Advertorial

Berapa Penghasilan Travel Blogger? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Kompas.com - 24/09/2021, 18:11 WIB

KOMPAS.com - Banyak orang penasaran dengan penghasilan seorang travelblogger. Bagaimana tidak, profesi tersebut terlihat menyenangkan karena bisa mengunjungi tempat-tempat indah di berbagai kota, bahkan keliling negara.

Travel blogger memang dibayar untuk itu. Bahkan, ada pula travel blogger yang bekerja sama dengan agen tour travel. Selain bisa jalan-jalan gratis, mereka juga mendapatkan gaji. Enak, bukan?

Selain tour travel, travel blogger juga bisa bekerja sama dengan penyedia homestay,

transportasi, tempat wisata, dan masih banyak lagi sektor pariwisata. Lalu, berapa sih penghasilan travel blogger?

Penghasilan travel blogger tergantung pengaruh dan eksposur yang dapat dihasilkan dari postingannya. Misalnya saja pasangan Jack Morris dan Lauren Bullen. Pasangan travel blogger ini memiliki jutaan follower di Instagram. Mereka sering mengelilingi dunia sambil memposting foto cantik dan unik di sepanjang perjalanan di Instagram.

Pasangan tersebut telah mengelilingi 20 negara. Negara favorit mereka adalah India. Menurut mereka, India memiliki budaya unik.

Dengan jumlah follower yang besar dan jam terbang tinggi, Jack dan Lauren bisa mendapatkan penghasilan mencapai Rp 42 juta sampai Rp 127 juta untuk publikasi yang mereka lakukan.

Sumber penghasilan

Setelah tahu berapa penghasilan travel blogger, Anda juga harus tahu sumber penghasilan yang didapatkan. Berikut ulasannya.

  1. Promosi wisata

Banyak travel blogger mendapatkan undangan untuk jalan-jalan, tetapi hal ini hanya bisa terjadi pada travel blogger terpilih saja. Sebab, perusahaan atau lembaga yang memberikan sponsor akan melihat benefit yang bisa didapatkan apa saja.

Seorang travel blogger akan memiliki kekuatan tersendiri untuk mempromosikan dan juga memengaruhi pembaca. Travel blogger bisa diakui jika tulisan mereka memberikan insight baru yang belum banyak diketahui oleh kebanyakan orang.

Nah, salah satu travel blogger yang dapat memberi insight baru adalah situs Wisatawan.id. Situs ini menjadi salah satu travel blogger yang mendapatkan penghasilan sekaligus gratis jalan-jalan saat mempromosikan wisata.

  1. Optimasi blog

Sumber pertama penghasilan travel blogger bisa dibilang dari optimasi blog. Sesuai dengan pekerjaannya, travel blogger selalu berkutat dengan blog.

Blog menjadi tempat berbagi cerita. Tidak hanya menjadi tempat konten menarik saja, tetapi travel blogger bisa memasang iklan AdSense di blognya. Dengan optimasi yang maksimal, travel blogger akan bisa menghasilkan pendapatan maksimal dari blognya sendiri.

  1. Menjadi penulis atau kontributor web lain

Sumber penghasilan yang bisa didapatkan travel blogger selanjutnya adalah menjadi penulis atau menjadi kontributor untuk situs web lain. Dengan begitu, mereka akan mendapatkan tambahan modal untuk biaya perjalanan mereka dan memenuhi kebutuhan bulanan.

  1. Konten berbayar

Travel blogger bisa mendapatkan penghasilan dari konten berbayar yang terbilang sangat fantastis, yaitu tiga sampai empat kali dari upah minimum regional (UMR) Jakarta. Memang tidak semua travel blogger mendapatkan hal serupa karena pemberi iklan sangat selektif. Mereka biasanya melihat traffic blog dan melihat engagement pembaca.

  1. Afiliasi

Bila brand travel blogger sudah sangat kuat, mereka dapat menjadi duta wisata. Melalui ini juga, seorang travel blogger bisa mendapatkan liburan gratis, dengan catatan dia harus mempromosikannya ketika travelling. Tidak sedikit pula travel blogger ditunjuk oleh perusahaan pariwisata sebagai brand ambassador untuk mempromosikan produknya.

Sekarang Anda sudah tahu berapa penghasilan travel blogger. Besar kecilnya penghasilan sangat tergantung dengan brand dari travel blogger itu sendiri. Semoga informasi ini bermanfaat.

Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.