Advertorial

2 Rekomendasi Wisata di Bandung yang Bikin Makin Ingin Liburan

Kompas.com - 29/09/2021, 09:07 WIB

KOMPAS.com – Bandung merupakan salah satu kota tujuan liburan bagi masyarakat Ibu Kota. Kota Kembang ini menawarkan kenyamanan yang tidak bisa didapatkan di Jakarta.

Bandung memiliki berbagai destinasi wisata unik dengan udara yang sejuk, mulai dari wisata alam, budaya, belanja, hingga kuliner.

Kota itu juga menawarkan destinasi-destinasi wisata baru yang membuat banyak orang makin tertarik untuk mengunjunginya.

Meski demikian, masyarakat Jakarta terkadang bingung menentukan obyek wisata yang dituju saat berada di Bandung. Ini lantaran mereka biasanya berada di Kota Kembang hanya sebentar, yakni 2-3 hari.

Agar tidak bingung menentukan destinasi wisata di Bandung, berikut dua pilihan jenis wisata yang bisa Anda kunjungi.

Wisata sejarah

Bandung pernah menjadi tuan rumah konferensi kelas dunia, yaitu Konferensi Asia-Afrika (KAA) pada 1955. Untuk melihat kembali momen bersejarah itu, Anda bisa mengunjungi Museum KAA di Jl Asia Afrika No 65, Kota Bandung.

Di lokasi tersebut, Anda akan menemukan berbagai koleksi bersejarah, seperti foto dan mesin tik yang digunakan saat KAA berlangsung. Selain itu, terdapat juga ruang dokumenter dan perpustakaan di Museum KAA.

Jangan lupa untuk berfoto di Gedung Merdeka. Gedung ini juga merupakan bagian dari Museum KAA.

Setelah puas berkeliling dan foto di Museum KAA, Anda dapat melanjutkan berwisata di Jalan Braga yang lokasinya dekat dengan museum. Di jalan ini, Anda akan menemukan berbagai kafe cantik dengan interior tempo dulu.

Jalanan yang sudah ada sejak zaman Hindia-Belanda itu menjadi lokasi ikonik untuk mengambil foto estetik dan berburu kuliner khas. Salah satunya adalah Maison Bogarijen. Restoran yang berdiri sejak 1981, menawarkan nuansa klasik dan menu khas Belanda, seperti Ontbijkoek dan Booterstaf.

Selanjutnya, Anda dapat mengunjungi gedung ikonik Bandung, yaitu Gedung Sate. Meski tak bisa masuk karena merupakan kantor administrasi, Anda dapat berfoto dengan latar belakang Gedung Sate dari depan gedung.

Untuk tempat menginap, di dekat Gedung Sate terdapat sejumlah hotel yang menawarkan berbagai fasilitas. Salah satunya, Hotel Aryaduta Bandung. Anda bisa memilih hotel ini untuk tempat beristirahat selama di Bandung.

Tak jauh dari hotel Aryaduta, terdapat Nasi Kalong yang buka hingga diri hari. Anda pun dapat menikmati nasi berwarna hitam yang memiliki cita rasa gurih di tempat ini. Jangan lupa untuk menambahkan lauk-pauk dan sayur sebagai pelengkapnya.

Wisata modern dan kekinian

Selain dapat berwisata sejarah, Bandung juga memiliki sejumlah destinasi wisata modern. Bagi Anda yang gemar berfoto, bertolaklah ke daerah Punclut.

Di dataran tinggi tersebut, terdapat sebuah tenant cafe, yaitu Boda Barn. Pengunjung dapat menikmati berbagai sajian hidangan, dari masakan Indonesia, Asia, hingga western.

Tak ketinggalan, lokasi tersebut juga menyediakan spot foto instagramable yang cukup banyak. Salah satu andalannya adalah sangkar raksasa di tengah taman dengan pemandangan Kota Bandung.

Destinasi selanjutnya adalah The Great Asia Afrika. Di sini, Anda dapat mengunjungi berbagai landmark dari berbagai negara. Wisatawan pun seolah berada di luar negeri.

Menariknya, Anda dapat berkeliling kawasan tersebut menggunakan pakaian khas setiap negara, seperti hanbok dari Korea Selatan atau berpakaian bak Jasmine dan Aladdin dari Timur Tengah.

Kemudian, bagi Anda yang menyukai wahana permainan, Trans Studio Bandung bisa jadi destinasi berikutnya. Di taman bermain indoor ini, Anda dapat menaiki berbagai wahana untuk menguji adrenalin. Destinasi ini pun cocok untuk Anda yang berlibur bersama anak-anak.

Di kawasan Trans Studio juga tersedia Trans Luxury Hotel Bandung. Anda dapat menginap di hotel bintang lima ini dan menikmati fasilitas mewah yang dimilikinya.

Itulah destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi saat liburan singkat di Bandung. Anda dapat memilih berbagai hotel di Bandung untuk menginap melalui Tokopedia. Jadi, tak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat istirahat, semua bisa dipesan melalui Tokopedia.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.