Advertorial

Progres Pembangunan Batam Berjalan Baik, Presiden Jokowi Beri Apresiasi

Kompas.com - 29/09/2021, 10:34 WIB

KOMPAS.com – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) bertemu dengan Wali Kota Batam Muhammad Rudi di sela kegiatan kunjungan kerja di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (28/9/2021).

Pada kesempatan tersebut, Rudi yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam melaporkan progres dan program pembangunan untuk meningkatkan konektivitas, investasi, dan daya saing Batam.

Rudi mengatakan, rencana pembangunan Kota Batam sudah dimulai sejak 2021 dan diproyeksikan selesai pada 2-3 tahun ke depan.

Adapun prioritas pembangunan tersebut meliputi sejumlah pengerjaan fisik berskala besar.

“Seperti pembangunan Terminal 2 Bandara Hang Nadim Batam, pengembangan Pelabuhan Batuampar, pelebaran jalan arteri untuk kawasan ekonomi dari Pelabuhan Batuampar ke Bandara Hang Nadim Batam, dan penerapan daerah Nongsa sebagai kawasan ekonomi khusus (KEK) Pariwisata,” papar Rudi dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Rabu (29/9/2021).

Selain itu, lanjut Rudi, Pemerintah Kota (Pemkot) Batam juga akan melakukan kegiatan pengembangan investasi terhadap pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) terapung atau clean energy.

Pada kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengapresiasi kerja keras BP Batam dan Pemkot Batam.

Menurutnya, Pemkot Batam telah bekerja dengan baik, terutama dalam pengembangan infrastruktur, percepatan perizinan, serta manajemen koordinasi antarinstansi yang ramah investasi.

"Batam mengalami banyak perubahan. Ke depan, kita patut optimistis bahwa Batam akan semakin maju," kata Jokowi.

Pemerintah pusat, tambah Jokowi, akan memberikan perhatian khusus terhadap proyek pembangunan di Batam agar dapat terlaksana dengan maksimal.

“Ini bertujuan agar pembangunan yang sudah baik tetap terus dijalankan sehingga progres pembangunan Batam dapat terus meningkat,” jelas Jokowi.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.