Advertorial

2 Smartphone Ini Punya Spesifikasi yang Cocok untuk Sekolah Online dan Bermain Game

Kompas.com - 27/09/2021, 19:42 WIB
Ilustrasi penggunaan smartphone untuk proses belajar. Dok. ShutterstockIlustrasi penggunaan smartphone untuk proses belajar.

KOMPAS.com – Meski pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas sudah mulai diizinkan untuk digelar, semua siswa ternyata belum bisa bersekolah setiap hari. Sebab, jumlah murid yang boleh mengikuti pembelajaran di kelas secara langsung dibatasi.

Selain itu, durasinya juga tidak boleh lebih dari 2 jam. Selama satu minggu, setiap murid hanya boleh mengikuti dua kali pertemuan. Karenanya, pembelajaran jarak jauh (PJJ) pun masih terus dijalankan supaya proses belajar mengajar tetap dapat berjalan sesuai kurikulum.

Kebanyakan siswa menggunakan smartphone untuk melakukan PJJ atau sekolah online. Hal ini dikarenakan smartphone lebih mudah diakses dan digunakan dibandingkan gawai lain, seperti laptop.

Supaya tetap lancar bersekolah di rumah, sebaiknya pilih smartphone dengan spesifikasi mumpuni, seperti baterai yang tahan lama serta RAM dan memori yang besar.

Tak hanya itu, kualitas kamera yang baik juga dibutuhkan para siswa. Selain digunakan untuk melakukan video conference, kamera smartphone juga digunakan untuk mengambil foto atau video tugas.

Dari sekian banyak smartphone yang ada saat ini, smartphone besutan Vivo, yakni Vivo Y12 dan Vivo Y20, bisa jadi pilihan.

Pasalnya, kedua smartphone tersebut memiliki spesifikasi dan performa yang dapat diandalkan untuk mendukung sekolah online. Selain itu, para siswa juga bisa menggunakan smartphone ini untuk mendapatkan hiburan dengan bermain game.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, apa saja keunggulan dua smartphone tersebut? Berikut ulasannya.

Vivo Y12

Vivo Y12 memiliki RAM 3 gigabyte (GB) yang membuat aktivitas belajar lebih lancar. Smartphone ini dilengkapi dengan prosesor octa-core dengan desain 12 nm dan kecepatan hingga 2.0GHz.

Vivo Y12 memiliki memori besar yang memudahkan pengguna menyimpan lebih banyak aplikasi dan menjalankannya dengan lebih lancar, yaitu 32 GB dan 64 GB.

Untuk memudahkan pengguna, Vivo juga menyematkan Funtouch OS 9 yang sudah disesuaikan dengan sistem operasi Android 9.0. Dengan begitu, pengguna bisa menjalankan berbagai fitur dan aplikasi pada smartphone dengan lebih mudah.

Tak perlu khawatir kehabisan baterai saat membuat video tugas karena Vivo Y12 memiliki baterai berkapasitas 5.000 mAh dan menjadi yang terbesar di kelasnya. Selain itu, smartphone ini juga dibekali dengan fitur penghemat daya.

Seperti kebanyakan smartphone keluaran Vivo, Vivo Y12 memiliki AI Triple Camera yang dapat menghasilkan foto terbaik. Tiga kamera belakang tersebut masing-masing terdiri dari 13 megapiksel (MP) main camera, 8 MP super wide-angle, dan 2 MP depth camera yang membuat siswa dapat memotret tugas dengan mudah.

Vivo Y12 juga memiliki mode Ultra Game yang dirancang khusus untuk pencinta game. Ada juga Competition Mode yang memungkinkan pengguna merasakan pengalaman bermain e-sport layaknya profesional. Smartphone ini juga menyediakan fitur Dual-Turbo untuk mendapatkan performa yang lebih cepat.

Vivo Y20

Vivo Y20 mengusung desain layar Ultra All Screen berukuran 6,51 inci dengan aspek rasio 20:9. Tampilan layar yang lebih besar berpadu dengan teknologi In-Cell terbaru membuat Vivo Y20 mampu menampilkan detail warna yang mengesankan.

Bagi siswa yang diharuskan berada di depan layar selama berjam-jam, Vivo Y20 memiliki mode Eye Protection. Mode ini mampu menyaring cahaya biru berbahaya sehingga penglihatan lebih terlindungi.

Untuk urusan dapur pacu, Vivo Y20 memiliki RAM 3 GB dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 460 dan ROM 64 GB. Dengan spesifikasi tersebut, pengguna dapat menjalankan aplikasi sebanyak yang diinginkan tanpa khawatir ponsel menjadi lambat.

Untuk daya tahan baterai, Vivo Y20 memiliki baterai 5.000 mAh dan dilengkapi dengan teknologi hemat daya.

Kamera yang dimiliki Vivo Y20 juga tak kaleng-kaleng. AI Triple Macro Camera yang tersemat pada kamera belakang akan menangkap berbagai foto dengan hasil yang lebih indah. Dengan kamera belakang utama 13MP dan aperture besar f/2.2, membuat setiap foto yang dihasilkan lebih detail.

Vivo Y20 juga menjadi incaran siswa yang hobi bermain game. Sebab, selain Ultra Game Mode dengan mode e-Sports, Vivo Y20 juga dilengkapi 4D Game Vibration 2.0. Fitur ini akan membuat pengguna merasakan pertempuran yang realistis dan menakjubkan.

Dengan spesifikasi tersebut, kedua smartphone itu dibanderol dengan harga terjangkau, yaitu Rp 1.799.000 untuk Vivo Y12 dan Rp 2.199.000 untuk Vivo Y20.

Kedua smartphone tersebut juga dapat dibeli melalui official store Vivo di Tokopedia. Anda pun dapat memberikan smartphone canggih untuk menyemangati anak sekolah online dari rumah.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.