Advertorial

Menyelisik 5 Keistimewaan MPV Premium nan Futuristik Hyundai STARIA

Kompas.com - 28/09/2021, 18:20 WIB

KOMPAS.com – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) kembali membuat kejutan dengan memperkenalkan mobil multi-purpose vehicle (MVP) premium Hyundai STARIA ke pasar Indonesia, Jumat (20/8/2021).

MVP premium dengan desain elegan, modern, sekaligus futuristik tersebut melengkapi lini mobil Hyundai berdesain unik yang telah diperkenalkan HMID, seperti Kona Electric, Ioniq Electric, dan Palisade.

Mengusung tagline #LargerThanLife, Hyundai menawarkan pengalaman optimal dan mewah bagi pengguna dengan ruang yang lapang, tetapi tidak membosankan.

“Kami bangga mempersembahkan Hyundai STARIA. Konsep premium dan nyaman yang diwujudkan dalam STARIA merupakan kelanjutan dari transformasi Hyundai untuk menyesuaikan (kebutuhan) pelanggan untuk terus berkembang,” ucap Chief Operating Officer HMID Makmur saat peluncuran Hyundai STARIA.

Lantas, apa saja keistimewaan Hyundai STARIA? Berikut ulasannya.

  1. Desain eksterior yang modern dan futuristik

Dilihat sepintas saja, desain eksterior Hyundai STARIA sudah menunjukkan kesan modern, mewah, elegan, dan juga futuristik. Karakter bodi mobil yang memang seharusnya ada pada MPV premium.

STARIA mengusung bentuk boxy atau kotak, bentuk dasar mobil MPV. Bentuk ini dipilih untuk memaksimalkan ruang interior STARIA sehingga terasa luas dan nyaman.

Meski berbentuk boxy, Hyundai tidak membuat STARIA terkesan kaku dan monoton. Tengok saja bagian depan mobil. Keberadaan lampu light emitting diodes (LED) daytime running light (DRL) Welcoming Light putih bergaris tipis yang memanjang selebar bodi mobil membuat STARIA seakan bukan mobil masa kini, melainkan dari masa depan.

Lampu tersebut memberi kesan futuristik, sekaligus elegan. Bahkan, desain seperti ini tidak ditemukan di MVP premium lain. Selain memberi aksen futuristik, lampu DRL berfungsi sebagai pemisah antara kap mesin dengan grill.

Masih pada bagian depan, grill STARIA juga tak kalah istimewa. Hyundai menyematkan grill berbentuk persegi panjang dengan ukuran selebar bodi dan sudut melengkung pada ujung-ujungnya.

Motif grill pada mobil tersebut juga menawan dengan warna coklat tembaga. Warna ini jarang digunakan di mobil tipe mana pun.

Aksen coklat tembaga juga terdapat di bagian bawah bumper, tudung kaca spion, tuas pintu samping, dan logo Hyundai, baik di bagian depan maupun belakang. Aksen warna ini ditambah warna hitam pada bodi STARIA sudah mengesankan citra premium.

Citra premium juga terlihat pada lampu utama STARIA. Lampu ini berada di sudut kiri dan kanan grill depan. Setiap sisi lampu terdiri dari dua kolom vertikal berjumlah enam kubus LED ditambah dua kubus lagi sebagai lampu belok.

Dilihat dari sisi samping, Hyundai STARIA memiliki garis dan tonjolan minimalis. Sebagai gantinya, pemilik mobil disuguhi berbagai hal mewah nan futuristik, seperti jendela kaca yang berukuran lebar mulai dari kaca baris depan hingga buritan.

Kemudian, pada roda, Hyundai menyematkan velg alloy 18 inci yang memiliki dua opsi warna, yakni dark gray dan tinted brass. Pemilihan warna velg disesuaikan dengan warna eksterior mobil. Velg ini punya motif mengagumkan dan menambah kesan modern pada mobil.

Pada bagian belakang, Hyundai STARIA memiliki lampu belakang yang memanjang vertikal dari tepi atap sampai sekitar 2/3 tinggi mobil di sudut kiri dan kanan.

Untuk diketahui, lampu belakangnya memiliki satu sisi formasi yang terdiri dari 360 kubus kecil. Hyundai menyebut formasi lampu belakang ini dengan istilah parametric pixel lights.

  1. Interior berkelas

Sebagai mobil MPV premium, Hyundai STARIA ditunjang dengan interior berkelas yang menunjang kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Dasbor mobil teranyar Hyundai tersebut dibuat dengan pendekatan passenger oriented. Hal ini dituangkan dalam lekukan sederhana di kursi penumpang sehingga ruang kaki jadi tambah luas.

Interior Hyundai STARIA yang mewah dan elegan. DOK. HMID Interior Hyundai STARIA yang mewah dan elegan.

Selain itu, seluruh panel juga sudah berbentuk digital sehingga lebih modern. Pada sisi kemudi, terdapat panel TFT LCD Instrument Cluster berukuran 10,25 inci, streaming audio Bluetooth, layar sentuh fasia tengah, layar sentuh 8 inci dengan radio AM/FM, dan tombol transmisi Shift-by-Wire yang sudah tak lagi menggunakan tuas transmisi.

Memasuki bagian tengah, ruang mobil Hyundai STARIA memiliki tampilan futuristik bak berada di sebuah pesawat luar angkasa. Hal ini dibuktikan dengan jendela lebar di sisi kanan dan kiri kendaraan dan posisi garis sabuk pengaman yang lebih rendah. Dengan demikian, visibilitas penumpang menjadi lebih luas.

Pada STARIA Signature 7 (tujuh tempat duduk), kursi baris kedua memiliki fitur Premium Relaxation Seats. Fitur ini membuat penumpang dapat merebahkan kursi secara elektronik dan kursi dapat digeser agar mudah dijangkau. Hal ini amat berguna untuk memaksimalkan ruang penyimpanan barang.

Jok mobil ini dilengkapi dengan sandaran kaki yang dapat disetel dengan satu sentuhan. Ruang kaki dan kepalanya begitu luas sehingga penumpang bisa menaruh beberapa barang pribadi dengan dekat.

Bila ingin mendapatkan posisi lebih santai tidur, penumpang bisa memundurkan kursi sehingga mendapat ruang kaki yang lebih luas. Dengan demikian, perjalanan menjadi menyenangkan sekaligus nyaman untuk tidur sekali pun.

Sementara, pada STARIA Signature 9 (sembilan tempat duduk), kursi baris kedua memiliki fitur Swiveling Independent Seat. Fitur ini memungkinkan kursi baris kedua dapat diputar 180 derajat untuk dapat berhadapan dengan penumpang di baris ketiga.

Dengan demikian, penumpang dapat memaksimalkan Hyundai STARIA untuk kendaraan perusahaan atau dijadikan sebagai tempat pertemuan bisnis di dalam mobil.

Hyundai STARIA juga dilengkapi Dual sunroof yang lebar di atap. Sunroof ini mempunyai berbagai fungsi, salah satunya melihat panorama yang lebih luas dan lapang dari atap mobil.

Pintu Hyundai STARIA juga dilengkapi dengan fitur canggih, seperti Smart Power Sliding Door dan Smart Power Tailgate.

Fitur Smart Power Sliding Door membuat mobil dapat mendeteksi keberadaan Anda. Dengan demikian, Anda dapat membuka membuka sliding door secara otomatis tanpa sentuhan dan tombol selama memegang smart key.

Selanjutnya, terdapat fitur Smart Power Tailgate yang membuat pintu belakang mobil dapat terbuka secara otomatis saat Anda mendekat. Sementara, saat Anda menjauh, pintu belakang akan menutup secara otomatis tanpa perlu menekan tombol apa pun.

  1. Fitur keselamatan dan keamanan

Rasanya kurang lengkap melihat spesifikasi mobil MPV premium tanpa mengetahui fitur keamanannya. Hyundai STARIA memiliki berbagai fitur keamanan dan keselamatan yang lengkap, yakni Safe Exit Assist (SEA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), serta Forward Collision-avoidance Assist (FCA).

Selain itu, terdapat fitur Surround View Monitor (SVM), Lane Keeping Assist (LKA), Lane Following Assist (LFA), dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Semua fitur tersebut membuat pengemudi dan penumpang bisa mendeteksi bahaya saat mobil sedang berjalan ataupun diam. Misalnya, fitur Forward Collision-avoidance Assist (FCA) akan aktif ketika ada kendaraan atau pejalan kaki di depan sehingga mobil akan mengerem secara otomatis.

Contoh lainnya, fitur Blind-spot View Monitor (BVM) mampu menipiskan titik blind spot ketika berkendara. Fitur ini akan memudahkan pengemudi untuk melihat situasi jalan secara lebih luas saat hendak pindah jalur.

Fitur BVM yang canggih pada Hyundai STARIA. DOK. HMID Fitur BVM yang canggih pada Hyundai STARIA.

Sementara, fitur Lane Keeping Assist (LKA) akan mendeteksi marka jalan pada kecepatan tertentu. Jika kendaraan mulai keluar jalur, sistem akan memberikan peringatan audio dan visual. Bahkan, bila diperlukan, sistem bisa mengintervensi roda kemudi supaya tetap berada di jalur.

  1. Kapasitas mesin

HMID hanya merilis satu pilihan mesin untuk Hyundai STARIA, yakni mesin diesel 2.2 CRDi empat silinder berkapasitas 2,2 liter (2.199 cc). Mesin ini memiliki transmisi otomatis 8-percepatan. Mesin mobil ini pun diklaim ramah lingkungan dan efisien.

Adapun power train dari mesin tersebut mampu menghasilkan daya maksimum 177 Pferdestarke (PS) pada 3.800 revolutions per minute (rpm) dengan torsi puncak 430 Nm di 1.500-2.500 rpm.

Berdasarkan pengujian internal, Hyundai STARIA dapat melaju dari kondisi diam hingga 100 kilometer per jam (kpj) dalam waktu 12,4 detik. Akselerasi Hyundai STARIA tergolong cukup tinggi mengingat bobotnya terbilang besar. Sementara, kecepatan maksimumnya mencapai 185 kpj.

Suara khas mesin diesel terdengar jelas saat mobil menyala dalam posisi idle. Namun, saat jendela dan pintu tertutup rapat, suara mesin nyaris tak terdengar.

Hyundai STARIA memiliki kapasitas tangki bahan bakar hingga 75 liter. Kapasitas tangki yang relatif besar disiapkan untuk pengemudi saat hendak melakukan perjalanan jauh.

Soal konsumsi bahan bakar, Hyundai STARIA memiliki rasio 15,1 km per liter saat diuji coba Harian Kompas di jalan tol dengan kecepatan stabil 90 kpj. Bahan bakar yang dipakai saat itu adalah solar jenis CN 53.

  1. Memiliki dua varian

Hyundai STARIA memiliki dua jenis pilihan konfigurasi dua tempat duduk, yakni STARIA Signature 7 dan Signature 9.

Walau memiliki jumlah tempat duduk yang lebih sedikit, Hyundai STARIA Signature 7 dibanderol lebih mahal dibandingkan Signature 9. Hyundai STARIA Signature 7 dibanderol Rp 1.020.000.000, sedangkan Signature 9 dijual seharga Rp 888.000.000.

Perbedaan mencolok kedua varian tersebut terletak pada kapasitas tempat duduk dan fitur yang menunjang kenyamanan.

Hyundai STARIA Signature 7 memiliki konfigurasi tempat duduk 2-2-3, sedangkan STARIA Signature 9 memiliki konfigurasi 2-2-2-3.

Seperti sudah disebut di atas, STARIA Signature 7 memiliki fitur Premium Relaxation Seat yang menunjang kenyamanan pengendara dan penumpang.

Selain itu, kursi STARIA Signature 7 juga dilengkapi dengan fitur Heated Seat guna menghangatkan kursi dan Ventilated Seat guna mendinginkan kursi.

Terdapat pula mode tidur serta leg rest yang bisa dinaikkan dan diturunkan secara elektrik. Semua fitur tersebut hanya dimiliki Hyundai STARIA Signature 7.

Sementara, Hyundai STARIA Signature 9 memiliki kelebihan yang tak dimiliki Signature 7. Kelebihan tersebut, yakni fitur Swiveling Independent Seat. Fitur ini memungkinkan kursi baris kedua bisa diputar hingga 180 derajat menghadap ke belakang. Fitur ini memungkinkan penumpang untuk berdiskusi secara nyaman di dalam mobil.

Untuk dimensi mobil, Hyundai STARIA memiliki panjang 5.253 milimeter (mm), lebar 1.997 mm, dan wheelbase 3.273 mm. Dimensi mobil ini sedikit lebih besar dibandingkan mobil MPV premium lain.

Dengan demikian, Hyundai STARIA pun memberikan ruang lebih lapang untuk kenyamanan penumpang dan membawa barang lebih banyak. Hal ini juga sesuai dengan tagline Hyundai STARIA, yakni #LargerThanLife untuk memberikan ruang luas tanpa batas demi kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Itulah lima keistimewaan dari mobil MPV premium Hyundai STARIA. Kehadiran Hyundai STARIA bisa jadi pilihan untuk Anda yang sedang membutuhkan mobil MPV premium untuk mobilitas sehari-hari ataupun bersama keluarga.

Sebagai informasi, Hyundai akan memberikan berbagai pelayanan kepada setiap pembeli Hyundai STARIA.

Pelayanan tersebut adalah layanan purnajual berupa garansi 3 tahun atau 100.000 km (tergantung mana yang tercapai lebih dahulu), gratis jasa perawatan untuk 5 tahun atau 75.000 km, gratis suku cadang untuk 3 tahun atau 45.000 km, road assistance 24 jam, serta layanan Hyundai Kemana Saja.

Jadi, tunggu apa lagi? Anda bisa langsung menghubungi contact center Hyundai untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Anda juga bisa mengunjungi laman resmi Hyundai Motors Indonesia pada tautan berikut atau mengikuti akun media sosial resmi Hyundai Motor Indonesia melalui Instagram @hyundaimotorindonesia, Facebook Hyundai Motors Indonesia, dan Twitter @hyundaimotorid.

Jika tertarik untuk melakukan test drive Hyundai STARIA, Anda bisa mengklik di sini.

Sudah siap merasakan sensasi berkendara dengan Hyundai STARIA?

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.