Advertorial

Dorong Kebangkitan Perekonomian, CIMB Niaga Dukung Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia

Kompas.com - 28/09/2021, 13:46 WIB

KOMPAS.com – PT Bank CIMB Niaga Tbk atau CIMB Niaga menyambut baik pembentukan Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Tim Gernas BBI) yang dipimpin oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Terbentuknya Tim Gernas BBI diharapkan dapat mendorong penguatan pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya melalui sektor usaha kecil dan menengah (UKM).

Sebagai bank swasta nasional terbesar kedua di Indonesia, CIMB Niaga sejak awal berperan aktif dalam menggaungkan semangat bangga menggunakan produk lokal buatan anak bangsa.

Salah satunya, dengan menyelenggarakan Forum Indonesia Bangkit Volume 2 yang mengusung tema “Bangga Buatan Indonesia: Bangkitkan Ekonomi Nasional melalui Industri Kreatif Lokal”, Kamis (15/7/2021).

Acara tersebut dihadiri oleh para pembicara dari pemerintahan, pelaku UKM, dan industri kreatif.

Sesuai dengan tujuan rangkaian webinar Forum Indonesia Bangkit, yakni sebagai platform diskusi virtual yang mempertemukan para pengambil kebijakan, pakar dari berbagai bidang, dan nasabah, CIMB Niaga pun bangga dapat berkontribusi dalam Gernas BBI.

Oleh karena itu, CIMB Niaga mendukung langkah pemerintah memperkuat gerakan tersebut dengan membentuk Tim Gernas BBI.

Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan mengatakan, Gernas BBI merupakan terobosan pemerintah yang perlu didukung semua pihak. Sebab, Indonesia sejatinya memiliki banyak potensi serta talenta terbaik yang menghasilkan beragam produk dan karya berkualitas dengan daya saing tinggi.

Semua kalangan, termasuk perbankan, kata Tigor, perlu mendukung pengusaha UKM dan pelaku industri kreatif di Indonesia. Dengan demikian, mereka dapat terus berkembang serta menembus pasar internasional.

CIMB Niaga pun berkomitmen untuk terus membangun kolaborasi dengan berbagai pihak, baik pemerintah, komunitas, maupun swasta dalam memperkuat gerakan bangga menggunakan produk lokal buatan anak bangsa.

“Sesuai dengan keahlian utama kami dalam bidang perbankan UKM, kami juga siap menjadi mitra bagi pebisnis UKM dan pelaku industri kreatif lokal dalam mengembangkan usahanya,” kata Tigor dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Selasa (28/9/2021).

Seperti diketahui, Gernas BBI bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan sehingga menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Gerakan itu juga mengajak pelaku UKM untuk masuk ke dalam ekosistem digital sehingga dapat meningkatkan transaksi pembelian produk lokal.

Dalam mendukung Gernas BBI, CIMB Niaga juga telah menyiapkan pemanfaatan fasilitas perbankan digital yang lengkap, salah satunya melalui penggunaan transaksi scan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari Super App OCTO Mobile.

CIMB Niaga terus meningkatkan pemanfaatan QRIS di merchant pelaku UKM sehingga memberikan kemudahan dalam bertransaksi berbagai produk lokal secara nontunai dan tanpa kontak fisik.

Forum Indonesia Bangkit Volume 3

Untuk diketahui, Forum Indonesia Bangkit akan kembali diselenggarakan bertepatan dengan momentum bulan ulang tahun ke-66 CIMB Niaga. Hal ini merupakan salah satu wujud dukungan berkelanjutan CIMB Niaga kepada pemerintah dalam upaya pemulihan ekonomi.

Acara yang akan berlangsung Rabu (29/9/2021) tersebut mengusung tema “Optimisme Pemulihan Ekonomi 2022”.

CIMB Niaga meyakini bahwa harapan untuk bangkit selalu ada, kendati pandemi Covid-19 masih terjadi. Oleh karena itu, CIMB Niaga mengapresiasi langkah pemerintah yang tidak pernah surut dalam membangun optimisme dan mendorong pemulihan ekonomi nasional.

Forum Indonesia Bangkit Volume 3 akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) dan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju, seperti Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia.

Selain itu, para pelaku usaha juga akan menjadi narasumber yang meliputi Presiden Direktur CIMB Niaga Tigor M Siahaan, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Indonesia dan Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid, Chairman Garudafood and DAW Group Sudhamek AWS, dan CEO GoTo Andre Soelistyo.

Melalui Forum Indonesia Bangkit, CIMB Niaga membantu nasabah dan masyarakat untuk berdiskusi serta memperoleh informasi terbaru, perkembangan terkini, dan insight yang relevan dengan sektor usaha masing-masing.

Dengan demikian, acara tersebut dapat menjadi pedoman, inspirasi, dan wadah dalam meningkatkan optimisme untuk menentukan arah bisnis ke depan menuju kebangkitan perekonomian Indonesia.

Masyarakat yang tertarik dengan acara tersebut pun bisa menyaksikannya secara gratis di kanal YouTube CIMB Niaga.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com