Advertorial

Bidik 160 Juta Konsumen Indonesia, TOPTHAI Resmikan Official Store di Blibli.com

Kompas.com - 23/09/2021, 16:45 WIB
- Dok. TOPTHAI-

KOMPAS.com – Indonesia memiliki peluang besar untuk menjadi negara raksasa pasar ekonomi digital dan menjadi pemimpin ekonomi digital di Asia Tenggara.

Hal itu lantaran Indonesia memiliki nilai transaksi ekonomi digital senilai 18,3 miliar dollar Amerika Serikat (AS) pada 2020.

Karenanya, Departemen Promosi Perdagangan Internasional (DITP) Thailand melalui Thai Trade Center, Jakarta, menjalin kemitraan dengan e-commerce Indonesia, Blibli.com, untuk bisa memasuki pasar Indonesia.

Wakil Menteri Perdagangan Thailand Sansern Samalapa mengatakan, kerja sama tersebut bertujuan mendorong pengusaha Thailand di seluruh lini untuk masuk ke perdagangan daring.

Hal itu disampaikan Sansern melalui delegasi Deputi Perdana Menteri dan Menteri Perdagangan Thailand Jurin Laksanawisit dalam pembukaan TOPTHAI Store, Rabu (22/9/2021).

Untuk diketahui, official store TOPTHAI dapat diakses melalui Blibli.com. Peresmian ini merupakan komitmen Kementerian Perdagangan Pemerintah Kerajaan Thailand. Tujuannya, untuk meningkatkan kerja sama antara Indonesia dan Thailand melalui dukungan ekonomi, seperti produk Thailand ke Indonesia dan sebaliknya.

-Dok. TOPTHAI -

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Kemitraan antara DITP melalui Kantor Urusan Perdagangan Thailand di Jakarta dan Blibli.com akan membuka lebih banyak peluang bagi penjual Indonesia dan Thailand untuk menjangkau pembeli potensial di kedua negara," ujar Sansern dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (23/9/2021).

Pada kesempatan yang sama, Direktur Thai Trade Center Bhornbhat Punngok mengatakan, langkah DITP meluncurkan toko resmi TOPTHAI di e-commerce Blibli.com adalah keputusan tepat.

“Dalam melakukan ekspansi bisnis, hal pertama yang harus dipahami adalah bagaimana iklim pasar yang hendak disasar,” kata Bhornbhat.

Bhornbhat menilai, kerja sama tersebut memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, terutama bagi TOPTHAI. Pasalnya, masyarakat Indonesia dikenal gemar terhadap produk impor.

Terlebih, produk-produk Thailand kini semakin dikenal di Indonesia, khususnya produk food and beverage.

“Dengan 160 juta konsumen potensial yang bisa dicapai melalui Blibli.com akan memberikan nilai keuntungan tersendiri bagi kemitraan yang dijalin,” terang Bhornbhat.

Ia menambahkan, melalui official store TOPTHAI di Blibli.com, konsumen bisa menemukan beragam makanan ringan, minuman, buah-buahan khas Thailand, bahan-bahan masakan, serta produk make-up, gaya hidup, dan kecantikan.

-Dok. TOPTHAI -

Selain itu, lanjut Bhornbhat, kerja sama tersebut juga memudahkan konsumen untuk mengakses toko resmi TOPTHAI di Indonesia.

“Cukup mengakses aplikasi Blibli.com, lalu klik official Store. Kemudian, pilih dan klik TOPTHAI. Dengan begitu, konsumen bisa dengan mudah menemukan penjual produk dari Thailand maupun Indonesia,” kata Bhornbhat.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.