedaan yang paling mencolok antara laki-laki dan perempuan terletak pada kadar produksi minyak pada wajah.

Sebagai informasi, tubuh laki-laki memproduksi hormon testosteron yang memicu kelenjar minyak untuk memproduksi minyak di wajah secara berlebih. Inilah kenapa, kulit pria cenderung lebih berminyak dibandingkan perempuan.

Kelebihan minyak tersebut bisa menyebabkan permasalahan kulit, terutama jerawat. Pasalnya, kotoran yang berpotensi menyumbat pori-pori wajah lebih mudah menempel pada kulit berminyak.

Dengan fakta itu, seharusnya tak ada lagi alasan bagi pria untuk tidak merawat kulit. Pertimbangkan juga rutinitas penggunaan skincare. Tak perlu bingung, berikut Kompas.com rangkum tahapan dasar penggunaan skincare yang cocok untuk pria.

Kenali masalah kulit

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sebelum menggunakan skincare, sebaiknya ketahui lebih dulu jenis kulit dan permasalahan yang sedang dialami.

Misalnya, kulit kering dengan tekstur kasar, kulit berminyak dengan komedo membandel, kulit sensitif yang rentan berjerawat, atau kulit kombinasi dengan pori-pori besar.

Setelah itu, pilihlah produk skincare yang dikhususkan untuk mengatasi permasalahan kulit tersebut. Pastikan skincare tersebut mengandung bahan aktif yang sesuai dengan masalah kulit.

Namun, sebelum memilih skincare yang tepat, pastikan produk yang hendak digunakan aman dan memiliki izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Bersihkan wajah

Langkah pertama yang wajib dilakukan sebelum menggunakan skincare adalah membersihkan wajah. Tak hanya setelah beraktivitas di luar rumah, ritual cuci muka ini wajib hukumnya untuk dilakukan meskipun hanya berkegiatan di dalam rumah.

Untuk perawatan ekstra, tahapan pembersihan boleh dilakukan dua kali atau istilahnya double cleansing. Pembersihan dua kali menjadi wajib jika pagi atau siangnya, Anda menggunakan tabir surya pada wajah.

Pertama, gunakan produk pembersih, seperti cleansing oil atau micellar water, baik yang berbahan dasar minyak maupun air. Kedua, bersihkan wajah kembali dengan menggunakan sabun muka sebagai penutup. Langkah ini penting dilakukan untuk memastikan debu atau kotoran tidak lagi menempel pada kulit.

Gunakan pelembap

Tahapan berikutnya adalah mengaplikasikan moisturizer atau pelembap pada wajah di pagi hari sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur.

Gunakan pelembap yang sesuai dengan kondisi kulit. Untuk kulit kering, gunakan moisturizer dengan tekstur krim atau losion. Sementara, untuk kulit berminyak disarankan menggunakan pelembap yang berbahan dasar air dengan tekstur gel yang lebih ringan di kulit.

Tekstur pelembap yang sudah disesuaikan dengan kondisi kulit dapat membantu mengunci kelembapan kulit. Alhasil, kelembapan kulit wajah tetap terkontrol.

Gunakan sunscreen

Skincare pria yang juga tak boleh terlewat adalah sunscreen. Guna produk ini adalah melindungi kulit dari paparan ultraviolet (UV) sinar matahari. Hal ini penting untuk meminimalisasi efek buruk UV bagi kulit, seperti penuaan dini, kulit menjadi gelap, kulit terasa terbakar, kanker kulit, dan kehilangan elastisitas kulit.

Sebab itu, produk tabir surya harus digunakan setiap hari. Bahkan, tak hanya bagi yang beraktivitas di luar rumah, tetapi juga di dalam rumah.

Bagi Anda yang baru memulai kebiasaan merawat wajah, bisa memilih tabir surya dengan bentuk stick atau spray. Tabir surya dalam bentuk ini lebih praktis digunakan, yaitu dengan cara disemprot atau dioleskan di area yang diperlukan.

Perlu diketahui, penggunaan skincare tersebut tak serta merta bisa mengatasi permasalahan kulit dalam waktu sekejap. Biasanya, perlu waktu setidaknya satu bulan dengan pemakaian rutin untuk bisa merasakan hasilnya.

Selain itu, perhatikan pula angka sun protection factor (SPF) yang tertera di kemasan. Semakin tinggi angka SPF, semakin panjang durasi proteksinya. Tabir surya SPF 50, misalnya, bisa diaplikasikan ulang setelah 4 sampai 5 jam.

Nah, itulah tahapan-tahapan dasar penggunaan skincare pria yang wajib diterapkan pria setiap hari.

Untuk melengkapi kebutuhan skincare yang sesuai kebutuhan dan kondisi kulit, kamu bisa mencarinya di Tokopedia. Di sana tersedia berbagai jenis skincare, mulai dari skincare pria untuk kulit berminyak, kering, normal, kombinasi, hingga sensitif.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai brand skincare pria yang tengah diminati kaum adam, seperti Alpha Rules, MS Glow for Men, Kahf, dan Loreal.

Nah, tunggu apa lagi? Segera lengkapi produk perawatan kulitmu dengan belanja di Tokopedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.