Advertorial

PT Kemenangan Sediakan Produk untuk Cegah Kabel Internet Bawah Laut Putus

Kompas.com - 24/09/2021, 08:00 WIB

KOMPAS.com – Kasus putusnya jaringan kabel internet bawah laut Jawa, Sumatera, dan Kalimantan (Jasuka) di ruas Batam-Pontianak milik PT Telkom pada Minggu (19/9/2021) menjadi pembicaraan hangat dalam beberapa hari belakangan.

Pasalnya, peristiwa tersebut membuat kualitas jaringan produk Telkom, seperti IndiHome dan Telkomsel menjadi terganggu.

Peristiwa serupa sebenarnya sudah pernah terjadi sebelumnya. Tepatnya pada Jumat (30/4/2021), kabel bawah laut milik Telkom di Jayapura terputus.

Tak hanya milik Telkom, kabel internet bawah laut milik Indosat yang menghubungkan Jawa-Kalimantan-Batam-Singapura atau disebut SKLL Jakabare mengalami peristiwa serupa pada Senin (5/4/2021).

Selanjutnya, ada kabel fiber optik bawah laut Jakarta-Bangka-Bintan-Singapura (B2JS) milik PT Ketrosden Triasmitra yang terputus di ruas Ancol-Bangka pada Jumat (19/2/2021).

Di era digital seperti saat ini, kabel data internet berperan penting untuk kelangsungan bisnis. Sejak pandemi Covid-19 menyerang Indonesia awal Maret 2020, jaringan internet semakin krusial karena kegiatan belajar dan bekerja dilakukan di rumah demi mengurangi risiko paparan virus corona.

Jaringan internet juga sudah menjadi “jantung” pada kegiatan pemerintah. Apalagi, Indonesia juga didapuk sebagai tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 mulai 1 Desember 2021 hingga 30 November 2022. Sejumlah pertemuan akan berlangsung secara hibrida. Ini berarti, kabel internet bawah laut harus tetap terkoneksi agar gelaran KTT G20 berjalan lancar.

Melihat pentingnya jaringan internet, PT Kemenangan menawarkan solusi. Pihaknya memiliki beberapa produk yang dapat menjaga keamanan investasi kabel fiber optik bawah laut agar tidak terputus.

Untuk diketahui, perusahaan swasta nasional yang telah berdiri sejak 1954 itu juga memiliki bermacam sertifikasi dalam produk buatannya, seperti The International Organization for Standardization (ISO) 9001, ISO 14001, ISO 45001, SNI, serta tingkat komponen dalam negeri (TKDN).

Adapun produk pertama yang dapat dipilih perusahaan penyedia jasa internet adalah Marker Buoy atau pelampung penanda. Produk ini berfungsi sebagai penanda bahwa kapal tidak boleh melintas daerah tertentu karena ada lintasan kabel.

Salah satu produk dari PT Kemenangan. 

DOK. PT Kemenangan Salah satu produk dari PT Kemenangan.

Kedua, berbagai tipe PE Float. Produk ini merupakan pelampung yang terbuat dari bahan polyethylene yang sangat kuat. PE Float dengan merek “Keman” itu dapat dipasang di permukaan laut, tengah kedalaman laut, serta di dasar laut.

Ketiga, Seabed Scour Control Systems. Produk yang menyerupai rumput laut ini berfungsi untuk mencegah erosi di dasar laut. Seperti diketahui, ombak dan arus bawah laut yang sangat kencang menyebabkan pasir di sekeliling kabel bawah laut atau struktur platform minyak bumi menjadi tergerus atau erosi.

Dalam hal ini, Seabed Scour Control Systems berguna untuk mencegah erosi di bawah laut yang dapat mengakibatkan kabel putus atau struktur bangunan bawah laut tergerus karena arus laut.

Sebagai informasi, sistem perlindungan erosi dasar laut tersebut telah dipasang di 17 anjungan minyak lepas pantai pertamina. Selain oil platform, sistem pencegah erosi itu juga cocok untuk melindungi kabel dan pipa bawah air, kabel komunikasi bawah laut, kabel laut dalam, dan kabel bawah laut.

PT Kemenangan berharap, berbagai produk yang disediakan dapat mencegah musibah kabel bawah air yang bermasalah.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai produk, Anda bisa mengunjungi laman resmi PT Kemenangan di www.kemenangan.co.id. Anda bisa menghubungi melalui emailinfo@kemenangan.co.id, serta nomor WhatsApp dan telepon di 021-4207083.

https://www.kemenangan.co.id/?source=kompas
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com